kiaane go

Just another Blog UMY site

Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, cita-cita bangsa, harapan masyarakat, kader organisasi dan kebanggaan keluarga yang merupakan calon pemegang wasiat dari generasi sebelumnya. Pemuda juga selalu diidentikan dengan perubahan, cukup banyak peran pemuda dalam membangun bangsa ini, mulai dari zaman pra kemerdekaan hingga pasca reformasi. Sejarah juga telah mencatat kiprah para pemuda yang tak kenal waktu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwa raga menjadi taruhannya.

images

Disektor pertanian sendiri, Begitu juga halnya dengan pemuda tani yang diharapkan mampu menghadirkan terobosan-terobosan dan pembaruan bagi dunia pertanian dunia yang saat ini sedang berusaha berkembang. Kekayaan SDA & SDM yang Indonesia miliki, sudah seharusnya kita sebagai pemuda berperan aktif dan turun tangan, merawat sekaligus menjadi tuan di negeri sendiri.

Pemuda-pemudi merupakan kader bangsa yang memiliki peranan penting untuk memajukan bangsa & tanah air tercinta ini. Pada sektor pertanian, pemuda dituntut untuk terus berkarya dan berinovasi teknologi dalam usaha tani yang ramah lingkungan.

index

 

Untuk terus mempertahankan negara yang agraris ini serta meningkatkan kualitas pembangunan, diperlukan partisipasi dari generasi muda. Hal ini sangat penting karena yang dapat merasakan semua hasil pertanian ini adalah para generasi muda itu sendiri. Selain itu keberhasilan di masa yang akan datang ditentukan oleh para pemuda. Oleh sebab itu apa yang dapat kita lakukan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pengembangan pertanian yang berkelanjutan ?

Mahasiswa sebagai golongan berpendidikan seharusnya mampu ikut berperan serta dan aktif dalam kegiatan penggalakan pembangunan pertanian berkelanjutan di negara ini. Contoh upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa :

1. Mengadakan penyuluhan atau sharing pada para petani

Hal ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan para petani untuk saling bertukar pikiran, diskusi, dan mencari solusi untuk permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi oleh petani. selain menambah ilmu hal ini juga akan menambah hard skill dan soft skill.

2. Mengenalkan teknologi

Penerapan teknologi dibidang petanian sangatlah berpengaruh terhadap produksi petani. Hal ini dapat dilakukan saat penyuluhan pada para petani.

Hal diatas adalah sebagian kecil upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai generasi muda. Sebagai contoh, kita dapat mengadakan pertemuan pada para petani dan membentuk kelompok tani untuk saling bertukar pikiran dan mencari solusi permasalahan yang dihadapi para petani. Mahasiswa mendapat bekal dari kampus saat kuliah dan dapat di terapkan dalam kelompok tani tersebut. Sehingga permasalahan para petani dapat dipecahkan bersama-sama. Kemudian untuk mengenalkan teknologi, mahasiswa dapat memberikan contoh. Misalnya saja dengan membukakan webiste yang berisi cara pembudidayaan yang benar, kemudian para petani dapat melihat dan menerapkan hal yang ada di website tersebut. Sehingga banyak informasi-informasi yang di dapat untuk meningkatkan hasil dan kualitas produksi.

3. Penguasaan Teknologi

Saat ini tantangan pertanian kian hari semakin besar, sehingga sebagai mahasiswa diharapkan mampu mempelajari solusi IPTEK dari berbagai kendala didepannya. Kecakapan teknologi harus bisa dikuasai oleh generasi muda, karena di zaman yang serba modern ini kita dituntut untuk menguasai bidang ilmu teknologi, jadi sebagai mahasiswa Pertanian kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kemajuan sektor pertanian.

4. Belajar Bereksperimen

Belajar bereksperimen itu juga penting, sehingga diharapkan generasi muda dapat menciptakan benih-benih unggul yang tahan hama dan penyakit, sehingga panen melimpah. Ditekankan sekali mahasiswa belajar untuk mencoba beberapa penelitian. Jangan remehkan walaupun penelitian itu kecil.

5. Buka Pikiran

Berpikir kritis dan ikut menyumbangkan ide-ide gagasan untuk kemajuan pertanian indonesia

Pada awalnya memang sulit untuk merubah cara dan pola pikir para petani, terutama petani tradisional yang memang sudah secara turun-temurun melakuan sistem pertanian dari nenek moyangnya. Namun, kita tetap harus terus berusaha untuk menjadikan pertanian berkelanjutan di Indonesia dengan menekannkan ke’arifan lokal.

“Jadi Ayo kita mulai wahai GENERASI MUDA PERTANIAN, ini adalah MASA KITA! Lakukan Yang TERBAIK dan Jadi Yang TERBAIK!”





web umy
blog umy
e-lerning umy
web deptan

 

Categories: Pertanian

PROFIL AKU

Kian


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

UJI EFEKTIVITAS KOMP

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMP

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...