AreizHiugan world

membuka dunia dengan membaca

Mari Menulis

Posted by Areiz Hiugan 0 Comment

Menulis atau mengarang merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa. Menurut Rusyana (1988 : 191) menulis merupakan kemampuan menggunakan pola-pola bahasa secara tertulis untuk mengungkapkan  suatu gagasan atau pesan. Menulis atau mengarang adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat dipahami pembaca.

Kita mempunyai suatu keyakinan yang telah membudaya, yang mungkin diturunkan dari orang tua kiat dahulu bahwa belajar haruslah giat dan agak tidak menyenangkan. Memandangi barisan anak-anak yang dengan muram berusaha menulis karangan analitis yang terstruktur ketat sembari mengangan-angankan berada di luar, di lapangan sepak bola memberi kita perasaan menyenangkan, puas, dan sok suci, khas orang dewasa, bahwa kita sedang mendidik anak-anak kita dengan baik. Namun, sebenarnya tidak, kalua sebuah tim sepak bola berisi pemain yang membenci dan takut pada permainan itu, jelas akan kecil peluang untuk menang. Nah, demikian pula, anak-anak yang membenci dan takut pada kegiatan menulis atau mengarang akan kecil kemungkinannya mereka untuk bia menulis atau mengarang dengan baik. (Mary : 2002, 19). Maka disinilah peran seorang pendidik untuk selalu meberikan motivasi dan dorongan kepada  anak didiknya sehingga mereka senang dengan kegiatan karang mengarang, baik yang diadakan setiap satu minggu sekali atau pada program mengarang harian. Sehingga dengan ini akan tercapai tujuan pendidikan yang kita idam-idamkan.

Menurut Sukmadinata (dalam Nata, 2001 : 193)  mengatakan bahwa, keberhasilan proses pendidikan akan lebih banyak bergantung pada sejauh mana masing-masing komponen bekerja sama dan berdaya guna semaksimal mungkin demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tujuan pendidikan adalah sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau sekelompok orang yang melaksanakan pendidikan. Noor Syam (1986 : 144) dalam bukunya mengatakan bahwa secara umum tujuan pendidikan ialah kematangan dan integritas pribadi.

Menurut Mary Leonhardt keberhasilan disemua bidang pada masa kini jauh lebih bergantung pada kemampuan menulis dari pada dahulu. Pada zaman Email ini siapa pula yang mempunyai sekretaris pribadi untuk menelpon, menuliskan pesan, dan mngetik semua surat menyurat ? arau untuk menuliskan pernyataan misi, rencana jangka panjang, atau artikel profosional. Pengarang atau penulis  handal tidak bias hanya melakukan jenis penulisan seperti ini dengan satu tangan terikat kebelakang, sebelum sarapan,   tetapi tulisan mereka akan lebih jelas terfokus, lebih menarik dan jauh mungkin lebih menimbulkan pengaruh. (Mary : 2002, 27)

Orang-orang yang memilki mental pemenang selalu berusha untuk lebih dari pada sebelumnya. Artinya berusaha lebih baik, bukan disbanding dengan orang lain melainkan disbanding dengan diri sendiri, jika merasa lebih baik dari pada orang lain maka akan segera mengubur kehebatannya ke jurang yang paling dalam. Berusaha untuk selalu lebih baik dari pada sebelumnya akan membuatnya menjadi a few good ones (sekelompok kecil penulis yang terbaik). (Adhim : 2004, 44)

Mengemukakan gagasan secara tertulis tidaklah mudah. Disamping dituntut kemampuan berpikir yang memadai, juga dituntut dengan berbagai aspek terkait lainnya. Misalnya penguasaan materi tulisan, pngetahuan bahasa, motivasi yang kuat dan lain-lain. Mengacu pada pemikiran tersebut, jelaslah bahwa menulis bukan hanya sekedar menuliskan apa yang diucapkan (membahasatuliskan bahasa lisan), tetapi merupakan suatu kegiatan yang terorganisir sedemikian rupa sehingga terjadi suatu tindak komonikasi (antar penulis dengan pembaca). Bila apa yang dimaksudkan oleh penulis sama dengan yang imaksudkan oleh pembaca, maka seseorang dapat dikatakan telah terampil menulis atau mengarang. (Mary : 2002, 31)

Categories: Article

PROFIL AKU

Areiz Hiugan


Popular Posts

Bismillah

Dulu ibuku pernah bercerita tentang lafal bismillah yang katanya bisa ...

Gambar Bertulisan "K

ADAKAH suatu tempat, di dunia, di mana tangis mengalun lirih, ...

The Existence Of Rel

In the Islamic tradition, Moslem believed that text is not ...

Berkompetisi untuk k

Apa yang harus diluruskan dalam kompetisi politik yang dilakukan oleh ...

Alasan Hakiki di Bal

Kota suci Jerusalem yang mulia dan beberapa tempat suci umat ...