Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro

Blognya keluarga mahasiswa teknik elektro UMY.

Program Kerja KMTE UMY

Posted by abdi3rwin 0 Comment

PROGRAM KERJA

  1. DIVISI ASPIRASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (AKM)
    1. Bank Soal

Dokumentasi soal-soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Teknis Pelaksaannya teridiri dari pembagian soal ujian tahun sebelumnya disertai dengan pembahasan yang dibimbing oleh mahasiswa Teknik Elektro UMY yang berada satu tingkat diatasnya beberapa saat sebelum ujian dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan antara mahasiswa dengan pemateri..

    1. Beasiswa

Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa Teknik Elektro yang terkendala dana akademis. KMTE berperan tidak sebagai penyandang dana melainkan sebagai mediator baik itu pemberi informasi beasiswa teraktual atau mediator antara mahasiswa dengan pendonatur.

    1. Buka Puasa Bareng

Kegiatan ini ditujukan untuk mempererat tali silaturahim antar mahasiswa baik mahasiswa baru dan lama dengan dosen-dosen dan segenap civitas akademik di tingkat Fakultas dan Jurusan Teknik Elektro. Acara ini dilaksanakan di bulan Ramadhan dengan rangkaian acara yang sangat menarik, mulai dari Seminar Motivasi Berbahasa Asing dan Motivasi akademik, diikuti acara bercenkrama dengan dosen dan mahasiswa angkatan atas, ditutup dengan berbuka bersama.

    1. Dialog Jurusan

Dialog jurusan merupakan forum terbuka antara mahasiswa dengan seluruh civitas akademik tingkat jurusan membahas permasalah mahasiswa berkenaan dengan kebijakan Jurusan dan permasalahan-permasalahan akademik sehingga menghasilkan sebuah solusi bersama. Forum ini dilaksanakan secara rutin selama satu semester sekali dan beberapa kali selama itu diperlukan.

    1. Electro Cup

Program ini merupakan program yang sudah dilaksanakan selama bertahun-tahuan untuk mempererta tali silaturahim antar ankatan melalui turnamen olah raga, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan budaya hidup sehat bagi mahasiswa serta terciptanya suasana kekeluargaan antar angkatan.

    1. Kotak Aspirasi

Program ini merupakan program pengadaan prasarana aspirasi mahasiswa berupa kotak aspirasi. Karena kami pandang ini sangat penting bagi mahasiswa baik itu menyampaikan aspirasi tentang program KMTE itu sendiri atau sesuatu yang berkenaan dengan kebijakan Jurusan. Adapun rencana desain dan dimensi sarana aspirasi ini terlampir.

    1. E-Magz (Majalah Dinding)

E-Magz merupakan sarana informasi baik itu informasi yang dikeluarkan KMTE, Jurusan, Lab Elektro dan issu-issu sekitar keteknik elektro-an. E-Magz ini berada pada kepengurusan khusus dari kalangan mahasiswa yang berkompeten dibidang jurnalistik sebagai tim redaksinya. Sehingga nantinya diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang pandai menulis dan selanjutnya mampu menerbitkan sebuah majalah mini versi teknik elektro UMY.

    1. Santunan Musibah

Program ini menjadikan KMTE sebagai informer dan mediator untuk membantu mahasiswa yang sedang terkena musibah dengan menarik sumbangan dari seluruh mahasiswa elektro dengan seka rela.

    1. Silaturahim Dengan Alumni Elektro

Program ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antara alumni dengan mahasiswa, sehingga diharapkan nantinya alumni Teknik Elektro UMY dapat membagi pengalaman dan motivasi serta informasi dunia kerja kepada mahasiswa Teknik Elektro UMY.

    1. Kongres Tahunan

Ini merupakan program penutup dari seluruh rangkaian program kerja KMTE UMY sebagai penutup periode kepengurusan. Dalam Kongres dilakasanakan evaluasi kerja dan laporan pertanggungjawaban pengurus KMTE UMY periode terkait, dilanjutkan dengan pemilihan ketua KMTE UMY periode selanjutnya.

  1. DIVISI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (KOMTEKINFO)
    1. Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa Teknik Elektro dengan ilmu yang sedang digalinya dijurusan teknik elektro dengan melakukan kunjungan langsung ke industri kelistrikan atau industri yang berkaitan dengan keteknik elektroan. Mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan ilmu dan pengalaman nyata, serta diharapkan nantinya dapat mewujudkan hubungan antara jurusan teknik elektro dengan industri terkait.

    1. Pendelegasian FKHMEI

FKHMEI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia) merupakan forum komunikasi terbesar antar KMTE se Indonesia dan KMTE UMY sudah terdaftar didalamnya. Terdaftarnya KMTE mengindikasikan bahwa KMTE UMY sudah diakui eksistensinya, sehingga kami memandang perlu untuk terus menjalin hubungan ini dengan mendelegasikan beberapa pengurus KMTE UMY dalam agenda-agenda pertemuan yang diadakan oleh pihak FKHMEI.

    1. Seminar Nasional

Seminar Nasional merupakan program KMTE UMY yang bertujuan untuk memberikan wawasan tematik yang aktual kepada mahasiswa dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya. KMTE berharap dengan adanya seminar nasiona ini, bisa mengispirasi mahasiswa untuk berkarya cipta dibidang teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

    1. WEB KMTE UMY

Program ini bertujuan untuk menjadi sarana sosialisasi seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan di Jurusan teknik Elektro, sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi sarana promosi jurusan. Dilain pihak, keberdaan web ini diharapkan akan menjadi forum komunikasi anatara mahasiswa dan alumni Teknik Elektro UMY serta menjadi sarana bagi mahasiswa untuk berpacu dibidang jusnlistik .

  1. DIVISI WORKSHOP
    1. Lomba Robot Line Follower Tingkat SMA Se-DIY.

Lomba ini merupakan sarana kompetisi sekaligus motivasi untuk siswa SMA dan SMK untuk mengasah keterampilan dibidang robotika. Kompetisi ini didukung oleh jurusan Teknik Elektro sebagai sarana promosi Jurusan Teknik Elektro, sehingga diharapkan nantinya, setidaknya peserta kompetisi dapat melanjutkan kuliahnya di jurusan Teknik Elektro UMY.

    1. Pelatihan Mikro Kontroller Tingkat SMA/SMKdan Universitas Se-DIY.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan mikrokontroller kepada siswa SMA/SMK dan mahasiswa terutama yang berkaitan dengan robot line follower. Setelah peserta pelatihan berhasil mengaplikasikan hasil dari pelatihan ini atau bahkan mengambangkannya, mereka siap untuk masuk ketingkat kompetisi robot line follower.

    1. Pelatihan WEB (Mahasiswa UMY)

Pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa, terutama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pelatihan ini memungkinkan pesertanya dapat menmabah wawasan keilmuan nya terutama dalam bidang web sehingga berkemapuan untuk membuat, dan menjadi administrator web yang mereka miliki sendiri atau milik orang atau lembaga lain.

    1. Pelatihan Basis Data (Mahasiswa Elektro UMY)

Pelatihan ini bertujauan untuk menambah wawasan mahasiswa teknik elektro UMY dalam penggunaan software-software yang berkaitan dengan basis data seperti MySQL, ESLite, dan Ms Access.

    1. Optimalisasi Klub Elektro.

Optimalisasi disini adalah memberdayakan mahasiswa tingkat atas atau mahasiswa yang berkompeten pada bidang tertentu dalam klub elektro, mengkoordinasikannya dan selanjutnya memantau keatifannya.

Categories: Program Kerja

PROFIL AKU

abdi3rwin


Popular Posts

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

Struktur KMTE UMY 20

SUSUNAN KEPENGURUSAN KELUARGA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PERIODE 2010-2011

Kontak KMTE UMY

Alamat KMTE UMY: Gedung F4 Dasar Kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jl. ...

Program Kerja KMTE U

PROGRAM KERJA DIVISI ASPIRASI DAN KESEJAHTERAAN MAHASISWA (AKM) Bank Soal Dokumentasi soal-soal ...

Pengumuman

Sehubungan akan dilaksanakannya program KMTE yaitu lomba Line Follower, disusul ...