IDEOLOGI “KAPITALISME” part.1

Monday, 16 Jan 2012 By: nikmatus saidah

A.PENGERTIAN

= PENGERTIAN KAPITALISME

Sebelum saya membahas tentang Kapitalisme, sebelumnya saya akan menjelaskan dulu tentang individualisme. karena keduanya memiliki ciri yang sama.yaitu tentang kepemilikan pribadi.karena secara historis perkembangan kapitalisme merupakan bagian dari gerakan individualisme.(Ebenstein:1994,Fogelman:1994)

+ Individualisme adalah Perorangan yang memiliki kedudukan utama dan kepentingan merupakan urusan yang tertinggi.(Mangunhandja:1997)

+ Kapital berasal dari kata Latin caput yang berarti “kepala”,kehidupan,kesejahteraan.

+ Kapitalisme merupakan sebuah paham ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan sebesar-besarnya keuntungan dan modal (kapital). Kapitalisme dapat pula diartikan sebagai susunan ekonomi yang berpusat pada keuntungan perseorangan. Pada paham kapitalisme uang atau modal memegang peran penting dalam pelaksanaan politik atau kebijakan kapitalisme.(ahmad:2009)

+ Menurut Istilah Kapitalisme adalah system perekonomian yang alat produksinya dan distribusi dimiliki secara pribadi dan dijalankan untuk memperoleh keuntungan,dengan ciri persaingan dalam pasar bebas.(Salim:1991).

+ Ebenstein (1994) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualism

+ Max Weber mendefinisikan kapitalisme sebagai ”hadirnya pembagian industry bagi kebutuhan -kebutuhan kelompok manusia dimanapun yang dilaksanakan dengan metode perusahaan”dan Weber menggunakan semangat kapitalisme untuk menggambarkan sikap mental untuk mencari keuntungan secara rasional dan sistematis.(Raharjo:1987)

= PRINSIP KAPITALISME

+Pemilikan perorangan (individual ownership)

Dalam sistem kapitalis pemilikan alat-alat produksi dikuasai secara pribadi,prinsip ini masih mengakui adanya pemilikan negara,sepertipelayanan jasa terhadap masyarakat umum.dalam hal ini kekuasaan ekonomi ada pada pada pemilik harta perorangan dapat dibatasi oleh pemerintah yang dipilih oleh rakyat.

+ Perekonomian pasar(market economy)

Dalam masa pra-kapitalis pada umumnya bersifat lokal dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sendiri.setiap orang hanya memasok sebagian kecil dalam memenuhi kebutuhanya melalui ketrampilan dan pekerjaan pribadi,dalam hal ini adanya kedaulatan konsumen.konsumen tidak hanya bebas dalam memilih barang yang disukainya di antara barang-barang lain yang ditawarkan,tetapi juga akhirnya melalui pilihan yang dilakukanya,menentukan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi.

+ Persaingan(Competition)

Dalam perekonomian pra-kapitalis factor adat atau kebiasaan dan kegunaan menentukan suatu barang atau jasa berharga. sehingga persaingan sangat penting.

+ Keuntungan(profit)

Dalam sistem kapitalis keuntungan adalah hal yang paling pokok,karena banyaknya keuntungan akan menentukan keberhailan seorang kapitalis.(Ebenstein:1994,Fogelman:1994)

 

«

»


Leave a Reply

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE