Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan alat deteksi dini tanah longsor yang mampu mendeteksi curah hujan dan tekanan air dalam tanah.

“Alat itu juga dilengkapi sensor yang akan mengeluarkan suara nyaring seperti sirine ketika tanah bergerak dalam jarak tertentu,” kata dosen Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Iswanto di Yogyakarta, Kamis.

Selain sirine, menurut dia, alat itu juga akan langsung mengirimkan pesan melalui “sms” yang melaporkan potensi tanah longsor. Untuk mencegah respons atau jaringan “sms” yang padat, alat itu juga dilengkapi fungsi telepon.

Continue reading »

Tagged with:  

Fasilitas UMY

On Februari 17, 2011, in Catatanku, UMY, by Anhar

Knowledge Learning Center (KLC) Perpustakaan UMY

‘We Bring Knowledge Closer to You!’

di abad 21 ini, peradaban manusia menyaksikan kemunclan sebuah era baru yang sering disebut sebagai ‘era ekonomi pengetahuan (knowledge economic). Dalam konstruk era baru seperti ini, pengetahuan menjadi asset yang sangat vital dalam membangun keunggulan kompetitif bagi individu, organisasi, masyarakat maupun bangsa.

Menghadapi tantangan tersebut perpustakaan UMY mendirikan Knowledge Learning Center dengan mottonya ‘we bring knowledge closer to you’. KLC menjadi garda depan penyedia sumber informasi.

Continue reading »

Tagged with: