RPP REVISI

Hanya Blog UMY situs lain

Perbincangan tentang Kenormalan Baru (The New Normal) mulai kedengar sayup-sayup dan makin keras. Pengakuan Ketua WHO jika kita belum menyaksikan wabah ini berkurang dalam kurun waktu dekat berpengaruh kesemua baris kehidupan kita, terhitung pengajaran beberapa anak.

Pendidikan Keluarga di Kenormalan Baru Pasca Covid-19

Pendidikan dalam Kedaruratan

Pada saat ini, arah pengajaran ambil anggapan dan sudut pandang “kedaruratan”. Pada keadaan genting, sasaran perolehan pengajaran dilonggarkan. Konsentrasi khusus pada kesehatan serta keselamatan (fisik dan psikis). Supaya mekanisme tidak bangkrut, standard di turunkan dan penilaian dilonggarkan.

Mekanisme evaluasi jarak jauh (PJJ) dikenalkan. Penelusuran mode belajar online dilaksanakan. Dengan komplikasi keadaan di atas lapangan, susah ditegaskan efektifitasnya. Semuanya dimaklumi sebab keadaan sedang genting. Seluruh orang belum siap. Sekolah, guru, anak, orang-tua, Dinas, dan kementrian semua terkejut dan usaha menyesuaikan.

Dalam kenormalan baru, yang pertama perlu kita kerjakan selaku keluarga ialah membuat fondasi aman, yakni konsentrasi pada kesehatan fisik dan psikis anak. Itu yang khusus.

Kemudian baru kita pikirkan dan cari pemikiran baru dan fresh mengenai pengajaran beberapa anak.

Terkait dengan SOLE, situs jayaedu.com menyatakan salah satunya arah penting yang penting dipersiapkan pada beberapa anak ialah jadi pembelajar berdikari (self-regulated learner). Proses belajar tidak cuman fokus pada transfer pengetahuan dari guru ke anak dengan konsentrasi penilaian menghitung pengetahuan anak. Proses belajar yang khusus diperuntukkan supaya anak trampil cari pengetahuan sendiri.

Pertanyaan kebalikannya, apa orang-tua punyai alternatif lain? Apa kita terus akan menanti, sesaat anak kita lagi berkembang tiap hari? Bila opsi paling logis buat kita dalam kenormalan baru ialah temani proses belajar beberapa anak kita karena wabah yang tidak juga habis, karena itu kita perlu cari proses yang paling memungkinkannya untuk kita kerjakan.

Proses ini sudah pasti tidak gampang sebab menyertakan alih bentuk budaya yang besar sekali dari tidak percaya pada kekuatan belajar alami anak (hingga anak harus ditujukan, diperlihatkan, bahkan juga diminta ke arah jalan yang “betul”) jadi memercayai jika tiap anak mempunyai kemauan belajar yang alami dan menjadi otonom (merdeka).

Self Management dan Learning Skills

Ada 2 poin utama yang penting dilaksanakan terkait dengan SOLE dan Pembelajar Berdikari, yakni tumbuhkan ketrampilan manajemen diri (self management) dan mempertajam ketrampilan belajar (learning skills).

Pembelajar berdikari mengasumsikan otonomi dan kemerdekaan anak selaku dasarnya. Karena itu, anak perlu belajar mengenal keperluan dan kemauannya, belajar memutuskan arah, dan belajar manajemen proses belajarnya sendiri, mulai berencana aktivitas, mengurus aktivitas, menyelesaikan, sampai lakukan penilaian dan refleksi.

Secara ringkas, proses belajar mengenai manajemen diri dapat diawali dengan memberi ruangan untuk anak untuk bikin agenda aktivitas harian mereka sendiri. Proses ini kemungkinan tidak gampang. Kegagapan memungkinkan muncul karena sejauh ini beberapa anak cuman jalani agenda yang dibuatkan seseorang. Saat kemerdekaan diberi, ketidaktahuan memungkinkan berlangsung. Tetapi kemerdekaan itu dibutuhkan selaku persyaratan awalnya kemandirian.

Disini peranan orang-tua (dan guru) untuk menuntun beberapa anak berencana arah belajar dan pengendalian proses belajar mereka sendiri. Orang-tua dan guru bisa bertindah selaku fasilitator yang memberi beberapa ide dan peneguhan kemandirian mereka.

Setiap peristiwa selalu mengandung dua segi sudut pandang seperti koin. Rintangan kita ialah cari kesempatan survival dalam kejadian yang memberikan ancaman keberadaan sama seperti yang sedang kita menghadapi di saat ini.

Itu adalah proses dan pencarian kita bersama saat ini.

Categories: Info Pendidikan

PROFIL AKU

pemimpi


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Download Contoh RPP

Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam ...

Pendidikan Keluarga

Perbincangan tentang Kenormalan Baru (The New Normal) mulai kedengar sayup-sayup ...