Air Bekas Cucian Beras Jangan Dibuang!

Ilustrasi air bekas cucian beras bermanfaat sebagai pupuk tanaman. (SHUTTERSTOCK/THAMKC)[/caption]

Beras atau nasi adalah makanan pokok masyrakat Indonesia sehari-hari. Indonesia mencapai konsumsi beras per kapita 150 kilogram (beras, per orang, per tahun). Bahkan, ada istilah โ€œbelum kenyang kalua belum makan nasiโ€ padahal masih banyaak sumber karbohidrat lainnya. Sebelum dimasak beras akan dicuci terlebih dahulu, tetapi tahukah kamu jika air bekas cucian beras memiliki banyak manfaat?.

Air limbah bekas cucian beras dapat digunakan untuk menyiram tanaman. Air yang terlihat keruh berwarna putih tersebut mengandung nutrisi, seperti vitamin B1 80%, vitamin B6 90%, fosfor 50%, zat besi, vitamin B3 70%, dan mangan 50%. Formula pada cucian air beras dapat memenuhi kebutuhan hara yang kemudian dimanfaatkan untuk proses metabolisme. Kandungan itu memacu pertumbuhan dan perkembangan vegetatif pada akar, batang, dan daun. Oleh karena itu, jangan buang air bekas cucian beras, manfaatkan limbah itu sebagai pupuk organik cair.

About Belajar Agribisnis 4 Articles
Perkenalkan nama saya Nurholong Limbong mahasiswa UMY program studi Agribisnis, semoga blog "Belajar Agribisnis" ini memberikan ilmu yang bermanfaat. Selamat membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar serta bagikan artikel.

6 Comments on Air Bekas Cucian Beras Jangan Dibuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar