Laras Nurpanjawi

Just another Blog UMY site

Beberapa hewan dan tumbuhan mempunyai kekhasan tertentu. Kekhasan itu tercipta sebab hewan dan tumbuhan menyesuaikan dengan lingkungannya. Arah hewan dan tumbuhan menyesuaikan dengan lingkungannya ialah untuk tetap bertahan hidup.

Di bawah ini akan kami bahas beberapa tanda spesial yang ada pada beberapa hewan dan tumbuhan yang menjadi soal penilaian harian tema SD dalam pelajaran IPA. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini:

 

Perekat pada Kaki Cecak dan Tokek

Coba perhatikan cecak dan tokek yang bisa berjalan pada dinding, sudah pernahkah kalian memikir kenapa cecak dan tokek tidak jatuh? Pada kaki cecak dan tokek ada guratan-guratan. Di guratan-guratan kaki cecak dan tokek ada bulu-bulu yang berperan selaku perekat. Wujud telapak kaki itu yang membuat cecak dan tokek bisa merayap di dinding tanpa ada jatuh.

 

Ekolokasi Gema pada Kelelawar

Kelelawar tidak mempunyai pandangan yang tajam. Mereka keluarkan bunyi berfrekuensi tinggi dari mulut dan hidungnya. Bunyi yang dikeluarkannya berperan untuk mengenal segala hal disekelilingnya.

Bunyi yang dikeluarkan akan berkenaan benda atau suatu hal disekelilingnya selanjutnya suara refleksinya akan diamankan oleh telinga kelelawar dan ditranslate selaku benda. Langkah kalelawar itu disebutkan ekolokasi gema.

 

Punuk Unta

Unta ialah hewan padang pasir. Unta mampu tidak makan dan tidak minum sepanjang beberapa hari. Unta mempunyai punuk, punuk unta itu yang mengakibatkan unta bisa bertahan beberapa hari tanpa ada minum dan makan. Punuk unta terbagi dalam susunan lemak. Punuk unta berperan selaku tempat cadangan makanan.

Kecuali punuk, unta mempunyai ciri-ciri spesial yakni bulu mata. Bulu mata unta berperan membuat perlindungan mata unta dari pasir yang berterbangan di gurun. Oleh karena itu bulu mata unta panjang-panjang.

 

Selaput pada Kaki Bebek

Bebek adalah hewan unggas yang bisa berenang. Bebek memakai kakinya untuk berenang. Antara jari-jari kaki bebek ada selaput hingga kaki-kaki bebek bisa berperan selaku dayung waktu berenang. Dengan begitu, bebek bisa berenang secara cepat.

Bebek mempunyai bulu-bulu yang memiliki kandungan susunan minyak. Susunan minyak pada bulu-bulu bebek berperan supaya bebek tidak basah kuyup waktu berenang dan bulu-bulu yang memiliki kandungan minyak tersebut yang menolong bebek bisa mengapung di air.

 

Daun Penjebak pada Tumbuhan Insektivora

Tumbuhan pemangsa hewan disebutkan insektivora. Arah tumbuhan memakan hewan untuk memperoleh nitrogen. Tumbuhan insektivora mempunyai kelenjar yang keluarkan cairan lekat.

Cairan lekat itu berperan untuk menangkap dan mengolah mangsanya. Beberapa Tumbuhan insektivora yang ada disekitar kita ialah

 

Venus Flytrap

Venus flytrap mempunyai kantung yang bisa tutup bila daunnya terjamah oleh serangga, hingga serangga terjerat di dalamnya amatilah.

 

Batang Penyimpan Air pada Kaktus

Kaktus ialah tumbuhan yang hidup di wilayah gurun dan kering. Kaktus bisa simpan air selaku cadangan lewat tangkai dan akar. Air yang diserap oleh tangkai dan akar kaktus selanjutnya tersimpan dalam tangkai. Kulit tangkai kaktus yang tebal. Kulit tangkai kaktus yang tebal berperan untuk kurangi evaporasi cairan. Disamping itu, untuk kurangi evaporasi kaktus mempunyai daun yang kecil seperti duri.

 

Akar Nafas pada Pohon Bakau

Pohon bakau tumbuhan darat yang tumbuh di pesisir pantai. Pohon bakau bisa tumbuh di air asin, akar pohon bakau mempunyai tumbuh di lumpur yang miskin oksigen. Oleh karenanya, pohon bakau mempunyai mekanisme perakaran spesial.

Wujud akar pohon bakau menyembul ke atas air yang disebutkan pneumatofora atau akar napas. Akar napas ini sanggup meresap oksigen dari udara, selanjutnya diteruskan ke sisi tumbuhan lainnya.

Categories: Serba-Serbi