September 21, 2018

Verifikasi Blog di Google Analytic

Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat Anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi.

Atau dengan bahasa yang lebih simple Google Analytic adalah salah satu tool dari google yang dimana dengan tool tersebut kita bisa memantau berapa banyak orang yang sudah mengakses web/ blog kita, darimana saja orang yang berkunjung dan artikel apa saja yang paling banyak di baca oleh pengunjung web kita tersebut. Di GA juga kita bisa mengetahui pengunjung mengetahui web/ blog kita dari search engine atau dari link web orang lain atau dari lainya.
Selain itu Google Analytic  juga bermanfaat untuk mengetahui kalau pengujung web/ blog kita sedang menurun traficknya kita bisa mengakalinya dengan lebih giat memposting artikel yang lebih menarik agar pengunjung bisa datang lagi atau dengan melakukan Blogwalking ke blog teman-teman lainnya.

Nah sekarang mari kita bersama – sama menggunakan fasilitas gratis dari google ini, caranya bagaimana ? ikutin saja tutor dibawah ini >.< :

  • Langsung saja buka Google Analytic di http://www.google.com/analytics/¬† ( jika sudah punya akun email di google langsung aja login, kalau belum Sign UP dulu dech.
  • Setelah Login maka akan muncul halaman seperti ini.

Pada Halaman tersebut kemudian pilih Add Website Profile seperti yang terlihat pada gambar diatas.

  • Setalah memilih Add Website Profile akan muncul halaman baru seperti ini :

Masukkan url alamat blog kamu seperti contoh pada gambar diatas, setelah itu lalu klik Finish

  • Sampai tahap ini berarti kita telah berhasil mendaftarkan blog kita pada Google Analytic, tapi sebelum itu kita perlu melakukan verifikasi tool dengan memasukan code yang terdapat dihalaman diatas / seperti pada gambar dibawah ini :

Copy Code yang ada didalam kotak tersebut tanpa mengubah sedikitpun kedalam Theme Ahmad Dahlan seperti theme yang saya gunakan untuk blog ini. Copy semua yang ada dalam code tersebut ke Option Ahmad Dahlan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Setelah di paste ke dalam Ahmad Dahlan Theme Option langsung aja klik Save changes. Jangan Lupa juga klik Save dan Finish pada halaman Google Analytic paling bawah setelah kita memasukan kode verifikasinya kedalam Option Theme Blog kita.

  • Jika semua proses yang kita lakukan benar maka blog / web kita akan terverifikasi dan dengan terverifikasi, maka kita mulai dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada dalam Google Analytic. Berikut ini gambar setelah blog kita terverifikasi.

Silahkan mencoba, jangan lupa baca juga artikel lain tentang Tutorial Blog

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar