Laras Nurpanjawi

Just another Blog UMY site

Kendaraan roda empat banyak memiliki feature hebat yang memberinya kenyamanan untuk sopir dan penumpang. Beberapa salah satunya tidak diakui kehadirannya, tetapi sangat penting untuk kelangsungan perform dari mobil. Satu diantaranya Air Conditioner (AC) yang diperlengkapi dengan beberapa elemen, seperti compressor dan blower AC mobil.

Langkah kerja blower AC serupa dengan kipas angin. Namun, status blower ada dalam dasbor yang perawatannya cukup susah. Blower AC sebagai kipas yang mengisap udara luar supaya udara dalam kabin bersirkulasi secara baik. Beberapa masalah yang umum terjadi pada elemen satu ini yakni blower mobil mati. Apa pemicunya? Berikut pembahasan mengenai blower mobil dan langkah kerjanya dari bengkel mobil terpercaya.

 

Pengertian Double Blower AC Mobil

Blower AC berfungsi untuk mengisap udara disekitaran blower. Udara itu diembuskan ke kabin lewat sirip-sirip evaporator. Udara dari blower itu bisa melepas panas ke sisi freon yang mempunyai temperatur lebih rendah. Udara berikut yang membuat kabin berasa lebih sejuk dan dingin. Blower mobil berupa motor dinamo dan mempunyai daun kipas, serupa kipas angin.

Tetapi, tidak seluruhnya mobil mempunyai udara yang serupa. Kadang ada yang terlampau dingin, terlampau panas. Ini tidak lain bergantung dari kecepatan ganda blower AC yang Anda mengatur. Anda dapat mengatur AC untuk tentukan berapa banyak udara yang masuk ke dalam kabin.

 

Penyebab AC Mobil Berisik

AC mobil dapat dipakai dengan konstan bila blower berperan secara baik. Tetapi, sudah tentu ada beberapa masalah yang bakal terjadi di bagian mekanisme AC mobil. Dimulai dari kotor yang menyebabkan ada tanda-tanda seperti suara gesekan sampai suara bising saat AC dihidupkan. Berikut sejumlah permasalahan pada AC mobil, terutamanya yang umum terjadi pada blower.

Permasalahan yang kerap dijumpai pada mekanisme AC yakni blower AC yang bising atau kedengar seperti suara gesekan. Suara itu diakibatkan oleh faktor-faktor, berikut di bawah ini.

 

Poros Blower Oblak

Pemicu suara bising pada blower bisa disebabkan kutub kipas blower oblak. Saat, kutub oblak, karena itu blower akan oleng saat berputar-putar. Mengakibatkan, frame terserang gesekan dan memunculkan bunyi (grek, grek, grek). Kutub oblak ini tidak karena hanya kutub blower aus, tetapi juga bushing atau rumah penahan kutub blower telah melebar. Bushing ini sebagai elemen yang dibuat berbahan plastik hingga gampang berbeda wujud.

 

Masuknya Benda Asing ke Blower

Bukan hanya udara saja, blower mengisap beberapa benda asing yang ada di sekelilingnya. Beberapa benda asing yang masuk yakni daun dan kertas. Benda itu bisa menjadi bahaya saat tertahan.

Mengakibatkan, AC mobil akan tinggalkan bunyi srek srek srek. Permasalahan ini akan ada bila mobil tidak diperlengkapi dengan filter AC. Bila mobil Anda tidak mempunyai filter AC, kerjakan perawatan teratur dengan buka blower dan bersihkan benda asing yang masuk.

 

Bearing Blower Aus

Bearing berupa cincin dan berperan untuk pastikan perputaran kipas blower licin dan tidak oblak. Bearing itu dari aluminium dan aman dari peralihan wujud dibanding bushing. Tetapi, logam yang sama-sama bersinggungan dalam waktu yang lama akan mengurangikan satu diantaranya. Mengakibatkan, bearing akan alami aus dan memunculkan suara gesekan.

 

Kotoran Pada Kipas Blower Akibat Debu

Tidak berbeda jauh dengan daun dan kertas, debu dapat menyebabkan blower tidak berperan optimal. Walau debu memiliki ukuran kecil, tetapi semakin lama akan terendap di atas evaporator dan antara kutub kipas. Pengendapan kiprah itu bisa memunculkan suara kasar.

 

Penyebab AC Mobil Mati Mendadak

Selainnya bising, ada masalah yang lain kerap serang blower AC. Masalah paling bikin rugi ialah blower mendadak mati. Berikut sejumlah pemicu AC mobil mati mendadak.

 

Relay pada Blower AC Mobil Rusak

Relay pada blower berperan untuk pisahkan pemakaian arus listrik memiliki daya besar (ke arah motor blower) dengan arus listrik daya kecil (sakelar blower). Pemakaian relay blower AC ini mempunyai tujuan supaya sakelar tidak cepat hancur karena daya yang besar. Saat blower tau-tau mati, bisa saja relay pada kondisi hancur.

 

Resistor Blower Putus

Putusnya resistor menjadi pemicu AC mobil mati tiba-tiba. Resistor sebagai formasi dari tahanan listrik, di mana kecil besarnya akan memengaruhi kecepatan pemutaran dari motor blower langsung.

 

Motor Blower Rusak

Motor blower yang berbentuk dinamo mempunyai beberapa bagian utama. Salah satunya yang paling riskan kerusakan ialah kumparan dan carbon crush yang habis atau alami jalinan pendek. Hal itu bisa mengakibatkan mesin tidak berperan.

 

Sekring Blower Putus

Blower mati tiba-tiba dapat disebabkan oleh sekring yang putus. Status sekring blower ada di kotak kerap dalam pada mesin. Umumnya sekring hancur karena alami konslet.

 

Bukan hanya sisi luar saja, perawatan teratur untuk mesin mobil penting. Khususnya kebersihan dari blower supaya mekanisme pendingin mobil berperan secara baik. Langkah perawatan blower AC mobil benar-benar gampang, apa lagi bila sudah diperlengkapi dengan filter AC.

Yakinkan selalu untuk buka sisi blower dan bersihkan kotoran dan debu yang berada di dalamnya. Bila terjadi kerusakan yang tidak dapat diatasi berdikari, langsung kontak bengkel keyakinan Anda. Tidak boleh nantikan hancur untuk menjaga kendaraan kecintaan.

Categories: Serba-Serbi