Ciri-ciri Tumbuhan di dalam Al-Qur’an

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum Warah Matullahi Waba Rakatuh.

tumbuhanHai, bagaimana kabar sahabat kepo tani? Pada post kami ini, akan membagi sedikit pengetahuan tentang ciri-ciri tumbuhan di dalam Al-qur’an. Tahukah kamu tenang tumbuhan??

Tumbuhan adalah Organisme yang sabegian besar menutupi permukaan bumi khususnya di daratan. Tumbuan mulai dari tingkatan terendah sampai tingkat tertinggi, mereka memiliki ciri ciri yang apa biala di katakan sebagai tumbuhan hidup. Contoh rumput, pohon, bunga, semak-semak, pakis, lumut, dan banyak lagi. Tumbuhan adalah anggota Kingdom Plantae. Di dalam Al-Qur’an telah menerangkan tentang ciri-cirinya, sebagai berikut:

  1. Tumbuhan memerlukan makanan (nutrisi)
  • Thaahaa (20) : 53

الَّذي جَعَلَ لَكُمُ الأَرضَ مَهدًا وَسَلَكَ لَكُم فيها سُبُلًا وَأَنزَلَ مِنَ السَّماءِ ماءً فَأَخرَجنا بِهِ أَزواجًا مِن نَباتٍ شَتّىٰ

“Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam”

  • Al-‘Anam (16) : 99

وَهُوَ الَّذي أَنزَلَ مِنَ السَّماءِ ماءً فَأَخرَجنا بِهِ نَباتَ كُلِّ شَيءٍ فَأَخرَجنا مِنهُ خَضِرًا نُخرِجُ مِنهُ حَبًّا مُتَراكِبًا وَمِنَ النَّخلِ مِن طَلعِها قِنوانٌ دانِيَةٌ وَجَنّاتٍ مِن أَعنابٍ وَالزَّيتونَ وَالرُّمّانَ مُشتَبِهًا وَغَيرَ مُتَشابِهٍ ۗ انظُروا إِلىٰ ثَمَرِهِ إِذا أَثمَرَ وَيَنعِهِ ۚ إِنَّ في ذٰلِكُم لَآياتٍ لِقَومٍ يُؤمِنونَ

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman”

 

  1. Reproduksi atau Berkembang Biak
  • Al-Hirj (15) : 22

وَأَرسَلنَا الرِّياحَ لَواقِحَ فَأَنزَلنا مِنَ السَّماءِ ماءً فَأَسقَيناكُموهُ وَما أَنتُم لَهُ بِخازِنينَ

“Dan Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan”

 

  1. Bertasbih dan bersujud ke pada Allah SWT
  • Ar Rahman (55) : 6

وَالنَّجمُ وَالشَّجَرُ يَسجُدانِ

“Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya”

 

  1. Bereaksi terhadap rangsangan (iritabilitas) dan Bergerak
  • Ar Rahman (55) : 6

وَالنَّجمُ وَالشَّجَرُ يَسجُدانِ

“Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya”

 

  • Fusillat (41) : 39

وَمِن آياتِهِ أَنَّكَ تَرَى الأَرضَ خاشِعَةً فَإِذا أَنزَلنا عَلَيهَا الماءَ اهتَزَّت وَرَبَت ۚ إِنَّ الَّذي أَحياها لَمُحيِي المَوتىٰ ۚ إِنَّهُ عَلىٰ كُلِّ شَيءٍ قَديرٌ

“Dan di antara tanda-tanda-Nya (Ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”

 

  1. Tumbuh
  • An-Naba’ (28) : 15

لِنُخرِجَ بِهِ حَبًّا وَنَباتًا

“supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan,”

 

  • Al-Mu’minun (23) : 19

فَأَنشَأنا لَكُم بِهِ جَنّاتٍ مِن نَخيلٍ وَأَعنابٍ لَكُم فيها فَواكِهُ كَثيرَةٌ وَمِنها تَأكُلونَ

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,”

 

  1. Mengeluarkan Zat Sisa
  • Al-Mu’minun (23) : 20

وَشَجَرَةً تَخرُجُ مِن طورِ سَيناءَ تَنبُتُ بِالدُّهنِ وَصِبغٍ لِلآكِلينَ

“dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan”.

 

  1. Adaptasi
  • Al A’la (87) : 2-3

{3} وَالَّذِى   قَدَّرَ   فَهَدَىٰ {2} الَّذِى   خَلَقَ   فَسَوَّىٰ

“yang menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya)”, {2} dan “yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk”,{3}

 

  • As-Sajda (32) : 7

{7} الَّذي أَحسَنَ كُلَّ شَيءٍ خَلَقَهُ ۖ وَبَدَأَ خَلقَ الإِنسانِ مِن طينٍ

“Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah”

 

  1. Melaksanakan Metabolisme
  • Azzumar (39) : 21

 

أَلَم تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنزَلَ مِنَ السَّماءِ ماءً فَسَلَكَهُ يَنابيعَ فِي الأَرضِ ثُمَّ يُخرِجُ بِهِ زَرعًا مُختَلِفًا أَلوانُهُ ثُمَّ يَهيجُ فَتَراهُ مُصفَرًّا ثُمَّ يَجعَلُهُ حُطامًا ۚ إِنَّ في ذٰلِكَ لَذِكرىٰ لِأُولِي الأَلبابِ

“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal”

  1. Berinteraksi
  • Al-Mu’minun (32) : 19

فَأَنشَأنا لَكُم بِهِ جَنّاتٍ مِن نَخيلٍ وَأَعنابٍ لَكُم فيها فَواكِهُ كَثيرَةٌ وَمِنها تَأكُلونَ

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,”

 

  1. Memiliki sistem transportasi dalam tubuhnya
  • An-An’am (6) : 9

وَلَو جَعَلناهُ مَلَكًا لَجَعَلناهُ رَجُلًا وَلَلَبَسنا عَلَيهِم ما يَلبِسونَ

“Dan kalau Kami jadikan rasul itu malaikat, tentulah Kami jadikan dia seorang laki-laki dan (kalau Kami jadikan ia seorang laki-laki), tentulah Kami meragu-ragukan atas mereka apa yang mereka ragu-ragukan atas diri mereka sendiri”

 

  1. Bernafas
  • At-tawwir (81) : 17-18

{18} وَالصُّبحِ إِذا تَنَفَّسَ {17} وَاللَّيلِ إِذا عَسعَسَ

“demi malam apabila telah hampir meninggalkan gelapnya,{17} dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”, {18}

Demikianlah dari kami, apabila dalam posting kali ini ada suatu kesalahan kata-kata atau akalimat yang kurang pantas untuk di muat, saya mohon maat sebesar-besarnya. Dan apabila pos ini bermanfaat silahkan di sebar luasakan, karena suatu ilmu apabiala tidak di amalkan, maka itu akan menjadi sia-sia.

Silahkan klik link

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas