Karyaku UMY

Dari Nol saya Memulai

PIMNAS UMY 2012

Posted by Rizki Pratama Wijaya 22 Comments

PIMNAS, ngomongin tentang PIMNAS itu bisa disebut ngomongin mahasiswa – mahasiswa yang pintar – pintar gan. Bagaimana tidak gan, PIMNAS itu sendiri diikuti oleh beberapa MAHASISWA yang mewakili perguruan tinggi dari penjuru Indonesia, baik Negeri maupun Swasta. Ya berarti otomatis Mahasiswa yang ditunjuk yaitu Mahasiswa pintar – pintar dan cerdas – cerdas. Haha !!! Oh iya, barangkali agan agan sama sista sista semua ada yang belum tau PIMNAS itu apa ya? Mari ane jelaskan.

PIMNAS menurut sepengetahuan ane yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Nah, PIMNAS ini merupakan lomba kreatif dari karya Mahasiswa yang program S1 maupun Diploma tingkat nasional gan, yang diselenggarakan oleh Dikti. Agan – agan semua tau gak dalam lomba ini akan ada banyak Mahasiswa dari berbagai Jurusan yang ada di penjuru Indonesia. Ya ane bilang sih ini merupakan acara untuk menunjukan gengsi dari setiap pesertanya. Jadi agan sista perlu tau nih, bahwa keeksisan kalian yang mengikuti lomba PIMNAS ini akan diuji keeksisannya dan akan bersaing dengan ratusan hingga ribuan Mahasiswa se-Indonesia.

Nih gan beberapa perlombaan yang dipelombakan di ajang PIMNAS !!!

Karya ilmiah itu identik dengan pembuatan proposal kegiatan, ya ane perjelas disini gan berarti PIMNAS itu lomba membuat proposal kegiatan yang dibuat oleh Mahasiswa sesuai dengan topic yang beragam. Jadi tidak selalu membuat penelitian saja. Dan Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) akan memberikan biaya kepada Mahasiswa yang mengajukan proposal yang dilombakan. Nah agan perlu tahu nih untuk mencegah penyalahgunaan dana yang diberikan oleh Dikti, maka dalam beberapa tahap, peserta akan dimintai LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) atas kegiatan dan dana apa saja yang sudah dilakukan dan digunakan gan.

Nih gan Topik – topik Proposal PIMNAS

Ada beberap topik nih gan di PIMNAS itu, nah gan sebenarnya Topik-topik yang ada di PIMNAS itu merupakan jenis dari PKM. Agan tau gak PKM itu apa? Cek disini : Pengertian PKM. Nah ini topic-topik PIMNAS, diantara lain:

Mari ane jelaskan satu persatu gan,

PKM-GT

Nih gan PKM-GT iintinya itu program kegiatan mahasiswa yang membantu permasalahan bangsa berupa gagasan tertulis gan. Ane tegasin ya gan, program ini masih berupa gagasan atau usulan. Untuk contoh judul proposal: “Langkah Strategis dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Optimalisasi Keunggulan Lokal” itu judul yang ane dapet dari Om google. Hehe

PKM-K

PKM K atau yang disebut PKM Kewirausahaan ini gan intinya ialah program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan produk komersial. Contoh judulnya yakni “Baticube: Batik Modifikasi sebagai Refleksi Inovasi Batik Indonesia” ya menurut ane batik bola yang sekarang lagi laku dipasaran.

PKM-M

Inti kegiatan ini mau tau gan? Yaudah ane kasih tau gan, inti kegiatan ini yaitu program kreativitas mahasiswa yang membantu masyarakat gan. Program yang diajukan lumayan banyak gan,diantaranya : program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan linkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, dsb.

PKM-P

Inti kegiatan ini mau tau gan? Yaudah ane kasih tau gan yaitu program kreativitas mahasiswa yang berupa penelitian. Penelitian bisa berlatar belakang sains atau social gan. Contoh judulnya yakni “Sintesis Komposit TiO2 – Zeolit Alam – Karbon Aktif untuk Disinfeksi E.Coli dan Oksidasi Fenol Serta Reduksi Cr(VI) pada Penyediaan Air Minum”.

PKM-T

Inti kegiatan ini mau tau gan? Yaudah ane kasih tau gan yaitu program kreativitas mahasiswa yang menghasilkan teknologi gan. Pastinya teknologi yang diciptakan ini berguna bagi suatu mitra atau institusi tertentu gan. Contoh judulnya yakni “Sitrum: Sistem Informasi Rute Transportasi Umum”

PKM-AI

PKM AI itu artikel ilmiah yang bersumber dari kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian, atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri gan.

Nah gan, PIMNAS 2012 kali ini  diselenggarakan dikampus ane yang unggul dan islami yaitu apalagi kalau bukan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menurut artikel – artikel yang ane baca di beberapa media, bahwa PIMNAS 2012 itu memasuki ke seperempat abad (XXV). Menurut beberapa berita yang simpang siur, kami mahasiswa UMY jadwal kuliahnya akan dipercepat dari yang seharusnya.

Harapan ane mudah – mudahan Mahasiswa Indonesia bisa sekreatif mungkin dalam ajang PIMNAS yang ke 25 ini. Dan harapan ane semoga, UMY menjadi Juara umum PIMNAS ke 25 kali ini. Semoga dari 110 proposal UMY yang lolos yang akan dibiayai Dikti bisa dipakai sebagaimana mestinya.

Segitu aja gan penjelasan dar ane mengenai PIMNAS 2012, semoga bermanfaat ya gan 😀

Dikutip dari berbagai Sumber dan diedit dengan bahasa ane sendiri

Categories: PIMNAS

PROFIL AKU

Rizki Pratama Wijaya


Popular Posts

Rebutan Rumah Gratis

Selamat Siang sahabat blogger. Rumah adalah tempat dimana manusia singgah dan ...

Jalur Belakang???

Assalamualaikum Wr.Wb Sampai lupa kalo sudah beberapa hari gak posting nih. ...

Menjadi Panitia PIMN

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat sore teman - teman. Bagaimana keadaan kalian hari ...

Warna Baju Baru untu

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Sore blogger semuanya. Bagaimana keadaan kalian hari ini? ...

Pemerintah yang Haru

Salam Solidaritas Hanya pemerintah yang harus bisa mencegah pemuda dan pemudi ...