Iqbal A.j Blog

Hanya Blog UMY situs lain

KOMUNIKASI PENDIDIKAN

Dosen: Muh. Samsudin, S.Ag., M.Pd.

MENCIPTAKAN HUBUNGAN POSITIF GURU-MURID

 

 

 

Disusun Oleh:

Ardita                                 : 20100720012

Bagus Hayatul Jihad         : 20100720061

Iqbal  Abdul Jabar                        :  20100720076

Eni Erma Wati                  : 20110720055

Dedy Syaputra                  : 20100720000

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2012

 

MENCIPTAKAN HUBUNGAN POSITIF GURU-MURID

Dari setiap pernyataan yang ada, dapat diambil satu pernyataan yang sekiranya dapat mewakili dari setiap pernyataan. Yaitu:

Pengendalian yang paling ampuh terhadap pelanggaran adalah ikatan hubungan antar manusia yang sehat. (Larry Brendtro Nicholas Long “1995”).

Dapat diketahui, bahwa guru yang efektif adalah memahami pengaruh diri mereka pada siswa dan menggunakan pengaruh tersebut secara positif.

  1. A.    PENELITIAN TENTANG HUBUNGAN GURU-SISWA

Banyak penelitian menunjukan bahwa prestasi akademik dan perilaku siswa banyak dipengaruhi oleh kualitas guru dan siswa. Dalam penelitian yang diadakan di Centre For Research On the Contex of Secondary School Teaching di Universitas Stanford, peneliti meneliti persepsi siswa-siswa SMA sehubungan dengan faktor-faktor sekolah yang mempengaruhi hasil sekolah mereka. Peneliti menyebutkan tema yang berulang  muncul dalam komentar siswa adalah penghargaan mereka yang tinggi kepada guru yang peduli dan perhatian, dan pada kenyataanya bnayak siswa yng ingin mempunyai guru yang peduli.

Adanya empat hambatan yag mempengaruhi perasaan siswa diantaranya:

  1. Adjustment ( Penyesuaian)
  2. Difficalty (Kesulitan)
  3. Incongruence (Ketidakcocokan)
  4. Isolasi
  5. B.     METODE UNTUK MENGOMUNIKASIKAN KEPEDULIAN DAN DUKUNGAN

Guru dapat mengekspresikan perhatian dan kepedulian terhadap siswa dengan cara  sebagai berikut:

  1. 1.      Mencari Informasi Tentang Siswa.

Guru dapat meningkatkan kemampuan untuk mengajak siswa mereka dengan memahami mereka dan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi kehidupan siswa. Serta guru dapat bertanya pada anak tentang minat mereka, bagai mana mereka menghabiskan waktu,  aktivitas belajar apa yang paling menarik  dan yang paling sulit.

  1. 2.      Mempertahankan Pernyataan Positif yang Lebih Banyak Ketimbang Pertannyaan Negatif.

Anak anak akan peka terhadap pujian dan kritik yang di berkan orang dewasa. Syangnya banyak guru melihat perilaku menganggu lebih kentara, dan karenanya lebih sering di tanggapi daripada perilaku yang tepat. Meskipun kita sering percaya bahwa kritik akan memeperbaiki paerilaku siswa, peneliti mengukakan bahwa yang sebaliknyalah justru yang benar.

  1. 3.      Mengomunikasikan harapan yang Tinggi.

Cara guru mengomunikasikan harapan tentang seberapa baik performa siswa di kelas, merupakan faktor yang penting dalam hubungan guru-siswa.

Sebagai guru, kita perlu berhati-hati dalam mengomunikasikan harapan yang positif kepada semua siswa. Secara periodik kita perlu:

  1. Mengumpulkan data tentang bagaimana kita berinteraksi dengan siswa didalam kelas.
  2. Menganalisis data untuk melihat apakah kita menggunakan lebih banyak pernyataan yang memuji atau kritik.
  3. Menentukan apakah kita merespons secara berbeda kepada beberapa siswa.
  4. Memastikan bahwa kita secara sistematik dan sengaja mengomunikasikan harapan yang tinggi kepada semua siswa.
  5. 4.      Memberikan Umpan Balik Yang Spesifik dan Deskriptif.

Penelitian menunjukkan bahwa guru kurang efektif dalam memberi umpan balik kepada siswa. Peneliti menemukan bahwa guru menunjukkan rata-rata umpan balik positif yang rendah atau sedikit kritik dan rata-rata menjawab secara umum ( misalnya, “ya”, “oke”). Salah satu keahlian komuniksai yang paling penting yang dapat dimanfaatkan guru adalah umpan balik yang spesifik, jelas, dan deskriptif, yang membantu siswa bertanggung jawab atas keberhasilannya. Jika siswa mengaitkan keberhasilan/kegagalan dengan usaha, mereka dapat memandang prestasi mereka dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada dalam kontrol mereka, oleh karenanya, dapat mengharapkan keberhasilan dalam situasi yang sama jika mereka berusaha lebih keras. Ketika kegagalan dikaitkan dengan kemampuan, keberuntungan atau kesulitan tugas, siswa akan merasa kurang mempunyai kontrol atas hasil dan meyakini bahwa usaha yang dilakukan dimasa mendatang tidak akan banyak berpengaruh. Pujian yang membantu siswa fokus pada faktor-faktor dalam kontrol mereka, yang mempengarhi prestasi, akan membuat siswa mengembangkan lokus kontrol internal. Dengan memberi kepercayaan kepada keberhasilan mereka, guru dapat membantu siswa menghargai kemampuan mereka sendiri untuk mengontrol lingkungan sekolah dalam cara yang positif.

  1. 5.      Mendengarkan Siswa.

Keterampilan mendengar sangat penting, ketika digunakan secara efektif, keterampilan mendegarnya dapat menjalin hubungan yang memungkinkan siswa untuk merasa penting, diterima, dihargai, dan bertanggung  jawab atas perilaku mereka sendiri. Tujuan utama menggunakan keahlian mendengar adalah untuk membantu siswa mengekspresikan apa yang betul-betul mereka perhatikan, butuhkan ataupun inginkan.

  1. 6.      Menggunakan Komunikasi yang Sensitif Secara Budaya

Tidak mungkin memahami semua aspek unik dari komunikasi yang di gunakn dalam kelompok budaya tiap siswa yang anda ajarkan.

  1. 7.      Berbagi Tanggung Jawab Dengan Siswa.

Banyak meetode yang disediakan dalam buku ini adalah berdasarkan pada konsep bahawa harga diri siswa, rasa mampu, motivasi, prestasi, dan perilaku di sekolah dapat di tingkatkan dengan secara aktif melibatkan siswa untuk bertanggung jawab menciptakan iklim sekolah dan kelas yang positif dan aktif membuat keputusan berkenaan dengan aktivitas instruksional.

  1. 8.      Mengevaluasi Kualitas Hubungan Guru-Siswa.

Hubungan guru- siswa yang positif dan mendukung merupakan hal yang penting untuk semua siswa. Meskipun demikian, hubungan ini menjadi hal penting untug mempengaruhi prilaku dan prestasi siswa yang menaglami kesulitan akademis dan masalah prilaku.

Aktivitas Implementasi

            Aktivitas 3.1 monitor teguran sopan

  1. Hitunglah teguran sopan yang anda buat untuk siswa selama preode hari pertaman.anda bisa membawa alat penghitung / buku catatan kecil.
  2. Jika anda menggunakan kurang dari 25 pernyataan ( penelitian menunnjukkan bahwa guru SD rata2 melakuakan 1000 interaksi dengan siswa tiap hari dan guru sekolah menengah sekitar 500), cobalah untuk menggandakan jumlahnya di hari berikutnya.
  3. Tulis secara ringkas (atau diskusikan dengan rekan kerja) bagaimana meningkatkan jumlah teguran sopan. Apakah siswa anda berespon berbeda pada hari kedua?

Aktivitas 3.2 Mengirim pesan emosi

Untuk menguji pengetahuan anda tentang pesan emosi, ubahlah ke lima pernyataan ini ke dalam pesan yg menunnjukkan adanya perhatian pada perasaan orang lain dan menggugah orang untuk berespon lebih positif

  1. Terlambat lagi! Kenapa kamu ini?
  2. Saya tidak mau mendengar kata lain dari mulut siapapaun.
  3. Tak bawa buku lagi? kapan mau pintar kalau tidak belajar?
  4. Apa yang anda dalam pikiran kamu ketika berdiri di depan tempat minum begitu lama padahal kamu tahu yanglain juga iningin minum?
  5. Kalau kamu uat masalah lagi di taman bermain, kamu tidak dapat waktu istirahat selama 1 bulan.

jika anda kesulitan dengan tugas ini, konsultasikan dengan rekan kerja atau lihat kembali buku acuan dari tomas Gordon (1974) teacher effectviness training.

Aktifitas 3.3 memperbaikin rasio positif – negatif anda

  1. Minta siswa / rkan menghitung pernyataan positif dan negates yang anda buat selam minimal selama dua jam waktu intruksional. Coba memasukkan beberapa jenis pelajaran dan tidak membuat kode lebih dari 30 menit pada satu waktu. Khususnya ketika menggunakan untuk siswa menghitung pernyataan, adalah bermanfaan utnuk endefisinikan pernyataan positif dan negative dan memberikan kepada orang yang bertugas membuata kode suah daftar tanda positif dan negatif yang biasa digunakan. Tanda nertral, semacam pernyataan yang berhubungna dengan instruksi, atau komen seperti “baik”, “betul” , atau “ya” tidak perlu di beri tanda.
  2. Jika rasio antara pernyataan positif dan negative  kurang dari 3 untuk satu orang, ulangi aktifitas ini dan coba untuk fokus pada upaya merespon secara positif untuk prilaku siswa yang prosuktif. Sebuah priode dimana rasio anda sangant tinggi, mintalah sisewa mengevaluasi pelajaran.

Aktivitas 3.4

  1. Tandai 4 prestasi siswa terendah dan tertinggi di kelas tempatkan nama-nama siswa itu dalam formulir yang di sediakan dalam gambar 3.6 minta rkan anda menghitung interaksi dengan siswa-siswa ini paling sedikit dua setengah jam ketika kelas dalam intruksi kelompok.

Aktivitas ini dapat di selesaikan dengan memberi pengamat bagan dal label untuk tinggak interaksi siswa – guru pada data yang ingin anda dapatkan. Pengeamat dapat di minta untuk mengamati beberapa siswa dan mengitung berapa kali mereka bertanya, memberi bantuan dalam menjawab pertanyaan, mengkeritik, memuji, atau suka rala menjawab. Gambar 3.7 menunjukkan data yang mungkin anda kumpulkan dengan menggunakan prosedur ini.

Sesedah memeriksa hasilnya , tanggapi pernataan ini:

–          Dua hal yang saya pelajari tentang interaksi saya dengan siswa-siswa ini adalah…

–          Dua hal yang akan saya coba untuk melakukan secara bebeda saat berikut saya akan mengajarkan kelompok besar adalah…

  1. Kesimpulan

Dari semua pernyataan dan penelitian yang ada maka dapat penulis simpulkan bahwa guru akan mendapatkan relasi dan respon positif apabiladapat menciptakan hubungan positif yang hangat dan rasa kekeluargaan kepada siswa, dengan penuh kesungguhan penuh kasih saying penuh kepedulian.

Karena pada dasarnya keputusan siswa adalah berdasarkan pada persepsi mereka tentang guru, apabila guru memberikan respon dan tindakan positif maka siswa pun akan memberikan timbal balik yang positif pula begitupun sebaliknya apabila guru memberikan respond an tindakan yang kurang baik maka siswa akan memberikan respon yang kurang baik.

 

 

 

 

 

 

Categories: Kampus

PROFIL AKU

Iqbal Abdul Jabbar


Popular Posts

Daftar 10 Senjata Sn

Assalamualaikum Sahabat Blogaholic, pada kesempata kali ini saya akan menuliskan ...

Resep Bumbu Tongseng

Untuk 4 porsi Tongseng Kambing. Rasa pedas dan manis merupakan ciri ...

Yang Menyebabkan Sul

“Maaf, saya salah..”, “Maaf, itu tadi karena saya salah paham..”. ...

Untukmu Wahai Ukhti

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ ...

Cara Perawatan Bater

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakaatuh.  Baterai Laptop/Netbook adalah topik yang umum di bicarakan, ...