Blog UMY Community

Komunitas buat kita semua

Selamat malam sobat sekalian, semoga semuanya dalam keadaan yang baik. Yang lagi sakit didoakan semoga lekas sembuh. Ada apa dengan tanggal 16 Juni 2011? Sebagian orang menunggu tanggal tersebut, dan mungkin para Astronom sangat sangat menanti tanggal itu.

Mungkin sobat ada yang sudah tahu apa yang akan terjadi nanti dini hari. Ya betul, Gerhana Bulan Total, Fenomena ini akan terjadi kamis dini hari pada tanggal 16 Juni 2011. Menurut info yang saya temukan di berita, para Astronom di Indonesia akan bergembira dini hari nanti. Kenapa tidak? Gerhana Bulan Total pada kali ini bisa terlihat langsung di Indonesia. Diperkirakan, Gerhana Bulan akan terjadi pada pukul 00.25 WIB dan berakhir pada pukul 05.59 WIB. Menurut bocoran NASA, bahwa kondisi Bulan tidak tampak sama sekali akan berlangsung selama kira kira 100 Menit, dimulai pukul 02.22 WIB sampai 04.02 WIB. Wow waktu yang panjang kan sobat?

Tinjauan Gerhana Bulan Total pada 16 Juni 2011

Gerhana Bulan pada kali ini dapat dilihat di wilayah Afrika, Eropa, Australia, Asia, Amerika Selatan, dan, termasuk Indonesia sendiri loh sob. Wilayah wilayah yang bisa melihat keseluruhan tahap demi tahap Gerhana Bulan Total ini diantaranya : Asia Tengah, barat Australia, Wilayah timur Afrika, dan Timur Tengah.

Nah sobat sekalian, Indonesia mempunyai keuntungan bisa melihat langsung Gerhana Bulan dini hari nanti. Wilayah wilayah yang dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total nanti meliputi sebagian Nusa Tenggara, Jawa, Kalimantan, dan Sumatera

Pengamat di Eropa akan kehilangan tahap awal gerhana bulan total kali ini, sebab saat tahap itu terjadi sebelum Bulan terbit. Sementara pengamat di wilayah timur Asia, timur Australia, dan Selandia baru akan kehilangan tahap akhir gerhana bulan karena pada tahap itu Bulan sudah tenggelam. Wilayah Amerika Utara kurang beruntung sebab tak bisa menyaksikan seluruh gerhana ini.

Ngomong – Ngomong Soal Durasi

Mau tahu durasi gerhana Bulan nanti malam? 100 Menit sob, bayangkan saja 100 Menit untuk Gerhana Bulan dini hari nanti. Nah, menurut info yang saya dapat, Gerhana Bulan kali ini termasuk Gerhana dengan durasi paling panjang selama 100 tahun terakhir. Dalam publikasi Space.com, Sabtu (11/6/2011), totalitas gerhana bulan 16 juni 2011 yang bisa menandingi terjadi pada pada 16 Juli 1935 selama 101 menit, 6 Juli 1982, dan 16 Juli 2000 selama 107 menit. Totalitas gerhana bulan yang panjang berikutnya diperkirakan terjadi pada 27 Juli 2018 selama 106 menit.

Terimakasih sobat telah membaca sampai kalimat ini. Mohon maaf bila banyak kesalahan kata. Jangan lupa untuk nonton nanti dini hari yaa?

Categories: Update Trus

PROFIL AKU

Rizki Pratama Wijaya


Popular Posts

Daftar Posting

Mei (98) April (6) Jangan Hanya Mengucapkan Selamat,Tapi Bergeraklah Dapet Award Ayam Bakar dan ...

Perbedaan Lady Diana

Dalam hitungan hari, pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton ...

PALM (Penghijauan Ar

Selamat malam sobat semua, semoga kali ini sobat sobat dalam ...

13 Foto Bersejarah C

Kisah percintaan Pangeran Williams dan Kate Middleton sepertinya ...

Awali semuanya denga

Selamat malam sobat semuanya, semoga kalian ada dalam lindunganNya. Amin ...

Indoleaks Tidak Bisa

wadaw gan,,,,ane kemarin pagi baru buka aja www.INDOLEAKS.org muncul tuh ...