September 21, 2019

Mobil ESMEKA Rajawali

Tentu kita semua sudah pada dengar tentang mobil buatan anak – anak SMK ini, tentu sebagai orang Indonesia kita harus ikut berbangga karena sebenarnya Indonesia mampu membuat produk otomotif yang baik, terlepas dari beberapa hambatan dan isu – isu yang beredar bahwa mobil ESMEKA itu merupakan tiruan dari mobil produksi China bermerk FODAY (http://www.fdqc.com/)

Mobil ESMEKA Rajawali yang hari ini sedang melakukan uji kelayakan terakhir yaitu uji emisi adalah  adalah mobil hasil perakitan para siswa-siswa kreatif ini yang bekerja sama dengan bengkel Kiat Motor Klaten, pimpinan H Sukiat sebagai partner industri SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo.

“Mobil dinas Jokowi tersebut adalah varian Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kelir hitam. Mobil ini bermesin bensin dan memiliki kapasitas 1.500cc dengan empat silinder plus sistem bahan bakar injeksi,” staf pengajar teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Surakarta Sriyono, kepada Okezone.

“Basic mesin Esemka Rajawali ini adalah KIA, atau dulu mesinnya digunakan oleh Timor. Mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm,” lanjut Sriyono.

Esemka Rajawali memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan fitur-fitur terkini seperti power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.

Esemka Rajawali ini sudah memiliki agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang dipegang PT Solo Manufaktur Kreasi. Harga satu unit mobil nasional ini hanya Rp95 juta.

Kita tunggu saja bagaimana hasil uji dari Mobil ESMEKA ini apakah lulus atau tidak, dan sudah seharusnya Pemerintah mendukung penuh mobil esmeka ini jangan seperti sekarang yang sepertinya setengah hati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar