Agroteknologi Islami

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum Warah Matullahi Waba Rakatuh.

Agroteknologi IslamiSahabat Kepotani di manapun kalian berada, pada pos saya kali ini akan menceritakan pesan, kesan dan pengalaman saya kuliah di Agroteknoklogi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Universitas Muhammadiyah Yagyakarta adalah sebuah perguruan tinggi yang berdiri di Yogyakarta tepatnya kampus terpadu di Jalan Lingkar Selatan, Yogyakarta. Universitas ini adalah universitas yang telah memiliki Akreditasi oleh BAN-PT sebagai A.

UMY telah memiliki progam S1, dan S2. Salah satu progam yang ada di sini adalah progam Pertanian, di sini pertanian telah memiliki progam studi yaitu Agroteknlogi dan Agrobisnis.

     Progam Agroteknologi telah memiliki Akreditasi A, kami sebagai mahasiswa dalam belajar dituntut untuk memahami hakekat penciptaan alam semesta dan memahami hakekat manusia sebagai khalifah di bumi, serta mampu mengelola alam semesta melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pertanian yang didasari oleh keimanan dan ketaqwaan demi keberlanjutan kehidupan.

    Hal tersebut selaras dengan apa yang di perintahkan kepada manusia baik laki-laki ataupun perempuan untuk menuntut ilmu mendapatkan kehormatan di sisi Allah dan Rasul-nya. Sebagai mana yang terdapat dalam firman Allah SWT didlam surat Al-mujadalah : 11

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”

(Q.s. al-Mujadalah : 11)

   Dari situ jelas bahwa seorang muslim yang mempelajari ilmu baik itu ilmu agama ataupun ilmu alam hal tersebuat akan meninggikan derajat orang yang memilikinya, baik itu di Agroteknologi yang membahas tentang pertanian, bukan masalah yang berarti. Tidak yang berkembang di masyarakat, bahwasannya ilmu pertanian itu derendahkan tidak seperti ilmu kesehatan ataupun ilmu yang lain lebih ditinggikan. Tetapi satu hal yang harus kita pegang bahwasannya bahwa ilmu yang di kuasai dengan baik oleh seseorang akan di tinggikan oleh Alah SWT sebagaimana hadist di atas.

   Agroteknoligi pertanian UMY juga mempelajari tentang ayat-ayat Allah SWT yang telah terbukti di alam semesta ini. Sebagaimana Pada ciri-ciri tumbuhan hidup, Allah SWT telah menyebutkannya di dalam Al-Qur’an sebagai contoh Tumbuhan hidup memerlukan nutrisi telah di jelaskan di dalam Qur’an surat Thaahaa (20) : 53, Al-‘Anam (16) : 99. hal itu jelas bahwa di Agroteknologi UMY ini juga sebagai tempat untuk menuntut ilmu alam dan juga sebagai tempat untuk menuntuk ilmu Allah SWT, untuk menambah ke taqwaan dan juga kebesaran Allah SWT.

Demikianlah itu lah pemaparan tentang Agroteknologi Islami, semoga memanbah pengetahuan temen-temen semua.

Silahkan klik link

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas