SYARAT-SYARAT SALAT

SYARAT-SYARAT SALAT

Syarat yaitu sesuatu yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan sesuatu. Ketika kita akan mengerjakan salat harus memenuhi syarat-syaratnya lebih dulu. Jika tidak dpenuhi atau tidak dikerjakan maka pekerjaan tersebut tidak sah atau batal.

 

Adapun syart salat ada dua:

  1. 1.  Syarat Wajib Salat

Syarat wajib salat yaitu hal-hal yang menyebabkan seseorang diwajibkan salat. Adapun syarat wajib salat adalah sebagai berikut:

a)Muslim

Orang Islam wajib mengerjakan salat fardu lima waktu dalam sehari semalam. Orang yang tidak beragama Islamm tidak wajib salat.

b) Balig

Yaitu anak yang sudah dewasa atu tamyiz. Bagi anak laki-laki telah berusia 15 tahun atau sudah pernah mimpi basah. Bagi anak perempuan sudah pernah haid walaupun belum berusia 15 tahun

c)  Berakal

Orang yang tidak berakal sehat atu orang gila tidak wajib salat.

d) Suci dari hadas dan najis

Wanita haid dan nifas tidak wajib salat.

e)  Sudah menerima dakwah Islam

Umat yang belum pernah menerima seruan dan dakwah Islam, maka mereka tidak wajib salat

 

  1. 2.         Syarat sah salat

Syarat sah salat yaitu hal-hal yang harus dipenuhi sebelum salat, yaitu:

  • Suci dari hadas kexil dan hadas besar

Hadas kecil disucikan dengan wudu atau tayamum, sedangkan hadas besar disucikan dengan cara mandi wajib. Bila salat dalam keadaan berhadas maka salatnya tidak sah.  Nabi Muhammad SAW bersabda:

Artinya:

Dari Abi Hurairah, dari Nabi SAW. Bersabda “Allah tidak menerima salat salah seorang diantara kamu apabila ia berhadas, sehingga ia berwudu.”( HR. Al-Bukhari/III:1545)

  • Suci dari najis, bik badan, pakaian, dan tempatnya
  • Menutup aurat

Aurat anak laki-laki antara pusar sampai lutut, sedangkan aurat anak perempuan seluruh tubuhnya merupakan aurat yang harus ditutupi ketika salat, keculai muka dan kedua telapak tangan.

  • Mnghadap Kiblat

Salat harus menghadap kiblat, yaitu Kakbah di Mekah. Bila dengan sengaja salat tidak menghadap kiblat maka salatnya tidak sah.

  • Telah masuk waktu salat

 

Diambil dari :Buku fikih untuk MI kelas 2, Muh. Asnawi,Penerbit Aneka Ilmu,Semarang hlm 3-6