creativity without limits…

Innovation Better Than Tomorrow

Kecerdasan merupakan faktor yang penting dalam meraih kesuksesan (sukses bukan hanya dalam arti meraih materi).  Mengenali jenis kecerdasan yang kita miliki akan dapat menolong kita untuk menentukan bakat apa yang terpendam dalam diri kita. Atau mungkin bisa pula memberikan kita gambaran cara belajar seperti apakah yang paling bagus buat dilakukan atau yang paling sesuai untuk kita. Yuk mari kita lihat yang mana tipe kecerdasan kita.

Linguistik, tipe kecerdasan ini menyukai menghafal informasi dan menambah kosakata, orang ini juga jago bercerita. Merasa asik dengan kegiatan menulis membaca menyimak dan berbicara dan melakukannya dengan asik.

Ciri: – Dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata. Gemar membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas.

[Jurnalis, Penyair, Pengacara]

Logis/Logika, Secara naluriah meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mampu memahami penjumlahan seringkali di luar kepala, orang dengan tipe kecerdasan ini suka sekali permainan yang menantang otak seperti permainan logika game dan komputer.

Ciri: – Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi. Berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis. Pandangan hidupnya bersifat rasional.

[Ilmuan, Matematikawan, Akuntan, Programmer]

Inter-personal, tipe kecerdasan seperti ini bisa memahami orang lain dengan mudah mengetahui suasana hati dan perasaan mereka. Dia adalah seorang pemimpin alami dan mediatormu. Bisa menghentikan pertengkaran antara dua teman kamu dan masih bisa menjalin hubungan baik dengan keduanya. Dan dominan tipe ini mengerti dan peka terhadap intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain

Ciri: – Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka. Menjalin kontak mata dengan baik. Menunjukan empati pada orang lain. Mendorong orang lain menyampaikan kisahnya.

[Networker, Negotiator, Guru, Politikal]

Intra-personal, dia paham benar tentang dirinya sendiri. Amat mengerti akan perasaan mimpi dan ide yang dia miliki dan setia pada sasaran hidup. Biasanya suka menulis jurnal/ buku harian/ blog dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri.

Ciri: – Membedakan berbagai macam emosi. Mudah mengakses perasaan sendiri. Menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya. Mawas diri dan suka meditasi. Lebih suka kerja sendiri.

[Konselor, Teolog, Filosof, Psikolog]

Eksistensial, memiliki bakat bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti hakikat hidup hakikat mati siapa kita sebenarnya kenapa kita hadir di dunia ini dan kenapa dunia ini tercipta dan selalu menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia.

Ciri: – Mempertanyakan hakekat segala sesuatu. Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/ dunia.

[Religius, termasuk juga Filosof, Teolog]

Natural, tipe ini merasakan adanya kaitan yang mendalam antara jagat raya dan penghuninya tumbuhan dan binatang. Suka meneiliti dan mengamati dunia luar memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam. Berbakat dalam berkebun dan memasak.

Ciri: – Mencintai lingkungan. Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang. Senang kegiatan di luar (alam).

[Petani, Nelayan, Pendaki, Pemburu]

Kinestetika, ahli menangangi dan memanipulasi objek selain itu kamu mampu menggerakkan tubuhnya dengan anggun dan santai. Tipe kecerdasan ini suka sekali melatih tubuh hingga mencapai kondisi terbaik dan mungkin bisa menirukan orang lain dengan sempurna. Mungkin berbakat dalam satu jenis kerajinan tangan atau lebih memahat menjahit menenun dll.

Ciri: – Menikmati kegiatan fisik (olahraga). Cekatan dan tidak bisa tinggal diam. Berminat dengan segala sesuatu.

[Atlet/Olahragawan, Pengrajin, Montir, Menjahit, Merakit Model]

Musikal, tipe ini dapat mendeteksi ritme pola dan tempo pada hal-hal yang tampaknya tidak memiliki faktor-faktor tersebut seperti kicau burung atau suara jengkerik. Dia bisa mendengar nada dan titi nada dan mungkin punya bakat dalam memainkan satu alat musik atau lebih dan menyukai banyak jenis aliran musik. Mampu mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara.

Ciri: – Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat. Dapat mengikuti irama. Mendengar music dengan tingkat ketajaman lebih.

[Komposer, Pencipta lagu, Penyanyi dsb]

Visual, Dia langsung tahu jika ada bangunan atau lukisan atau orang yang kurang simetris. Jika dia seorang web designer dia bisa menentukan dengan hampir sempurna detil-detil kompenen dalam yang dibutuhkan untuk membuat dan membentuk sebuah website yang elegan, futuristik, dll. Dia bisa secara imaginer memutarbalikkan bentuk-bentuk rumit dan bisa menggambar apapun yang dilihatnya mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual. Dia jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang dan dia maniak dengan game!

Ciri: – Kepekaan tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang. Mudah memperkirakan jarak dan ruang. Membuat sketsa ide dengan jelas.

[arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur]

in this case,  i was in logic musical and visual, where your position?

Categories: Young On Top

PROFIL AKU

tulen


Popular Posts

Tawuran Masih Jaman

Tulisan ini terkhusus untuk kalangan akademisi yang mengakui bahwa dirinya ...

[Lomba Blog] Memulai

Sebuah kampus yang sering orang citrakan sebagai sesuatu yang berbau ...

Menikmati Hidup Di J

Hampir dua bulan hidup di Jogja merupakan pengalaman yang tak ...

[Tugas] Elektronika

Berikut beberapa rangkuman penjelasan dari materi perkuliahan Elektronika 1 yang ...

[Interview] Universi

Menjadi yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah, banyak tantangan ...