Laras Nurpanjawi

Just another Blog UMY site

Teknologi yang sekarang ini berkembang dengan cepat sekali, memungkinkannya peralihan dan perkembangan yang lebih, mengakibatkan pemercepatan pergerakan peralihan, sampai pada akhirnya jadi eksponensial. Itu maknanya seorang tetap harus mengikuti tren teknologi baru supaya tidak terlindas oleh perubahan.

Memasuki tahun 2021, teknologi masih tetap jadi unggulan dalam segalanya. Berikut beebrapa tren teknologi terkini pada tahun 2021 yang kami kutip dari blog Jalkotku berikut ini.

 

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau Machine Learning sudah lakukan banyak dobrakan dalam dasawarsa paling akhir. AI masih tetap menjadi satu diantara tren teknologi baru karena dampaknya yang mencolok pada langkah kita hidup, bekerja, dan bermain cuman dalam tahapan awalnya.

AI telah dikenali karena kelebihannya dalam pengenalan gambar dan perkataan, program navigasi, pendamping individu smartphone, program share kendaraan, dan banyak.

Disamping itu, AI akan dipakai selanjutnya untuk menganalisa hubungan buat tentukan jaringan dan wacana yang memicu, untuk menolong meramalkan keinginan service seperti rumah sakit dan yang lain.

Peranan Itu wajib karena memungkinkannya faksi berkuasa untuk membikin keputusan yang lebih bagus mengenai pendayagunaan sumber daya, dan untuk mengetahui peralihan skema sikap konsumen setia dengan menganalisa data dalam kurun waktu dekat.

 

Otomatisasi Proses Robotik (RPA)

RPA ialah pemakaian piranti lunak untuk membuat otomatis proses usaha seperti menerjemahkan program, mengolah transaksi bisnis, tangani data, serta membalasnya e-mail. RPA membuat otomatis pekerjaan berulang-ulang yang umum dilaksanakan orang.

Walau Forrester Research memprediksi mekanisasi RPA akan memberikan ancaman mata pencarian 230 juta ataupun lebih karyawan berpengetahuan, RPA membuat tugas baru sekalian mengganti tugas yang ada.

McKinsey mendapati jika kurang dari 5 % tugas bisa seutuhnya diotomatiskan, tapi sekitaran 60 % bisa diotomatisasi beberapa. Untuk seroang professional TI yang menyaksikan ke masa datang dan coba pahami tren teknologi baru, RPA tawarkan banyak kesempatan profesi, terhitung pengembang, manager project, riset usaha, arsitek jalan keluar, dan konselor.

 

Edge Computing

Edge Computing (EC) awalnya komputasi awan sudah jadi arus khusus, dengan pemain inti AWS (Amazon Situs Serviss), Microsoft Azure, dan Google Cloud Basis memimpin pasar. Adopsi komputasi awan masih berkembang, karena makin banyak usaha yang lakukan migrasi ke jalan keluar awan.

Tetapi itu tidak lagi tren teknologi yang berkembang. Yang penting jadi perhatian ialah tren teknologi baru yakni Edge Computing. Karena jumlah organisasi data yang ditemui semakin meningkat, mereka mengetahui kekurangan komputasi awan dalam beberapa keadaan.

Edge computing direncanakan untuk menolong pecahkan beberapa permasalahan itu sebagai langkah untuk melalui latency yang disebabkan karena komputasi awan dan memperoleh data ke pusat data untuk diolah. Itu dapat ada “di pinggir,” atau dapat semakin dekat ke arah tempat komputasi perlu dilaksanakan.

Untuk argumen ini, komputasi pinggir bisa dipakai untuk mengolah data yang peka pada waktu di lokasi terasing dengan sambungan terbatas atau tanpa sambungan ke lokasi terkonsentrasi. Pada kondisi itu, komputasi pinggir bisa melakukan tindakan seperti pusat data mini. Edge computing atau komputasi pinggir akan bertambah bersamaan dengan kenaikan pemakaian piranti Internet of Things (IoT).

Baca Juga : 4 Kelebihan Teknologi Wireless Sebagai Inovasi Terbaru

Teknologi 5G

Tren teknologi terbaru selanjutnya yang ikuti ialah 5G. Awalnya teknologi 3G dan 4G memungkinkannya kita untuk berselancar di internet, memakai service berbasiskan data, tingkatkan bandwidth untuk streaming di Spotify atau YouTube, dan banyak.

Dengan service 5G diharap bisa memutar hidup kita. dengan aktifkan service yang memercayakan teknologi hebat seperti AR dan VR, bersama dengan service games berbasiskan cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now, dan banyak.

Teknologi 5G diharap bisa dipakai di pabrik, camera HD yang menolong tingkatkan keselamatan dan management jalan raya, kontrol jaringan pandai dan retail pandai. Nyaris tiap perusahaan telekomunikasi seperti Verizon, Tmobile, Apple, Nokia Corp, QualComm, saat ini bekerja untuk membikin program 5G.

Service 5G diprediksi akan dikeluarkan di penjuru dunia di tahun 2021 dengan lebih dari 50 operator tawarkan service disekitaran 30 negara pada tahun akhir 2021, menjadikan tren teknologi baru yang perlu Anda lihat, dan mengirit tempat.

 

Keamanan Cyber

Keamanan cyber kemungkinan tidak terlihat seperti teknologi yang baru ada, karena telah ada lama, tetapi masih tetap berkembang seperti teknologi yang lain. Beberapa peretas jahat yang coba terhubung data secara ilegal tidak berserah dalam kurun waktu dekat, dan mereka terus akan cari langkah untuk melalui perlakuan keamanan yang paling susah sekalinya.

Ini beberapa karena teknologi baru sedang diadaptasi untuk tingkatkan keamanan. Sepanjang kita mempunyai peretas, keamanan cyber tetap jadi teknologi yang tren karena akan semakin berkembang untuk menjaga diri dari beberapa peretas itu. Sebagai bukti dari keperluan kuat akan professional keamanan cyber, jumlah tugas keamanan cyber tumbuh 3x bisa lebih cepat dibanding tugas teknologi yang lain.

 

Demikianlah 5 tren teknologi terbaru di tahun 2021 yang perlu kamu ketahui. Beberapa teknologi di atas sudah mulai dilakukan di beberapa negara berkembang. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bermanfaat dan terima kasih.

Categories: Teknologi