FOOP! Inovasi unique media tanam dari Jepang

Teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari Era Globalisasi saat ini, terlebih lagi memasuki Era Revolusi Industri 4.0 pasti semua produsen berlomba-lomba untuk menciptakan suatu Inovasi terkait hal tersebut. Tak terkecuali di sektor Pertanian, banyaknya teknologi yang diciptakan bahkan telah digunakan dibeberapa negara-negara maju, Jepang merupakan salah satunya. Meskipun Jepang merupakan salah satu negara maju, tetapi Jepang memiliki masalah dalam bidang pertanian yaitu masalah ketersediaan lahan, tetapi bukan Jepang namanya jika tidak dapat menyelesaikan masalahnya. Kita semua mengetahui bahwa sejak Perang Dunia, Jepang tidak menyerah untuk membangun negaranya kembali. Padahal negaranya sudah hancur dan tidak ada harapan lagi untuk memperbaikinya. Begitu juga dengan masalah ini, Jepang memiliki beberapa solusi untuk mengatasi masalahnya, salah satunya dengan menciptakan Foop!, apa sih itu Foop. Foop adalah pod hidroponik dari Jepang yang memungkinkan orang menanam sayuran dan herbal, seperti selada, peterseli, basil, dan mesclun, di rumah atau tempat tinggal mereka. Foop merupakan penggabungan antara “food” (makanan) dan juga “people” (orang). Merupakan peralatan agrikultur hidroponik, yang berarti semua orang bisa menanam sayuran tanpa membutuhkan tanah, tapi menggunakan media air. Media penanam sayur ini di desain khusus untuk diletakan di dalam rumah.

Cara menanam menggunakan foop ini juga sangat mudah yaitu dari benih benih sayuran yang dikembangbiakan hingga menjadi sayuran. Walaupun cara penanaman hidroponik lebih lama daripada melalui media tanah, tetapi hasil tumbuhan yang dihasilkan foop ini tidak kalah bersaing.

Perangkat ini tidak hanya sangat hemat ruang dan baik untuk kesehatan, tetapi juga terlihat elegan dan modern karena dibuat dari kayu. Selain itu perangkat foop dibuat dengan bentuk yang elegan dimana kita tidak akan menemukan tombol – tombol pada bagian luar perangkat ini dan juga kita tidak dapat melihat sakelar di dalamnya. Jika kita ingin menyesuaikan suhu, pencahayaan, kelembaban, dan sejenisnya, kita dapat melakukannya menggunakan aplikasi foop, yang terhubung ke ponsel cerdas. Terdapat sebuah layar kecil yang memberikan informasi detail mengenai temperatur, kelembaban, intensitas cahaya dan tingkat air yang dapat dihubungkan melalui aplikasi foop. Aplikasi ini akan memberi tahu prediksi jumlah waktu yang dibutuhkan tanaman yang ditanam untuk tumbuh.

 

4 thoughts on “FOOP! Inovasi unique media tanam dari Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *