Blog Anak Pertanian

Bukan Blog Sembarangan

durenunduhan (2)

    Durian montong merupakan durian yang berasal dari Thailand. Durian montong ini berumur panjang (perenial). Berkayu, silindris, tegak, kulit pecah-pecah, permukaan kasar, bercabang banyak, arah mendatar. Daun tunggal dan mempunyai ciri bertangkai pendek, tersusun berseling, permukaan atas berwarna hijau tua dan bawah cokelat kekuningan, permukaan atas mengkilat, permukaan bawah buram, bunga muncul di batang atau cabang yang sudah besar, bertangkai, berwarna putih hingga cokelat keemasan, berbunga sekitar bulan januari. Buah bulat atau lonjong, panjang 15 – 30 cm, kulit dipenuhi duri-duri tajam, warna coklat keemasan atau kuning, bentuk biji lonjong, 2 – 6 cm, berbuah setelah berumur 5 – 12 tahun, jatuh sendiri kalau sudah masak. Berakar tunggang.

     Buahnya bulat dengan kulit kuning kecokelatan. Durinya berbentuk kerucut, tajam, dan tersusun agak rapat. Kulit buahnya tipis, antara 3-5 mm, dan agak sukar dibelah. Daging buahnya cukup tebal, kering, berlemak, dan berwarna kuning. Rasanya tidak terlalu manis dan tekstur buahnya tidak terlalu lembut. Aromanya sedang. Jumlah biji per buah antara 5-18 dengan biji sempurna 5-12. Bijinya kecil, lonjong. Ukuran buahnya termasuk besar, berat rata-rata 2-4 kg per buah. Durian ini bersifat genjah. Produktivitasnya sekitar 20-50 buah/pohon/tahun.

     Kelebihan durian ini adalah saat buah tidak terlalu matang, durian tetap berasa manis. Sedang yang berwarna orange menyala, saat tidak terlalu matang buah berasa lebih tawar tetapi saat sudah matang buahnya terasa lebih pahit legit.

     Pohon Durian Bawor ini mulai umur 3 tahun sudah belajar berbuah, bahkan ada yang sudah mampu berproduksi sampai 30 buah per pohon pada usia 3 tahun. Banyaknya kaki bertujuan untuk menyerap zat hara dari dalam tanah dengan kekuatan lebih dari 1 batang pohon.

   Musim durian biasanya terjadi sekali dalam setahun. Berbeda dengan durian pada umumnya, pohon Durian montong mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Sehingga, pohon dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Sementara, harga buahnya lebih mahal dari durian biasa, yaitu Rp 50.000 untuk setiap kilogramnya.

Sumber:

http://berkahtanimanunggal.wordpress.com/durian-montong-1/

http://bibitdurianbaworjogja.blogspot.com/2013/06/bibit-durian-bawor-monthong-unggul.html

PROFIL AKU

Profile photo of Irham Luthfi

Irham Luthfi

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2014


Popular Posts

Peran Pemuda dalam E

     Pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) adalah pemanfaatan sumber daya ...

Budidaya Tanaman Bua

Budidaya Tanaman Buah - Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki aneka ...

Pertanian Berkelanju

     Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di ...

Personal Branding me

         TIK memiliki peranan penting dalam berbagai kalanan ...

Kesan Tentang Fakult

           Fakultas Pertanian merupakan salah satu dari ...