kiaane go

Just another Blog UMY site

  1. BUAH
  • NANAS

Dari hasil survey yang kita dapatkan di tempat perbelanjaan mirota kampus yang berlokasi di godean. Buah nanas yang dikemas dengan alas menggunakan wadah yang terbuat dari sterofom lalu buah nanas ditutup menggunakan plastik wrapping. Pemotongan buah nanas ini dengan cara memotong menjadi beberapa bagian menjadi lingkaran seperti yang terdapat pada gambar. Penyimpanan buah nanas ini ditempatkan pada kulkas dan disatukan dengan komoditas sayuran dan buah yang lain. Selanjutnya harga buah nanas perpack yaitu Rp.  9.600. Penampakan fisik pada buah masih terlihat segar. Kekuranganya pada label yang dipasang tidak terdapat masa kadaluarsa buah tersebut.

 

 

 

 

  • PEPAYA

Pada observasi market yang dilakukan di Mirota Kampus Jl.Godean, salah satu produk fresh cut yang di jual yakni pepaya. Pepaya ini hanya dipotong secara Horizontal, dimana dalam satu buah utuh dibelah menjadi 2 bagian tanpa menghilangkan biji dan kulitnya lalu dibungkus dengan plastik wrap. Buah pepaya potong ini di display bersama dengan pepaya lainya dengan bagian bawah terdapat alas dengan lapisan seperti serat dari plastik yang bersifat lentur. Disamping buah pepaya, terdapat pula produk lain dimana diantara produk lain tersebut terdapat sekat dari plastik bening seperti kaca. Adapun warna diatas dispay tersebut berwarna putih. Pada buah pepaya tersebut terdapat label yang berisi kode, dan harga yaitu Rp. 12.635 namun tanggal kadaluarsa tidak dicantumkan. Pada tepi terluar buah pepaya, terlihat adanya sedikit luka hal tersebut dimungkinkan terjadi karena buah yang telah masak tersebut terbentur terlalu kuat saat konsumen meletakkan pada display. Namun produk tersebut masih dapat dikatakan layak dikonsumsi.

 

  • SEMANGKA MERAH

Dari hasil survey  yang kita dapatkan di tempat perbelanjaan mirota kampus yang berlokasi di jalan godean. Buah  potong semangka merah dikemas dengan mengunakan plastik wrapping dengan alasnya mengunakan plastik nampan, dimana plastik nampan yang digunakan disesuaikan dengan jumlah buah semangka yang akan dijual.  Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan akibat benturan antar buah potong. Bisa dilihat dalam satu plastik nampan berjumlah lima buah potongan semangka dengan posisi buah saling berdekatan dimana untuk mengurangi gesekan atau benturan. Pemotongan buah semangka merah berbentuk  segitiga, tujuannya untuk menarik pembeli dan memudahkan saat pengunaan plastik wrapping sebagai penutup. Penyimpanan buah potong semangka merah diletakkan pada pendingin dengan suhu yang telah ditentukan serta diberi pennyinaran dengan cahaya LED. Hal ini bertujuan untuk, memperpanjang umur simpan buah,  menarik pembeli, menjaga kerusakan karena secara kimia dan memudahkan pembeli dalam memilih. Selanjutnya buah semangka merah  potong dijual perpack/paket dengan haraga Rp. 5.900 rupiah. Jika dilihat dari penampakan fisik masih keadaan segar, sehingga layak untuk diperjual belikan. Kekurangan dari produk tersebut tidak dipasang  masa label kadaluarsa, sehingga  konsumen akan dirugikan bila mana produk tersebut tidak layak konsumsi.

 

  • SEMANGKA KUNING

Dari hasil survey yang telah dilakukan ditempat perbelanjaan mirota kampus yang berlokasi di jalan Godean, didapatkan buah potong semangka kuning yang telah dikupas kulitnya dan dikemas dalam plastik wrapping yang beralaskan nampan plastik dan disusun rapi, dimana nampan plastik berfungsi sebagai pelindung buah dari benturan maupun gesekan. Setiap wadah berisi 5 buah potong semangka. Semangka kuning dipotong berbentuk segitiga, yang bertujuan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Buah potong semangka kuning diletakan pada lemari pendigin yang telah diseuaikan suhunya dan menggunakan lampu LED. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan buah akibat aktivitas mikrobia maupun aktivitas fisika maupu kimiawi buah. Harga buah potong semangka kuning Rp.6.400,00/kemasan. Dilihat dari penampakan luar buah, buah tersebut layak untuk dikonsumsi, akan tetapi pada label kemasan tidak tertera tanggal kadaluwarsa produk.

 

  • MELON

Dari hasil survey yang kita dapatkan di tempat perbelanjaan mirota kampus yang berlokasi di godean. Buah melon yang dikemas dengan alas menggunakan wadah napan yang terbuat dari plastic lalu buah melon ditutup menggunakan plastik wrapping. Pemotongan buah melon ini dengan cara memotong menjadi beberapa bagian berbentuk horizontal/ memanjang seperti yang terdapat pada gambar. Penyimpanan buah melon ini ditempatkan pada kulkas dan disatukan dengan komoditas sayuran dan buah yang lain. Selanjutnya harga buah melon perpack yaitu Rp. 11.400 . Penampakan fisik pada buah masih terlihat segar. Kekuranganya pada label yang dipasang tidak terdapat masa kadaluarsa buah tersebut dan terlihat adanya sedikit luka  hal tersebut dimungkinkan terjadi karena buah tersebut terbentur terlalu kuat saat konsumen meletakkan pada display. Namun produk tersebut masih dapat dikatakan layak dikonsumsi.

 

 

 

  1. SAYURAN
  • Sayur asem

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan di pusat perbelanjaan mirota kampus yang berlokasi di godean. Didapatkan contoh produk fresh cut berupa berbagai macam produk sayuran yang dikemas dalam satu kemasan. Pada kemasan tersebut terdapat jenis sayur berupa 2 potong jagung, beberapa lembar daun melinjo, potongan-potongan kacang panjang, satu genggam kacang tanah yang telah dibuang kulitnya dan satu saset bumbu racik instan. Pengemasan dilakukan dengan menggunakan nampan plastik pada bagian bawah yang kemudian diberi penutup berupa plastik wrapping. Tujuan dari produk tersebut adalah untuk menyediakan kepada konsumen  berupa komposisi sayur yang dimaksudkan untuk dapat diolah menjadi menu sayur asem sehingga memberikan kenyamanan pada konsumen. Pada produk tersebut telah dibersihkan dari kulit maupun bahan yang tidak dapat konsumsi sehingga produk tersebut 100 persen dapat langsung digunakan ataupun diolah. Penyimpanan sayuran tersebut ditempatkan pada rak-rak yang dapat dijangkau yang diberi pendingin, sehingga produk lebih awet dan konsumen dapat mengambilnya dengan mudah. Pada kemasan juga terdapat label harga. Harga yang ditawarkan dari produk tersebut yaitu Rp. 8.200,00,-.

 

  • KUBIS

Produk freshcut yang terdapat pada Mirota Kampus Godean selanjutnya yaitu Kubis. Kubis ini dipotong menjadi dua bagian, menghilangkan bagian daun yang buruk lalu membungkusnya dengan kertas wrap. Pada produk ini terdapat label berwarna putih dengan memberikan keterangan harga yaitu Rp. 5000 namun tidak tertera tanggal kadaluarsanya. Produk fresh cut kubis ini memiliki penampakan yang masih segar. Kubis potong ini di dispay di dalam keranjang plastik degan lapisan bawah kardus dimana penyusunan labu potong ini ditumpuk secara acak.

 

 

 

 

 

 

  • KANGKUNG

Produk yang di pasarkan selanjutnya yaitu sayur kangkung potong. Kangkung segar tersebut di potong dengan memisahkan bagian batang yang keras dan hanya menyisakan sebagian batang dan daun segarnya saja. Kangkung potong ini di kemas dengan menggunakan wadah nampan kecil  dimana selain dalam nampan dan sayur tersebut, terdapat pula bumbu siap saji dan di kemas menggunakan plastik wrap secara rapat tanpa da udara yang dapat masuk. Dalam plastik tersebut, terdapat pula kabel dengan hanya menyebutkan harga yaitu Rp. 7.303 tanpa menyebutkan masa kadaluarsa dari produk kangkung segar tersebut. produk tersebut di display dalam rak dimana diatasnya terdapat cahaya dari lampu dengan warna putih. Produk ini diletakkan bersama kangkung potong , dan produk sayur lainnya tanpa ada sekat atau batasan antar produk lainnya.

Categories: Pertanian, Uncategorized

PROFIL AKU

Kian


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

UJI EFEKTIVITAS KOMP

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMP

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...

UJI EFEKTIVITAS KOMPOS KULIT PISANG SEBAGAI SUMBER KALIUM PADA TANAMAN ...