creativity without limits…

Innovation Better Than Tomorrow

Berikut beberapa rangkuman penjelasan dari materi perkuliahan Elektronika 1 yang terdiri dari 4 Bab akan di jabarkan sebagai berikut:

Bab 1 – Arus dan Tegangan Listrik

Kita semua tentu paham bahwa arus listrik terjadi karena adanya aliran elektron dimana setiap elektron mempunyai muatan yang besarnya sama. Jika kita mempunyai benda bermuatan negatif berarti benda tersebut mempunyai kelebihan elektron. Derajat termuatinya benda tersebut diukur dengan jumlah kelebihan elektron yang ada. Muatan sebuah elektron, sering dinyatakan dengan simbul q atau e, dinyatakan dengan satuan coulomb, yaitu sebesar

q ≈ 1,6 × 10-19 coulomb

Misalkan kita mempunyai sepotong kawat tembaga yang biasanya digunakan sebagai penghantar listrik dengan alasan harganya relatif murah, kuat dan tahan terhadap korosi. Besarnya hantaran pada kawat tersebut hanya tergantung pada adanya elektron bebas (dari elektron valensi), karena muatan inti dan elektron pada lintasan dalam terikat erat pada struktur kristal.

Pada dasarnya dalam kawat penghantar terdapat aliran elektron dalam jumlah yang sangat besar, jika jumlah elektron yang bergerak ke kanan dan ke kiri sama besar maka seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Namun jika ujung sebelah kanan kawat menarik elektron sedangkan ujung sebelah kiri melepaskannya maka akan terjadi aliran elektron ke kanan (tapi ingat, dalam hal ini disepakati bahwa arah arus ke kiri). Aliran elektron inilah yang selanjutnya disebut arus listrik.

Nah untuk mengetahui materi lebih lengkap dari BAB 1 ini silahkan unduh disini

Bab 2 – Rangkaian Arus Searah (DC)

Pada rangkaian DC hanya melibatkan arus dan tegangan searah, yaitu arus dan tegangan yang tidak berubah terhadap waktu. Elemen pada rangkaian DC meliputi:

i) baterai
ii) hambatan dan
iii) kawat penghantar

Unduh file untuk materi lebih lengkap disini

Bab 3 – Alat-alat Ukur Listrik

Ada beberapa penjelasan dalam materi ini; Penggunanaan Meter Dasar, Meter Dasar sebagai Ampere Meter, Meter Dasar sebagai Voltmeter, dan Contoh Soal .

Silahkan materinya di unduh disini

Bab 4 – Kapasitor, Induktor dan Rangkaian AC

Materi yang dijelaskan pada Bab 4 merupakan dasar-dasar hukum dan penjelasan dasar mengenai kapasitor dan induktor juga hubungannya dengan rangkaian AC. Unduh disini untuk materi lebih lengkap.

 

Demikian rangkuman materi perkuliahan Elektronika 1 Bab 1 – 4, semoga bermanfaat dan menjadi referensi kuliah Anda. Terima kasih.

Categories: ICT

PROFIL AKU

tulen


Popular Posts

Tawuran Masih Jaman

Tulisan ini terkhusus untuk kalangan akademisi yang mengakui bahwa dirinya ...

[Lomba Blog] Memulai

Sebuah kampus yang sering orang citrakan sebagai sesuatu yang berbau ...

Menikmati Hidup Di J

Hampir dua bulan hidup di Jogja merupakan pengalaman yang tak ...

[Tugas] Elektronika

Berikut beberapa rangkuman penjelasan dari materi perkuliahan Elektronika 1 yang ...

[Interview] Universi

Menjadi yang terbaik bukanlah suatu hal yang mudah, banyak tantangan ...