Karyaku UMY

Dari Nol saya Memulai

Fenomena Tukar Link dan Blogwalking

Posted by Rizki Pratama Wijaya 59 Comments

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat sore teman – teman semua.

Setelah bertanya kepada warga WeBe ( Warung Blogger ) di Facebook mengenai Tukar Link dan Blogwalking. Saya bisa menyimpulkan beberapa komentar dari Warga Webe yang sudah menyempatkan memberikan jawabannya terhadap pertanyaan saya. Luar biasa, Jawaban mereka sungguh sangat masuk akal dan memuaskan hati saya. Terimakasih buat Warga WeBe yang hendak memberikan jawabannya.

Ini nih yang saya tanyakan kepada warga WeBe :

Assalamualaikum Wr.Wb
Mau tanya malam2 gini, apakah tukar link penting?
Apakah benar tukar link bisa mempererat silaturahmi sesama blogger?
Tukar Link yang bagus itu diletakkan di side bar atau Page dari suatu blog ya?
Mudah2an ada yang jawab, trimakasih wrga WB 😀

Jawaban mereka banyak yang luar biasa jawabannya. Mari saya paparkan satu persatu :

 

Jawaban dari Mas Huda yang sedikit berbau becanda :

“kalo pengen erat juga g perlu ditaruh di sidebar atau di page tapi di hatimu xixixi”

 

Jawaban dari Mas Citro :

“menurut saya tergntung dari yang makai sich, kalau cuma tukar link tapi males blog walking, sama aja boong”

 

Jawaban keluar dari Tema dari Bunda Arie hehe :

“rizky..mf mba lom bs pasang link nya. la wong online cuma pake hape gini. nnt klo lepi mba sembuh akan sllu diingat mandatnya. oceeeee”

 

Jawaban dari Mas Febriasyraf :

“Sebenarnya, dari segi silaturahim, ada atau tidaknya blogroll itu gak pengaruh. Bener kata rekan di atas,kalo hanya masang link tp jarang BW ya sama aja bohong. Tukar link itu biasanya ditaruh di blogroll, kan? Dan dulu pernah ada yg bahas bahwa naruh link yg baik itu adalaj di sidebar atau widget, jgn ditaruh di halaman tersendiri. Entah gmn penjelasannya, tp yg pasti link yg ditaruh di sidebar lebih baik dari sisi SEO, ketimbang link yg ditaruh di page khusus. jadi,tukar link yg baik itu harus dibarengi dg rutinitas BW. Dan kalau BW jgn hanya bilang “mantap”, “salam kenal” atau “tukar link ya”, itu menjengkelkan sekali,kelihatan bahwa ia BW bukan utk mencari kenalan baru dan silaturahim, tapi hanya ingin memperbaiki peringkat SEO blognya. Memang untuk menjadi dekat dg kawan blogger itu butuh waktu, ga bisa instan…. ^_^”

“Blogwalking dan tukar link itu sama pentingnya sih… ada yg bilang semakin banyak link yg tertaut di blog kita, peringkat blog kita di mesin pencari akan semakin baik. Tapi link-nya hrs hidup lho ya, ga boleh link yg mati. Nah, bersamaan dg itu, blogroll bisa jadi sarana pengingat bagi kita utk melakukan BW, meskipun sy pribadi lebih suka memanfaatkan fitur langgan atau subscribe dari masing2 blog. Jadi, dg blogroll, setidaknya anda bisa ingat siapa saja kawan blogger anda. :)”

“Nah, mending supaya Mas Rizki gak repot, manfaatkan fitur subscribe masing2 blog. Nanti akan dikirim pemberitahuan via email bahwa ada posting-an baru dari narablog yang dilanggan tadi. Atau sekarang udah ada fitur google reader, saya sendiri gak terbiasa dengan reader ini. Mas Rizki tinggal memasukkan url homepage blog2 yang ingin diikuti, nanti kalo pengen BW, Mas Rizki tinggal masuk ke akun google reader (sama dengan akun akun gmail).
Dan memang sebaiknya jangan kebanyakan ngasih link saat berkomentar, karena biasanya masuk ke spam.”

 

Jawaban dari Pak De :

“tukar link tidak meningkatkan silaturahmi, apalagi kalau habis tukar link trus gak ketemu2 lagi…”

 

Jawaban dari Mas Ahmad Kali Akbar :

“kalo tukeran link ya lebih baeknya di taruh di side bar, jgn di page khusus. kalo masalah rapih dan terbatas, kan bisa pake scroll. berapapun jumlah link yg kita pasang tetap saja rapi dan enak dipandang….

makasih…:-)”

 

Jawaban Mas Apry :

“Bnr, blog walking n ninggalin komentar sputar artikel dri blogx tmn plus tinggalin link lbh manjur dri pd nempel link di sidebar. Kita hrz jmpt bola dri pd nunggu bola. Ntr pzti rame, mski bth wkt.”

 

Kesimpulan yang saya dapat dari pertanyaan yang saya lontarkan kepada warga WeBe ialah Lebih baik Blogwalking daripada Tukar link kalau dilihat dari segi silaturahmi. Karena Blogwalking itu bisa dilakukan terus menerus ke blog yang sama ataupun berbeda. Dan apabila Tukar Link itu cuma sebentar manfaatnya kalau dilihat dari segi Silaturahmi. Tukar link tidak meningkatkan silaturahmi, apalagi kalau habis tukar link trus gak ketemu2 lagi kata Pak Dhe.

Kalau mau tukar Link ya pergunakan dengan layak, Blogroll itu digunakan untuk mengingatkan kita untuk mengunjungi Blog lain yang ada di daftar Blogroll agar bisa Blogwalking. Oke deh, mulai sekarang saya akan rajin – rajin Blogwalking kepada teman – teman WB dibandingkan meminta Tukar link. Tukar link mungkin saya akan lakukan sesekali mengingat saya juga lagi ikut serta dalam Kontes Blog di Kampus Saya. hehe

Terimakasih telah meyimak sampai tulisan ini. Terakhir Wassalamualaikum Wr.Wb 😀

Categories: Coretanku

PROFIL AKU

Rizki Pratama Wijaya


Popular Posts

Rebutan Rumah Gratis

Selamat Siang sahabat blogger. Rumah adalah tempat dimana manusia singgah dan ...

Jalur Belakang???

Assalamualaikum Wr.Wb Sampai lupa kalo sudah beberapa hari gak posting nih. ...

Menjadi Panitia PIMN

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat sore teman - teman. Bagaimana keadaan kalian hari ...

Warna Baju Baru untu

Assalamualaikum Wr.Wb Selamat Sore blogger semuanya. Bagaimana keadaan kalian hari ini? ...

Pemerintah yang Haru

Salam Solidaritas Hanya pemerintah yang harus bisa mencegah pemuda dan pemudi ...