debitian40

Hanya Blog UMY situs lain

 Menghambat metabolisme bakteri plak yang dapat memfermentasi karbohidrat melalui perubahan hidroksilapatit pada enamel menjadi fluorapatit adalah fungsi dari fluoride. Reaksi kimia: Ca10(PO4)6.(OH)2 + F –> Ca10(PO4)6. (OHF) menghasilkan enamel yang lebih tahan terhadap asam sehingga dapat menghambat proses demineralisasi dan meningkatkan remineralisasi yang merangsang perbaikan dan penghentian lesi karies. Fluor telah digunakan secara luas untuk mencegah karies. Penggunaan fluor dapat dilakukan dengan fluoridasi air minum, pasta gigi dan obat kumur mengandung fluor, pemberian tablet fluor, topikal varnish.

Fluoridasi air minum sebagai salah satu cara yang efektif dan ekonomis untuk mencegah karies gigi pada semua kelompok umur. Kadar fluoride dipersediaan air harus dipantau dan disesuaikan untuk memastikan konsistensi dalam konsentrasi. Konsentrasi yang aman untuk pengunaan fluoride air minum 0,5 -0,8 mg/L. Jika air minum masyarakat tidak mengandung jumlah fluor yang optimal, maka dapat dilakukan pemberian tablet fluor pada anak terutama yang mempunyai risiko karies tinggi.

Persatuan dokter gigi Amerika serika tmerekomendasikan pemberian tablet fluor 0,25 mgF per hari untuk bayi umur 2 minggu sampai 2 tahun, 0,5 mg untuk umur 2-3 tahun dan 1 mgF 3 – 16 tahun.

Pasta gigi berfluoride digunakan dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari. Menyikat gigi dengan fluoride dapat mengurangi kolonisasi bakteri penyebab karies S. mutan. Menurut MMWR tahun 2001 bahwa Amerika Serikat merekomendasikan konsentrasi standar fluoride dalam pasta gigi fluoride adalah 1,000–1,100 ppm. Pasta gigi yang mengandung fluoride 1500 ppm telah dilaporkan dapat mengurangi karies gigi di AS dan penelitian di Eropa.

Penggunaan pasta gigi mengandung fluor, dan tablet fluor tidak cukup untuk mencegah atau menghambat perkembangan karies, pemberian varnish fluor dianjurkan. Pemberian varnish fluor diberikan setiap empat atau enam bulan sekali pada anak yang mempunyai risiko karies tinggi. Salah satu varnish fluor adalah Duraphat (colgate oral care) merupakan larutan alcohol varnish alami yang berisi 50 mg NaF/ml (2,5%–kira-kira 25.000 ppm fluor). Varnish dilakukan pada anak umur 6 tahun keatas karena anak di bawah umur 6 tahun belum dapat meludah dengan baik sehingga dikhawatirkan varnish dapat tertelan dan dapat menyebabkan fluorosis enamel. Varnish Flouride memiliki kelebihan yaitu mudah untuk diaplikasikan. Sediaan fluor lainnya adalah dalam bentuk gel dan larutan seperti larutan 2.2% NaF, SnF2 , gel APF.

 

Respon Jaringan Gigi terhadap Fluoride

Flouride telah dikenal sejak 1980-an untuk kontrol karies. Berikut mekanisme yang terlibat, yaitu:

  1. Fluoride menghambat demineralisasi

Fluoride hadir dalambentuk cairan ketikaplak bakteri menghasilkan asam, maka akan bersamaanmenembus asam di bawah permukaan, menyerap ke permukaan kristal apatit dan melindungi kristal dari dissolution. Lapisan ini membuat kristal yang mirip dengan fluorapatite (denganpH kritis 4.5) memastikan bahwa tidak ada demineralisasi yang berlangsung sampai pH ini. Fluoride dalamtingkat larutan yang rendah di antara kristal enamel dapat menghambat mineralisasi gigi denganasam fluoride yang berasal dari sumber topikal seperti air minum, dan produk fluoride seperti pasta gigi dan vernis.

  1. Fluoride meningkatkan remineralisasi.

Ketika pH 5,5, PH air liur yang jenuh dengan kalsium dan fosfat, memaksa mineral kembali ke gigi. Fluoride di adsorbsi ke permukaan kristal sebagian demineralisasi dan menarik ion kalsium. Fluoridedapatmempercepat pertumbuhan permukaan baru dengan membawa ion kalsium dan fosfat  yang menghasilkan permukaan yang lebih tahan asam.

  1. Fluoride dapat menghambat aktivitas bakteri

Fluoride tidak dapat menyeberangi dinding sel bakteri dalam bentuk terionisasinya flouride. Namun di lingkungan asam, Fluoride bergabung dengan Hidrogen membentuk HF yang mudah berdifusi ke dalam cell. Bakteri dalam sel HF memecah dan melepaskan ion fluoride yang mengganggu aktivitas enzim dari bakteri.

 

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

20181030038


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Manajemen Kecemasan

  Definisi kecemasan dan rasa takut serta perbedaannya Kecemasan merupakan perasaan ...

Fraktur Gigi

Fraktur akar gigi merupakan fraktur yang dapat melibatkan dentin, sementum ...

Computed Tomograph

Tomography merupakan suatu aplikasi untuk melihat suatu penampang melintang suatu ...

Cone Beam CT-Scan

Kasus penyebab terjadinya trauma terbanyak disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas ...