debitian40

Hanya Blog UMY situs lain

Computed Tomograph

Posted by 20181030038 0 Comment

Tomography merupakan suatu aplikasi untuk melihat suatu penampang melintang suatu benda tanpa perlu melakukan pembelahan pada benda tersebut.Berkembangnya tomography memberikan efek yang revolusioner dalam diagnosa kedokteran.Dengan tomography, citra melintang tubuh dapat diperoleh tanpa harus melukai tubuh (pembedahan). Citra melintang tubuh mengandung informasi organ-organ dalam tubuh secara detail yang dapat membantu dokter dalam menentukan tindakan yang perlu dilakukan terhadap pasien. Dengan demikian metode tomography bisa dipisahkan menjadi dua proses, yaitu: (1) pengambilan data proyeksi melalui penyinaran dan pendeteksian sinar-X dari berbagai penjuru, (2) proses rekonstruksi untuk memperoleh citrapenampang obyek. Proyeksi ini menunjukkan interaksiantara gelombang dengan substansi yang dilalui oleh sepanjang lintasan tersebut.Proyeksi mengandung informasi yang didapat dari energi yang ditransmisikan.

Perjalanan tomography dimulai dari penemuan G.N Hounsfield (Inggris)pada tahun 1972.Penemuan ini didasarkan pada logaritma matematika untukmelakukan rekonstruksi citra penampang dalam sebuah objek yang disinari dariberbagai arah, yang dikembangkan oleh A.M. Cormack satu dekade sebelumnya.Berkat usaha mereka Hounsfield dan Cormack dihargai hadiah Nobel untukbidang kedokteran pada tahun 1979 [6].Alat yang digunakan dalam tomographybiasa disebut Computed Tomograph (CT), sedangkan citra keluaran Computed Tomograph (CT) ini biasadisebut dengan tomogram.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(a)                                                        (b)

 

Gambar 1.1 (a) Proses pengambilan set data proyeksi (pemindaian) obyek pada

empat arah. (b) Rekonstruksi data proses dari empat arah menjadi citra       tiga dimensi obyek.

 

            Tomography kemudian berkembang berdasarkan teknik pemindaiannya yang diawali dengan tomography berkas parallel, kemudian disusul dengan munculnyatomography berkas kipas. Generasi CT terbaru adalah Multislice CT. Sumber padaCT jenis ini adalah single x-ray tube yang membentuk berkas kerucut atau conebeam. Detektornya berupa array dua dimensi yang berbentuk datar atau berbentukbusur.Keuntungan penggunaan Cone Beam CT (CBCT) ini adalah pemindaianyang cepat.

Computed Tomograph (CT) Scan adalah prosedur sinar-X jenis khusus yang melibatkan pengukuran secara tidak langsung dari pelemahan sinar-X pada berbagai posisi pasien yang sedang diperiksa, dan mempunyai tube sinar-X, detektor, serta letak tube sinar-X dan detektor untuk setiap posisi. Sistem ini menghasilkan gambaran radiografik potongan objek dalam lapisan-lapisan, tanpa tumpang tindih satu sama lain. Walaupun dapat mendeteksi berbagai jenis jaringan sesuai Hounsfield Unit (HU) masing-masing, tetapi hanya 45% dari yang efisien dipergunakan untuk terbentuknya gambar, sedangkan dari keseluruhan sistem tersebut, 55% dari radiasi akan diserap pasien. Karena masing-masing jaringan memiliki rentang HU yang spesifik dan besarnya dosis radiasi yang diterima pasien, penggunaan sarana ini lebih 10 selektif bagi kasus-kasus spesifik yang kompleks atau melibatkan kondisi sistemik. Pemeriksaan radiografik dengan sistem ini selain harus sesuai indikasi, juga harus betul-betul memperhatikan risk vs benefit mengingat dosis radiasi yang diterima pasien relatif jauh lebih besar dibandingkan sarana lainnya.

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20181030038


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manajemen Kecemasan

  Definisi kecemasan dan rasa takut serta perbedaannya Kecemasan merupakan perasaan ...

Fraktur Gigi

Fraktur akar gigi merupakan fraktur yang dapat melibatkan dentin, sementum ...

Computed Tomograph

Tomography merupakan suatu aplikasi untuk melihat suatu penampang melintang suatu ...

Cone Beam CT-Scan

Kasus penyebab terjadinya trauma terbanyak disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas ...