Laras Nurpanjawi

Just another Blog UMY site

Pembuatan press release (siaran pers) salah satu pekerjaan yang seringkali tidak dilakukan secara baik oleh pelaku bisnis atau praktisi startup.

Walau sebenarnya tayangan wartawan cukup penting untuk bikin produkmu diketahui oleh publik. Pendekatan awal kepada media biasanya berawal dari tayangan wartawan.

Perusahaan besar biasanya mempunyai seksi tertentu untuk mengatasi jalinan dengan faksi luar, atau memberikan kepentingan press release kepada pihak ketiga.

Tetapi jika kamu pemilik perusahaan kecil atau startup, sebaiknya kamu memerhatikan beberapa kiat di bawah supaya kamu dapat membuat press release yang baik sendiri.

 

Prinsip Penerbitan Press Release

Sebelum masuk di beberapa kiat tulisan dengan cara detil, sebaiknya kamu pahami lebih dulu sudut pandang media saat pilih berita.

Terapkan tiga prinsip ini untuk tingkatkan kemungkinan press release (tayangan wartawan) buatanmu diterbitkan oleh media.

 

Signifikan atau unik

Faktor penting dari satu kabar ialah content kabar tersebut. Media ingin kabar menarik yang dapat datangkan pembaca, serta menjadi menarik, satu kabar harus mencolok dibanding beberapa ratus serta beberapa ribu kabar lain sehari-harinya.

Contohnya peristiwa yang berefek pada beberapa orang, atau peristiwa yang membuat seseorang ingin tahu ingin ketahui selanjutnya.

Saat kamu membuat tayangan wartawan, coba posisikan diri kamu untuk pembaca, lantas tanyakanlah pada diri kita, “Jika saya lihat kabar ini, apa saya akan membacanya?”.

Tayangan wartawan berisi pengembangan, permodalan, acara besar, serta milestone perusahaan semakin lebih disukai dibanding sebatas pernyataan jika aplikasi milikmu mendapatkan update kecil.

 

Relevan dengan pembaca

Tiap media yang telah mempunyai audience biasanya mempunyai konsentrasi bagian yang sesuai audience itu. Kirimkan tayangan wartawan di media yang mempunyai konsentrasi bagian sesuai produkmu supaya kabar itu bertambah pas diangkat untuk artikel.

Pada prakteknya, banyak pula tayangan wartawan yang dikirim lewat e-mail blast ke sebanyak-banyaknya media tanpa ada memerhatikan kaitannya. Langkah semacam ini telah wajar serta bisa diaplikasikan, tetapi semakin lebih baik jika kamu menyampaikan pesan yang bertambah personal serta terkustomisasi.

 

Memberikan nilai tambah

Saat menulis tayangan wartawan, arahmu sudah pasti jelas, yakni mempromokan produk atau perusahaanmu. Tetapi kamu harus berhati-hati supaya bahasa yang kamu pakai tidak “ngiklan” (hard sell). Walau kamu semangat ingin penjuru dunia tahu begitu kerennya feature dalam produkmu, masih tahan diri sebab tayangan wartawan bukan slot iklan.

Dibanding terdiam membesarkan hati produk, gantilah konsentrasi penulisanmu bertambah lebih memprioritaskan pembaca. Apa faedah produkmu untuk pembaca? Apa produkmu dapat mengganti hidup beberapa orang? Kenapa pembaca perlu produkmu? Kabar yang berguna buat pembaca ialah kabar yang menarik untuk diedarkan.

 

Teknis Pengerjaan Artikel Press Release

Sesudah pahami kabar semacam apa yang disenangi media, selanjutnya kamu harus pikirkan tehnis tulisan jasa press release tersebut. Dengan singkat, saat kamu menulis tayangan wartawan, anggaplah jika kamu sedang membuat artikel.

 

Buat tulisan yang layak copy paste

Anggaplah jika hasil akhir tulisanmu itu yang nanti akan diedarkan, tanpa ada perkembangan sedikit juga. Memang tidak semua melakukan, tetapi ada media yang mengeluarkan tayangan wartawan langsung copy paste dari teks sumbernya. Jadi tekankan content tulisanmu siap keluar, komplet dengan judul yang padat serta mengundang perhatian.

Dengan membuat tayangan wartawan yang siap keluar, kamu dapat juga memakainya untuk bahan artikel di situsmu sendiri. Lempar satu batu, terkena dua burung.

 

Hemat slogan serta kata sifat

Gampang sekali untuk terjerat pada beberapa kata karakter positif saat kita mempromokan produk. Kita ingin warga tahu jika produk kita “bagus”, “inovatif”, dan lain-lain. Tetapi kebanyakan kata karakter akan membuat press release jadi begitu hard sell.

Lebih bagus jauhi kata karakter, tetapi pakai bukti, data, serta angka untuk memperlihatkan kualitas yang kamu punya. Media benar-benar menyenangi beberapa angka.

Pemakaian slogan kebanyakan dapat juga mempersulit pembaca. Jika kamu membidik audience yang detil, jargon-jargon itu kemungkinan telah umum. Tetapi untuk pembaca pemula, kebanyakan arti dapat mempersulit. Serta di masalah yang kronis dapat juga mempersulit jurnalis yang membaca tayangan wartawan milikmu.

 

Gunakan pernyataan langsung

Pengakuan langsung ialah hal yang opsional, tetapi dapat membuat kabar berasa bertambah memiliki bobot serta dapat dipercaya. Ditambah lagi jika pengakuan itu dikeluarkan oleh profil penting yang banyak diketahui warga. Walau cuma satu atau dua kalimat, sempatkanlah minta petinggi utama di perusahaanmu untuk bikin pengakuan dalam tayangan wartawan.

 

Mudahkan akses multimedia

Sediakan materi multimedia bukan satu keharusan. Lagi juga tidak semua media memberikan gambar atau video di artikel kabarnya. Tetapi ini dapat benar-benar menolong untuk percepat publikasi tayangan wartawan milikmu.

 

Sediakan gambar siap gunakan

Masukkan gambar dengan resolusi yang lumayan tinggi di tayangan wartawan, tetapi tidak terlalu berlebih. Kecepatan loading satu situs punya pengaruh besar pada kenyamanan pembaca, jadi jika kamu kirim gambar begitu besar, jurnalis harus menyempatkan diri untuk memperkecil atau mengompresnya. Kebalikannya, jika begitu kecil atau kabur, gambarmu tidak dapat digunakan.

Gambar dengan resolusi 720p atau 1080p serta aspect ratio 16:9 ialah ukuran yang bagus. Gambar dengan tujuan vertikal sebenarnya kurang baik, tetapi susah dijauhi (screenshot aplikasi handphone umumnya vertikal). Jadi upayakan saja supaya ukuran vertikalnya tidak panjang.

 

Beri akses cepat ke video

Kamu punyai dua pilihan dalam akses video: mengikutkan link ke video YouTube, atau memberikan akses ke Dropbox/Google Drive berisi file video yang dapat didownload oleh media. Pendapat saya, kerjakan kedua-duanya.

Pada umumnya, link YouTube ialah praktek yang lebih bagus serta efisien.

Tetapi beberapa media senang lakukan reupload video ke kanal YouTube punya mereka sendiri. Disamping itu, dengan bertambahnya populeritas video Facebook, media sekarang berlomba membuat content di basis itu.

Terdapatnya file video dapat menolong media untuk menyediakan beritamu berbentuk yang bertambah bebas serta kreatif. Sama dengan gambar, jangan memberikan video begitu besar. Resolusi 720p atau 1080p serta 60 FPS cukup bagus.

Categories: Uncategorized