Pengertian dan Klasifikasi

Gambar terkait

Komunikasi menjadi salah satu cara efektif untuk menyampaikan suatu makna baik dari lisan maupun dengan tulisan. Dalam pertanian ada yang disebut dengan komunikasi pertanian. Komunikasi Pertanian adalah pernyataan antar manusia, baik kelompok maupun perorangan, yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-lambang tertentu seperti sering dijumpai pada metode penyuluhan.

Komunikasi memiliki tiga tujuan, yaitu :

  1. Informatif, yang mana komunikasi betujuan untuk memberikan informasi kepada receiver.
  2. Persuasif, yang mana komunikasi betujuan untuk mengajak atau mempengaruhi receiver sehingga dapat mengikuti atau melakukan hal sesuai yang diharapkan sender.
  3. Entertainment, yang mana komunikasi betujuan untuk menghibur receiver dan membuat mereka senang serta tidak pesimis atau apatis.

Pada dasarnya tidak jauh berbeda antara komunikasi pada umumnya dengan komunikasi pertanian. Pembeda diantara keduanya adalah sasarannya, dimana komunikasi pertanian lebih spesifik. Komunikasi Pertanian adalah pernyataan antar manusia, baik kelompok maupun perorangan, yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-lambang tertentu seperti sering dijumpai pada metode penyuluhan.

Pengertian komunikasi secara terminologis yaitu suatu cara untuk memberikan pengertian pada suatu istilah (konsep) yang menekankan suatu proses. Secara paradigmatis komunikasi adalah suatu cara memberikan pengertian pada suatu konsep yang lebih menekankan pada tujuan. Dalam perkembangannya komunikasi pertanian dimulai dari komunikasi linear, komunikasi dikatakan berhasil bila komunikator telah dapat menyampaikan pesan kepada komunikan. Pendekatan baru dikembangkan dengan titik berat pada peranan komunikan dan dikenal dengan two way traffic.

Dalam komunikasi ada berbagai macam jenis komunikasi, diantaranya :

  • Komunikasi Intrapersonal : Proses komunikasi yang terjadi pada diri seseorang tanpa melibatkan orang lain.
  • Komunikasi Interpersonal : Proses komunikasi yang terjadi antara 2 orang atau lebih pada suasana yang sefrekuensi pada hubungan yang lebih mendalam.
  • Komunikasi Kelompok : Proses komunikasi sekumpulan orang lebih dari 2 orang yang merasa bagian dari anggota kelompok yang memiliki aturan dan norma serta memiliki suatu tujuan.
  • Komunikasi Organisasi : Proses komunikasi yang terjadi antar organisasi.
  • Komunikasi massa : Proses komunikasi secara umum yang sifatnya luas dan diterima di semua kalangan masyarakat.

Praktik berkomunikasi kepada seseorang harus berjalan secara efektif guna pesan yang disampaikan diterima dengan baik. Komunikasi efektif merupakan suatu proses komunikasi dimana suatu makna pesan yang dipahami oleh penerima sama persis dengan apa yang dimaksud oleh pengirim. Hal ini tentu akan mengurangi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Proses penyampaian pesan dalam komunikasi pertanian perlu memperhatikan berbagai aspek seperti sikap, pemikiran, dan perasaan penerima pesan untuk dapat melakukan penyamaan makna.

Pada dasarnya, proses komunikasi pertanian (terutama pada penyuluhan pertanian) memiliki beberapa tahap, yaitu:

  1. Menciptakan kesadaran, yaitu upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian dan menimbulkan kesadaran para penerima pesan (petani) mengenai adanya sesuatu yang baru
  2. Menggugah perasaan, yaitu upaya untuk menimbulkan perasaan terbuka pada petani akan sesuatu yang baru, yang sudah disadari pada tahap sebelumnya. Sehingga para petani memiliki kemauan untuk mengetahui dan belajar lebih banyak.
  3. Membangkitkan keinginan, yaitu upaya untuk menumbuhkan keinginan dalam diri para petani untuk melakukan hal-hal baru yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan pertanian.
  4. Meyakinkan, yaitu upaya untuk meyakinkan para petani untuk yakin, tidak ragu, dan tidak takut untuk melakukan hal-hal baru.
  5. Menggerakkan, yaitu upaya yang dilakukan untuk mendorong para petani melakukan cara atau hal baru yang diajarkan, dan dapat mempraktekkannya secara berkelanjutan.

Dengan demikian, kita lebih dapat memaknai secara baik apa itu komunikasi di berbagai bidang kehidupan, baik itu umum maupun spesifik pada dasarnya konsepnya adalah sama yaitu proses penyampaian pesan kepada seseorang/diri sendiri

Selamat berkomunikasi! Sampai jumpa di lain hari!

10 thoughts on “Pengertian dan Klasifikasi

  1. Saya ingin bertanya kpd author kalau komunikasi yg bersifat negatif seperti provokatif itu memenuhi tujuan komunikasi? Maaf apabila pertanyaannya membingungkan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *