Khairul Anwar

Hanya Blog UMY situs lain

[lomba blog] pengalaman yang luar biasa di UMY.

Posted by khairul.anwar.fisipol2011 0 Comment

                            Assalamu’alaikum waramatullahi wabarakatuh.

             Alhamdulillahirabbil’alamin…….  akhirnya saya bisa melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi, yakni kebangku perguruan tinggi. Puji syukur kepada Allah SWT. yang telah memudahkan jalan saya untuk dapat berkuliah d Jogja yang dikenal juga dengan sebutan kota pendidikan dengan jurusan yang  saya minati, yaitu ilmu pemerintahan, tepatnya di Universitas Muhammadiyah yogyakarta. Awalnya saya berharap bisa kuliah d UGM dengan jurusan ilmu pemerintahan atau di UNY dengan jurusan ilmu administrasi negara. Namun itu sebelum saya hijrah ke Jogja, akan tetapi ketika setelah berada di Jogja, pandangan saya menjadi lebih luas. Bahwasanya sangat banyak PTN dan PTS yang unggul di Jogja berskala nasional dan international, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sebuah universitas berbasis islam yang orientasinya dunia akhirat.

            Banyak orang memandang sebelah mata tentang PTS, namun tidak bagi saya, UMY adalah PTS  terbaik yang pernah saya temui. Jadi intinya  seperti ini, bahwa dimanapun kita kuliah, apapun jurusan yang kita dalami, yang  terpenting  adalah seberapa besar kita mampu menyerap ilmu itu sendiri. Kemudian untuk sukses tidak cukup hanya bermodalkan akademik semata, tapi non akademik yang lain seperti softskill dan pengalaman berorganisasi juga sangat membantu.

           Kesan pertama kali datang ke UMY ialah saya merasakan suasana perkuliahan yang sangat kondusif, lingkungan kampus yang bersih dan nyaman, serta pelayanan administrasi yang  ramah. Masa ta’aruf dan osdi juga menjadi sejarah baru dalam kehidupan dan dunia pendidikan saya. Berkumpul dengan teman-teman yang sangat luar biasa, dari seluruh nusantara, dari sabang sampai merauke dan teman-teman dari luar negeri yang  sebelumnya tidak pernah saya bayangkan. Konsep ma’taf dan osdi di setting sedemikian sempurna, banyak memberikan nilai-nilai kekeluargaan, bukan seperti senior dengan junior, akan tetapi lebih kepada kakak dengan adiknya, sehingga praktek-praktek perploncoan yang  sering  terjadi di kebanyakan perguruan tiggi tidak saya temukan di UMY. Panitia ma’taf  juga mewajibkan mahasiswa baru untuk ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan bakti sosial berupa sumbangan sembako dan alat tulis, dan  alhamdulillah saya mewakili temen-temen mahasiswa baru telah menyalurkanya ke panti asuhan Binasiwi, yang notabene kurang beruntung dibandigkan kita.

              Kritik dan saran untuk UMY, semoga dengan kritik dan saran ini mampu menjadi batu loncatan bagi UMY menjadi lebih baik lagi. amin. Unsur pimpinan UMY, saya berharap hendaknya senantiasa meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas dosen pengajar, serta menghijaukan lingkungan kampus.  Kemudian saya berharap UMY memperhatikan dengan serius tentang kesekretariatan BEM fakultas dan BEM universitas yang  terkesan gedungnya sangat sederhana dibandingkan dengan gedung-gedung  megah bertingkatyang berada dilingkungan kampus. Sungguh memprihatinkan….

sehingga kalau ada kunjungan dari PTN dan PTS lain, UMY dapat lebih berbangga karena semua lini diperhatikan.

selain itu, walaupun UMY tidak memiliki prodi keolahragaan, namun dimohon sarana-sarana olahraga dirawat dan dilengkapi. Sehingga mahasiswa betah beraktifitas dilingkungan kampus.

sarana-sarana  itu seperti lapangan futsal, lapangan basket, lapangan voly, dan  perawatan lapangan sepak bola agar rumputnya tetap hijau, bahkan kalau bisa dibuat stadion.

sehingga UMY  memiliki keunggulan dibidang  akademik  maupun non akademik, yang tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri dibandigkan PTN/PTS lain di Indonesia.

kemudian tidak lupa pula yaitu tentang  pemanfaatan sportorium. ”kenapa mahasiswa tidak leluasa menggunakanya?”

Kenapa mahasiswa harus bayar untuk menggunakanya! Padahal sportorium adalah sarana pendukung di kampus, di bangun dilingkungan kampus. Maka sungguh ironis!  Disaat PTN/ PTS lain berlomba-lomba untuk berkarya, namun UMY yang  memiliki  sportorium megah tidak dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan sumber daya manusia UMY.

seandainya PTN/PTS lain mengetahui hal ini, maka sungguh akan ditertawakan!

Harapan saya kuliah di UMY, dengan ridho Allah SWT. semoga  ilmu yang  saya dalami di UMY mampu membantu saya di kehidupan yang akan datang  dan saya dapat menemukan jati diri serta dapat mengubah intelektual pola fikir menjadi lebih baik. Insyaallah saya juga akan melanjutkan S2 dan insyaallah bersama masyarakat berusaha menciptakan pemerintahan yang bersih dari  KKN. Dan Semoga saya kelak berguna bagi agama, keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara ini. Amin….

           Mohon maaf saya haturkan  yang  sebesar-besarnya jikalau ada pihak-pihak yang kurang berkenan dengan diterbitkanya tulisan ini. Tapi semua itu saya lakukan demi nama baik dan kejayaan UMY yang  saya cintai.

Wabillhitaufik wal hidayah, wal riho wal inayah

Wassalamu’alaikum waramatullahi wabaraktuh.

 

 

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

khairul.anwar.fisipol2011


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

[lomba blog] pengala

                            Assalamu'alaikum waramatullahi wabarakatuh.              Alhamdulillahirabbil'alamin.......  ...