25 June 2022

KARAKTER IDEAL SEORANG MUSLIM TERBAIK DAN CARA UNTUK MERAIHNYA

Vector colorful illustration of arab family in national clothes
  1. Memahami islam secara syumuliyah.
Syumuliyah artinya menyeluruh. Cara kita agar memahami islam secara menyeluruh atau syumuliyah adalah dengan cara mengikuti kajian-kajian Al_Quran atau tahsin sehingga kita akan tahu islam itu seperti apa dan bagaimana. Tidak hanya Al-Quran, kita juga harus mempelajari hadis dan sunnah rasul. Selain di kajian-kajian kita juga dapat mempelajari Al-Quran maupun hadis dan sunnah secara otodidak, misalnya melalui buku bacaan, internet, dan lain sebagainya. Memahami islam secara kaffah (menyeluruh) dan syamil (sempurna) akan mampu melakukan perubahan secara baik, terarah, dan berkualitas. Selain itu juga akan menjadikan dan memposisikan kembali islam hadir menjadi rahmat bagi alam ini.
  1. Memahami Al-Quran.
Caranya dengan mempelajari tafsiran Al-Quran, memahaminya, dan membacanya. Boleh secara otodidak lewat buku, internet, Al-Quran tafsiran dan lain sebagainya. Bisa juga mengikuti kajian-kajian atau ceramah serta mempelajari tahsin, tafhim serta bertanya langsung kepada yang ahli agar kita lebih mengerti.
  1. Berkepribadian Menarik.
Maksudnya adalah orang memiliki akhlak yang baik. Seperti halnya rasulullah yang diperlakukan tidak baik oleh orang Yahudi, namun dibalas oleh rasulullah dengan memperlakukan orang yahudi tersebut dengan baik, sehingga orang yahudi tersebut masuk islam. Dari contoh tersebut kita dapat meniru rasulullah dengan cara membalas keburukan dengan kebaikan, memelihara kejujuran dan memperbaiki akhlak kita menjadi lebih baik lagi.
  1. Menjadi pribadi yang membuat orang lain selamat dari gangguan, kejahatan lisan dan lainnya.
Caranya dengan mengingat orang lain tentang bahaya atau resiko yang akan didapat ketika melakukan sebuah kejahatan. Namun kita sendiri juga harus menjaga diri sendiri dari perbuatan yang tidak baik. Karakter ini bertujuan untuk agar kita mampu menjaga lisan, mempu menahan diri dan perbuatan untuk tidak menyakiti orang lain, tidak mendzolimi serta tidak menganiaya makhluk ciptaannya.
  1. Pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.
Dengan cara menolong orang lain atau makhluk Allah yang sedang sedang kesusahan tanpa pandang bulu dan tanpa pamrih.
  1. Orang yang mampu menegakkan amar ma’ruf nahi munkar.
Caranya dengan setiap hari sedekah jika mampu atau jka tidak mampu bisa juga seminggu sekali sedekah namun konsisten walaupun sedikit, menyantuni anak yatim, serta melaksanakan apa yang diperintahakan oleh Allah dan menjauhi larangannya.
  1. Manusia yang panjang umur dan amalnya semakin baik.
Semakin bertambahnya umur kita, amal kita harus semakin baik dengan cara misalnya rajin bersedekah dan melaksanakan salat sunnah dan menambah rakaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Lewat ke baris perkakas