Komunitas Syariah Akuntansi

Mempererat Dalam Lingkaran Ukhuwah Islamiyah

Kesan Bank Syariah Harus Diubah

Posted by Komunitas Syariah 208 Comments

SOLO, KOMPAS.com — Kesan “berat” terhadap bank syariah harus diubah. Di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, pertumbuhan bank syariah di Indonesia dinilai masih sangat kecil.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, mengubah kesan “berat” bank syariah merupakan pekerjaan rumah bagi kalangan perbankan syariah. Menurutnya, bank syariah dapat memulai mengubah kesannya lebih ramah dengan menggunakan istilah-istilah yang mudah dipahami.

“Istilah murabahah, mudharabah, bisa dicarikan padanan katanya yang lebih mudah dimengerti oleh masyarakat luas,” kata Din usai peresmian pembukaan kantor cabang Bank Syariah Bukopin di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2011) sore.

Pemimpin Kantor Bank Indonesia Solo Doni P Joewono mengatakan, perbankan syariah juga harus menginovasi produk-produknya agar tidak kalah menarik dibanding produk bank konvensional. Menurutnya, bank syariah memiliki sejumlah keunggulan, antara lain mempunyai rambu-rambu khusus dalam mengatur keuangan dan sektor riil sehingga tidak spekulatif dan memperkecil keterpisahan antara faktor resiko dan imbal beli.

“Yang harus digaungkan adalah bahwa syariah ini adalah sistem ekonomi yang rahmatan lilalamin, rahmat bagi semua. Kalau pakai istilah yang terlalu berat, barangkali orang jadi takut duluan mau ke bank syariah,” kata Doni.

Direktur Utama Bank Bukopin Glen Glenardi mengungkapkan, pertumbuhan bank syariah di Malaysia bisa mencapai 20-30 persen setiap tahun. Sementara di Indonesia, pertumbuhannya kurang lebih 5 persen per tahun. “Potensi bank syariah yang bisa digarap masih sangat besar,” ungkap Glen

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Komunitas Syariah


Popular Posts

Apa Itu Reksa Dana S

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir ini perkembangan dunia pasar modal ...

MANAJEMEN RESIKO BAN

Ada beberapa alasan mengapa manajemen resiko harus diterapkan di perbankan ...

Perlukah Zakat atas

Tanya: Jika saya menabung dan menyimpan keseluruhan penghasilan saya di ...

Investasi Syariah Be

Jakarta, Kompas - Pilihan investasi di Indonesia kini semakin bervariasi, ...

"Bank Syariah Lebih

Kinerja bank syariah saat ini menunjukkan perkembangan signifikan, bahkan bisa ...