Laras Nurpanjawi

Just another Blog UMY site

Auto answer WhatsApp mempermudah beberapa bisnis saat lakukan kegiatan marketing dan sales. Lewat auto answer WhatsApp, konsumen setia bisa terima tanggapan atau balasan secara otomatis. Dengan bertambahnya waktu tanggapan pesan pada bisnis, kepuasan konsumen setia bertambah hingga bisa tingkatkan juga pemasaran pada bisnis Anda. Dalami cara membalas pesan memakai auto answer WhatsApp berikut:

  • Daftarkan bisnis Anda ke Facebook Business Manajer
  • Bermitra dengan Official Facebook Partner
  • Aktifkan satu nomor telepon
  • Melengkapi profile bisnis Anda
  • Masuk ke panel chat
  • Tentukan pilihan template pada Settings
  • Mengatur isi pesan auto answer WhatsApp
  • Kerjakan eksperimen pesan

Pengertian Auto Answer WhatsApp

Auto answer WhatsApp adalah feature yang ada pada WhatsApp Business yang berperan untuk menyampaikan pesan balasan secara otomatis. Luar biasanya kembali, pemakai WhatsApp Business auto reply bisa atur isi pesan balasan sesuai kerangka yang ditanya oleh pengirim pesan. Auto reply WhatsApp akan melanjutkan pesan ke agen layanan konsumen bila keyword yang dicari tidak sesuai yang sudah dipersiapkan awalnya.

Manfaat Menggunakan Auto Answer WhatsApp

Manfaat dari autoresponder WhatsApp ialah tingkatkan tanggapan pada pertanyaan konsumen setia yang mempunyai tujuan untuk memperoleh kepuasan konsumen setia. Sejumlah keuntungan yang lain dari auto answer WhatsApp ialah seperti berikut:

  • Dapat membalas pesan secara otomatis ke konsumen setia hingga konsumen setia tak perlu menanti balasan atau jawaban dalam waktu lama.
  • Mengirimkan respon atau info sama sesuai dengan yang ditanya oleh konsumen setia.
  • Menyimpan data konsumen setia dan pembicaraan yang terjadi di antara konsumen setia dan WhatsApp auto answer bot secara otomatis.
  • WhatsApp automated messages hasilkan ticket yang dibikin secara otomatis untuk pertanyaan atau keinginan yang lebih kompleks, untuk selanjutnya dilanjutkan ke team layanan konsumen agar disikapi secara cepat.
  • WhatsApp automatic reply menolong proses pemasaran karena ada auto tanggapan ke konsumen setia.
  • Pekerjaan untuk team marketing dan team sales bisa ditata dengan lebih bagus dan struktural lewat integratif dengan aplikasi CRM.
  • Tim marketing dan team sales dapat konsentrasi pada pekerjaan yang lain yang tidak bisa diatasi oleh autoresponder WhatsApp.
  • Menjamin keamanan pesan karena ada klarifikasi dan otentikasi pada pesan WhatsApp.

Cara Membalas Pesan Menggunakan Auto Answer WhatsApp

Sebetulnya, WhatsApp sudah lengkapi semua kelompok WhatsApp dengan feature autoresponder WhatsApp. Feature itu bisa diketemukan di bagian penataan WhatsApp individual (WhatsApp biasa) tetapi dengan kekuatan terbatas.

Berbeda hal dengan WhatsApp auto answer bot pada WhatsApp Business API yang lebih hebat hingga benar-benar pas untuk dipakai pada suatu bisnis. Anda bisa pelajari mengenai WhatsApp API di beberapa artikel kami awalnya. Saat ini kami akan menjelaskan cara membalas pesan memakai auto answer WhatsApp.

Daftarkan Bisnis Anda ke Facebook Business Manager

Anda harus lengkapi info berkaitan dengan bisnis Anda, misalnya:

  • Nama bisnis
  • URL website
  • E-mail bisnis
  • Document legal bisnis, misalnya: SIUP/NIB/NPWP

Disamping itu, bisnis Anda harus juga penuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh faksi WhatsApp.

Bermitra dengan Official Facebook Partner

Official Facebook Mitra, dalam masalah ini basis yang sediakan service Auto Answer WhatsApp atau WhatsApp API, merka akan mendaftar bisnis Anda ke faksi WhatsApp. Anda cuman dapat mendapat aplikasi ini lewat Official Facebook Mitra (tidak bisa didownload bebas seperti WhatsApp Business biasa).

Aktifkan Satu Nomor Telepon

Sesudah klarifikasi bisnis Anda disepakati, nomor bisnis Anda akan diaktifkan untuk WhatsApp Business API. Anda tidak bisa menukar nomornya dengan bebas. Oleh karenanya, pilih satu nomor yang Anda gemari menjadi nomor bisnis.

Lengkapi Profile Bisnis Anda

Isikan profile bisnis Anda dengan jelas dan lengkap. Ini bisa menolong prospect dan konsumen setia agar semakin mengenali bisnis Anda dan ketentuan bisnis yang Anda bikin, misalnya: hari dan jam operasional, ketetapan pemesanan, ketetapan retur, dan lain-lain.

Masuk Ke Panel Chat

Anda akan mendapat kredensial untuk lakukan login ke chat panel penyuplai service Auto Answer WhatsApp. Penampilan menu chat panel punya admin dan manager akan berlainan. Admin cuman segera dapat membalas pesan yang masuk, sedang manager dapat mengawasi pesan yang masuk dan lakukan beberapa penataan.

Pilih Opsi Template pada Settings

Pada tingkatan ini, Anda bisa masuk ke pilihan ‘Setting‘ di samping kiri, selanjutnya click pilihan ‘Chat‘ sama seperti yang kelihatan pada gambar. Dengan kontribusi team Qontak.com, Anda bisa membuat mekanisme WhatsApp automated messages, jam kerja, beragam template, dan tags dengan ringkas.

Atur Isi Pesan Auto Answer WhatsApp

Auto reply WhatsApp bisa ditata dalam menu seting di samping kiri, selanjutnya click pilihan chat. Anda bisa atur jawaban atau tanggapan apa yang ingin Anda beri untuk tiap pertanyaan atau keinginan yang dikirim konsumen setia ke account WhatsApp Business API Anda.

Lakukan Uji Coba Pesan

Saat sebelum menyampaikan pesan ke prospect atau konsumen setia Anda, semakin lebih bila Anda mengetes WhatsApp otomatis ini apa semua bisa berjalan baik

Anda kemungkinan mendapati aplikasi dengan peranan yang seperti Auto reply WhatsApp di Google Play Toko atau toko aplikasi yang lain. Tetapi auto answer WhatsApp yang sah dan aman cuman bisa didapat lewat Official Facebook Mitra sah WhatsApp.

Categories: Teknologi