Cara Sederhana Mencari Backlink

On Desember 11, 2011, in Tutorial Blog, by Anhar

Beberapa cara sederhana dalam Menambah Link

1. Submit Direktori Web : Daftarkan website Anda di semua direktori web ada, sehingga Anda bisa mendapatkan visibilitas lebih kepada pengunjung di seluruh dunia. Direktori situs biasanya menyediakan kolom untuk mencantumkan Alamat URL Website kita, pengunjung yang mencari informasi menggunakan direktori web pasti akan tergoda untuk melihat  situs Anda setelah melihat deskripsi tentang website yang anda masukkan. Dengan mensubmit ke direktori web juga akan meningkatkan pupularitas situs Anda di search engine.

2. Link Exchange : Dengan melakukan blog walking ke situs lain dapat membantu kita dalam menempatkan link dari website kita ke blog tersebut. Kemungkinan kita mendapatkan traffic dari link exchange ini sangatlah besar jadi tidak ada salahnya anda memiliki banyak teman dalam melakukan link exchange / bertukar link.

3. Blog Comment : Mengomentari blog orang lain akan meningkatkan kemungkinan pengunjung mengunjungi blog Anda, karena Anda akan meninggalkan URL situs Anda, yang ketika diklik dapat membawa orang tersebut ke blog Anda. Dengan cara ini Anda juga akan menghasilkan backlink yang lebih efektif . Tetapi jangan lupa untuk memberikan komentar yang relevan dengan artikel yang ditulis. Dan jangan melakukan spam comment jika tidak sangat terpaksa.

4. Gunakan Media Sosial : situs jaringan sosial adalah tempat yang bagus untuk membangun jaringan dan teman-teman dan juga merupakan tempat yang baik untuk mempromosikan bisnis maupun blog Anda, karena Media Sosial pasti memiliki anggota yang sangat banyak. Beberapa situs jejaring sosial contohnya Facebook, LinkedIn dan Twitter.

5. Iklan : Penggunaan Google Adwords adalah cara terbaik untuk mempromosikan situs / blog anda di search engine, Jika anda memiliki uang yang berlebih ada baiknya anda menggunakan Google Adwords, kita cukup membayar dengan jumlah perklik pada iklan yang kita buat, ini tentu saja mendatangkan banyak traffic dan juga backlink, bagi web / blog yang bertujuan ke bisnis Google Adwords merupakan saran iklan / promosi yang sangat efektif.

6. Posting di Forum : Ini adalah salah satu cara paling gampang dalam mendapatkan backlink selain blogwalking, karena didalam forum kita bisa mencantumkan alamat website / blog kita dan setiap kita berkomentar / membuat thread dalam sebuah forum maka kita akan mendapatkan backlink.

Tips Saat Berkomentar / Blogwalking

On Desember 11, 2011, in Tutorial Blog, by Anhar

Berkomentar di blog merupakan cara jitu dan yang paling sederhana dan murah meriah untuk mempromosikan blog atau website Anda. Saat ini banyak para blogger baik pebisnis maupun pribadi menggunakan cara ini demi mempromosikan blog mereka. Banyak juga para blogger yang melakukan komentar dengan cara spamming dengan menggunakan bantuan software-software tertentu. Padahal untuk meninggalkan sebuah komentar pada sebuah blog, ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti ulasan berikut.

Perkenalkan Diri Anda Seperlunya
Berkunjung pada sebuah blog sama halnya Anda mengunjungi sebuah rumah. Ada aturan umum menyangkut kesopanan saat Anda berkunjung. Jika Anda berkomentar pada sebuah blog untuk pertama kalinya, memperkenalkan diri merupakan kewajiban agar Anda ingin diterima dengan baik. Berkomentar tanpa memperkenalkan diri terlebih dahulu tidak jauh berbeda dengan spamming. Gunakan nama asli Anda atau nama blogger Anda. Hal ini sekaligus dapat membangun jaringan untuk masa depan blog Anda sendiri.

Hindari Menggunakan Keywords Pada Komentar Anda
Keywords memang menjadi elemen penting dalam SEO. Banyak pihak yang menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Tidak hanya pada artikel. Pada judul, tags, hingga komentar pada blog orang lain, keywords kerap kali digunakan. Meski pemilik blog tidak tahu apakah Anda memasukan keyword, namun sebaiknya hal ini dihindari. Bukan tidak mungkin Anda akan diblok oleh sesama blogger jika Anda diketahui memasukan keyword karena hal ini dianggap sebagai kejahatan sosial dalam dunia blogging.

Komentar Dengan Relevan 
Kita semua mengetahui bahwa komentar menjadi salah satu sarana agar dapat meningkatkan trafik pada blog. Namun tidak sedikit dari blogger melakukannya dengan cara yang salah. Demi mengejar trafik dengan cara ini, tidak sedikit dari para blogger yang meninggalkan komentar yang tidak relevan pada sebuah artikel blog. Diantaranya hanya berkomentar secara standar yang kemudian diikuti dengan link blog mereka. Hal tersebut jelas bukan sebuah cara yang baik untuk berkomentar pada sebuah blog. Hal ini justru akan mengundang antipati terhadap Anda dan blog Anda dari para blogger. Berkomentarlah dengan baik, apabila memungkinkan berikan informasi tambahan yang dapat membantu para blogger. Hal ini akan membuat Anda semakin diterima diantara sesama blogger.

Berkomentar memang menjadi salah satu cara agar dapat meraih trafik pada blog. Namun dalam berkomentar pada blog juga diperlukan sesuatu yang unik atau bisa dibilang sebagai ciri khas anda dalam memberikan komentar, agar Anda meraih simpati dan berimbas positif pada blog Anda.

 

Dengan banyaknya kontes-kontes SEO di Indonesia terutama di tahun 2011 ini yang dimana didalam kontes penilaiannya adalah posisi keyword di dalam mesin pencari Google. Berhubung kita berdomisili di Indonesia jadi yang menjadi patokannya adalah tentu saja www.google.co.id.

Nah yang menjadi masalah adalah berapa sich IP addres yang benar untuk www.google.co.id sebab karena google di gunakan diseluruh dunia secara otomatis IP addres di tiap negara juga berbeda-beda dan ini tentu saja menghasilkan pencarian yang berbeda-beda pula.

Ok Jangan bingung lebih dulu sebab saya juga sebenarnya agak sedikit bingung dengan IP addres ini, jadi daripada kita sama-sama bingung ada baiknya kita bahas bersama-sama.

Langkah paling dasar dalam melihat sebuah IP addres adalah dengan melakukan Ping sebuah alamat website melalui CMD ( untuk membuka cmd caranya masuk ke Command Prompt klik Start – All Program – Accessoris – Command Prompt ato Start – Run ketik “cmd” )

disitu kita bisa melakukan ping untuk sebuah alamat web, disini kita ingin melihat IP www.google.co.id

Nah dengan cara ping ini kita bisa melihat koneksi kita untuk sampai ke www.google.co.id, syaratnya tentu saja harus terkoneksi dengan internet.

Disinilah masalah mulai timbul, karena berdasarkan pengalaman pribadi akibat sering ganti-ganti komputer >.< maksudnya sering online diberbagai macam tempat seperti di warnet-warnet hasil dari Ping IP diatas juga berbeda-beda.

Dan anehnya lagi semua memang menuju ke Google Indonesia, coba mari kita bersama-sama mengecek di browser kita masing-masing berdasarkan IP address berikut ini.

  1. 209.85.175.105
  2. 74.125.235.20
  3. 74.125.235.17
  4. 209.85.175.106
Berhubung Blog Community kita sedang mengadakan Lomba Blog Kontes mari kita sama-sama mengecek. Semua IP diatas adalah IP nya google dan menurut hasil pencarian saya yaitu :
  • pencarian berdasarkan IP 209.85.175.105
  • Pencarian Berdasarkan IP 74.125.235.20
  • Pencarian Berdasarkan IP 74.125.235.17
  • Pencarian Berdasarkan IP 209.85.175.106
Sebagai Tambahan sekarang kita mencari dengan langsung memasukkan www.google.co.id dan hasilnya :

Semakin penasaran dengan hasilnya sekarang saya mencoba mengetik www.google.com tetapi ketika di enter halaman langsung di direct ke www.google.co.id.

Wah semakin bingung kan apalagi hasil pencariannya menunjukan hasil yang berbeda. Bingung kan ? sama donk, tapi jangan menyerah mari kita tanya langsung ke sumbernya siapa lagi kalau bukan Google sendiri.

Setelah mencari-cari di halaman google baik itu di bantuan pencarian maupun di support webmaster saya tidak menemukan jawabannya. Lantas Bagaimana ? setelah agak lama membongkar tasnya si google nih, maklum isinya dah kebanyakan tuh google, satu-satunya cara adalah dengan menambahkan identitas daerah dari tempat kita melakukan koneksi internet, maksudnya kalau kita di Indonesia ya tentu saja menggunakan /id atau kalau kita di thailand dengan menambahkan /th.

Jadi pada akhir alamat IP addres diatas ditambahkan /webhp?hl=id kenapa bisa demikian ? setelah mencari-cari lagi di google ( tentu saja dengan menggunakan bantuan translate ) Google melakukan pelacakan / hasil pencarian dengan menggunakan server cluster yang rumit, sehingga posisi server sebenarnya sulit dideteksi ( sumber 1 dan wiki )

Jadi dengan demikian bisa saja hasil pencarian yang ditimbulkan bisa berbeda-beda, maka dari itu dibutuhkan penyeragaman berdasarkan lokasi pencarian seperti diatas.

Buat teman-teman jika ada yang lebih paham dan mengerti silahkan berbagi informasi disini ya, karena sebenarnya bagaimana cara google mencari, mengindeks dan menampilkan halaman kita pada mesin pencarinya hanya google sendiri yang mengerti.

Tagged with:  

Cara Submit Blog UMY ke Bing Webmaster

On Desember 1, 2011, in Tutorial Blog, by Anhar

Setelah ditutupnya layanan Yahoo Site Explorer / Yahoo Webmaster ( bergabung dengan Bing ) saat ini otomatis hanya ada 2 search engine yang masih terdapat jasa layanan webmaster. Selain Google tentu saja saat ini search engine Bing merupakan salah satu search engine yang untuk para webmaster wajib untuk mensubmit blognya ke search engine tersebut.

Bing merupakan search engine yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 03 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail.

Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :

  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Oleh karena Bing merupakan search engine populer yang tidak jarang digunakan oleh pengguna internet untuk melakukan pencarian setelah Google dan Yahoo, maka wajib hukumnya untukmensubmit blog ke Bing agar Bing lebih bersahabat (SEO Friendly) dengan blog kita.

Cara Mensubmit Blog UMY ke Bing Webmaster

  • Pergi ke Bing Webmaster Center
  • Login dengan email bing.com ( hotmail.com ) atau bisa juga menggunakan email umy.ac.id
  • Klik Add Site
  • Selanjutnya akan tampak formVerify Ownership

  • Copy meta name validate kedalam option Theme Blog UMY
  • Save Change lalu kemudian kembali ke Bing Webmaster Center dan klik tombol Verify
  • Jika sukses maka tinggal menunggu laporan dari bing webmaster dalam mengindeks dan memberikan laporan tentang blog kita dalam waktu sekitar 2 – 3 hari.
Laporan dari Bing Webmaster ini berupa laporan tentang traffic, page yang terindeks, jumlah backlink dan asalnya dll.
Baca juga Tentang Tutorial lainnya disini : Tutorial Blog

Tahun 2011 ini bisa dibilang merupakan tahun yang paling banyak diadakannya Kontes SEO maupun Kontes Blog. Banyak para blogger maupun para webmaster ikut dalam berbagai lomba Kontes SEO, salah satu faktor yang membuat mereka tertarik untuk ikut adalah apalagi selain hadiahnya yang sangat menggiurkan.

Sebenarnya apa sih kontes SEO atau Kontes Blog tersebut. Disini saya akan sedikit menyampaikan pendapat pribadi saya tentang Kontes SEO dan Kontes Blog karena saya secara pribadi menganggap Kontes Blog dan Kontes SEO tidak bisa disama artikan. Ada perbedaan-perbedaan mendasar yang menjadi penyebabnya.

Apa sich Kontes SEO tuh ? Menurut sejarahnya Kontes SEO pertama kali diadakan di Jerman oleh German Webmaster dengan kata kunci Schnitzelmitkartoffelsalat, dimulai pada 15 November 2002 dalam Bahasa jerman Usenet Group, Dalam Bahasa inggris kompetisi nigritude ultramarine oleh SearchGuild secara garis besar mengklaim sebagai induk dari seluruh kontes SEO, kontes ini dimulai pada 7 Mei 2004 dan dua tahun lalu dimenangkan oleh Anil Dash.

Dalam prosesnya saat ini para penyelenggara Kontes SEO menentukan terlebih dahulu tema yang akan dilombakan dan menentukan search engine yang akan digunakan. Tema tersebut atau yang bisa dikatakan sebagai ” keyword ” biasanya mempresentasikan sebuah produk maupun usaha dari penyelenggaranya. Dengan melombakan sebuah keyword tertentu pihak penyelenggara tentu mengharapkan adanya manfaat yang bisa diperoleh dari Kontes SEO tersebut, bentuk manfaatnya tentu banyak sekali salah satu contohnya adalah : banyaknya traffic yang diperoleh kesitus mereka dengan traffic yang banyak tentunya kemungkinan produk mereka terjual menjadi lebih tinggi. Keyword tersebut sebelumnya telah dianalisa terlebih dahulu oleh pihak penyelenggara.

Pemenang Kontes SEO dengan menentukan sebuah keyword tertentu dilihat berdasarkan peringkat tertinggi dari sebuah search engine. Dalam kontes seo ini para peserta bebas melakukan beberapa trik-trik SEO baik itu yang White SEO seperti mengoptimasi situs dengan membuat meta tag description, meta tag keywords, dan sitemap atau dalam Bahasa indonesia dikenal dengan nama peta situs.

Webmaster juga boleh menggunakan cara-cara Black SEO seperti spam, menyembunyikan sebuah kalimat dihalaman situs mereka dengan cara menyamakan warna kalimat dibuat dengan warna situs mereka, menambahkan meta tag keywords secara berlebihan, redirect halaman, memasukan hidden input, link farm, metode ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Resiko dari cara-cara ini adalah apabila mesin pencari mendeteksi kecurangan ini pada situs terkait maka mesin pencari akan segera memblokir situs terkait, dengan cara menghilangkan situs ini dari setiap hasil pencarian mesin pencari.

Dalam Kontes SEO pihak penyelenggara juga tidak begitu mempedulikan tentang berapa jumlah link yang diperoleh sebuah situs tersebut berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.

Nah sedangkan Kontes Blog menurut saya adalah sebuah kontes yang lebih mementingkan kemampuan para pesertanya. Dari faktor penilaiannya juga Kontes Blog tidak hanya berdasarkan sebuah Keyword saja. Dalam Kontes Blog biasanya lebih mementingkan kualitas dari sebuah situs baik itu berupa konten yang berkaitan dengan Kontes Blog maupun link dari situs tersebut. Hadiah yang ditawarkan dalam kontes blog juga biasanya tidak sebesar yang ditawarkan pada kontes-kontes SEO.

Kontes Blog biasanya sering diadakan oleh Komunitas-komunitas Blogger, kontes blog tersebut biasanya mengangkat sebuah tema tertentu dan para pesertanya biasanya membuat sebuah tulisan maupun review dari tema yang telah ditentukan tersebut. Hadiah yang ditawarkan memang tidak besar bahkan kalau dibilang tidak seberapa bahkan sering Kontes Blog hanya berhadiah sebuah Buku. Tapi dalam Kontes-kontes seperti ini ada tantangan tersendiri dibandingkan dengan Kontes SEO.

Untuk UMY sendiri saat ini juga sedang mengadakan Lomba Blog Kontes yang ke 4, kenapa UMY tidak memilih menggunakan nama Kontes SEO Blog UMY ? karena pada dasarnya Community Blog UMY diadakan untuk meningkatkan minat menulis bagi seluruh civitas akademik UMY, memang pada Lomba kali ini ditambahkan 1 faktor penilaian yaitu Posisi Keyword ” Universitas Terbaik ” pada search engine.

Cek Backlink Lintas Berita

On November 30, 2011, in Tutorial Blog, by Anhar

Ternyata bisa juga cek backlink dari sini nih..

Penampakannya nih :

Untuk umum silahkan cek disini

 

Tagged with:  

Alternatif Pengganti Yahoo Site Explorer

On November 26, 2011, in Tutorial Blog, by Anhar

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sekarang layanan Yahoo Site Explorer telah digabung Dengan Bing Webmaster. Akibat dari penggabungan ini tentu saja sangat luas dan bisa berdampak negatif dan positif. Sejak peluncurannya pada tahun 2005 Yahoo Site Explorer langsung menjadi acuan bagi para webmaster dalam memantau perkembangan link website masing-masing. Yahoo Site Explorer memiliki kelebihan dalam mengindeks link / tautan yang mengalir ke website maupun blog kita, yahoo lebih selektif dalam mengindeks link. Sebagai contoh mudahnya Yahoo tidak menganggap hanya dengan comment pada sebuah artikel pada blog/website dapat dikategorikan menjadi link tetapi mereka mempunyai kriteria-kriteria tertentu untuk menilai apakah comment tersebut layak untuk dijadikan link atau tidak.

Berbeda dengan Google yang selalu dan pasti mengkategorikan comment pada sebuah artikel menjadi link apalagi didalam comment tersebut terdapat tautan keblog kita seperti ” Thanks for sharing. Visit Back to my web http://yourwebsite.com/.

Dengan dihapuskan layanan Yahoo Site Explorer ini membuat kita mencari-cari apakah ada layanan yang sebaik dengan yahoo dalam mengindeks link, mungkin beberapa fasilitas site explorer dibawah ini dapat sedikit membantu, walaupun saya sendiri merasa tidak ada yang sebaik Yahoo dalam melakukan indeks tetapi lumayanlah daripada tidak sama sekali.

Semoga ini dapat sedikit membantu karena untuk Bing sendiri tidak menampilkan site explorer untuk publik namun hanya kepada webmaster website / blog saja.

Menyisipkan Link dalam Postingan

On November 14, 2011, in Tutorial Blog, UMY, by Anhar

Apa itu link atau hyperlink atau tautan? bagaimana cara membuat link di postingan blog ? silahkan baca ulasan lengkapnya pada tutorial dibawah ini.

Link atau hyperlink atau dalam bahasa Indonesia tautan adalah suatu tulisan atau gambar yang disambungkan atau di hubungkan dengan halaman lain, baik itu masih dalam satu website/blog atau dengan website/blog yang lain. Contoh sebuah link dari tulisan atau teks : Lintas Berita adalah sebuah blog dari Blog UMY Community

Keberadaan link sangatlah penting peranannya untuk sebuah blog atau website, tidak hanya sebatas menghubungkan antar halaman atau website, namun erat kaitannya dengan SEO ( pengoptimalan untuk search engine ), oleh karenanya mengetahui secara benar bagaimana membuat link yang baik dan benar sangatlah penting.

Membuat link pada postingan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan alamat URL halaman website/blog yang akan di link, baik itu halaman depan atau halaman posting maupun halaman page.

Belum tahu tentang alamat URL ? caranya mudah, apabila anda sedang mengunjungi suatu blog atau membaca artikel website orang lain atau artikel blog anda sendiri, alihkan perhatian ke bagian address bar browser internet anda yang terletak dibagian atas, maka itulah alamat URL nya. Contoh alamat salah satu postingan dari blog ini : http://blog.umy.ac.id/lintasberita/cara-posting-artikel.html

Tentunya sekarang anda sudah menyiapkan alamat URL yang akan di pasang bukan? berikut adalah bagaimana langkah-langkah untuk membuat link pada postingan :

  • Dianggap anda sedang membuat sebuah artikel. Jika anda masih kurang faham tentang bagaimana cara membuat artikel / postingan di blog anda, silahkan untuk membaca tutorial tentang  Cara Posting Artikel
  • Berilah tanda pada tulisan yang ingin di ubah menjadi link.

  • Klik tool untuk membuat link

    • Akan muncul kotak opsi yang harus anda isi :
        1. Link URL : isi dengan alamat URL yang anda persiapkan tadi.
        2. Title : Tuliskan judul yang kira-kira sesuai dengan link yang di buat, usahakan semenarik dan seinformatif mungkin, karena ini berpengaruh juga terhadap SEO.
        3. Opsi pemilihan dalam membuka link.
        4. Or Link to existing content : mengambil URL dalam directory blog kita.

    • Akhiri dengan meng klik UPDATE
    • Kini tulisan yang anda inginkan telah menjadi link, ulangi langkah diatas untuk tulisan yang lain apabila di perlukan.
    • Jika sudah yakin, tinggal di Publish saja artikel anda tersebut.

Membuat link dalam satu postingan jumlahnya boleh lebih dari satu link, namun janganlah terlalu banyak, idealnya cukup 3 buah link saja. Terlalu banyak membubuhkan link dikhawatirkan bisa dianggap melakukan spam (hal yang melanggar aturan) oleh mesin pencari, dan tentunya kita tidak menginginkan akan hal tersebut.

Membuat link yang baik adalah pada tulisan atau teks yang masih berhubungan dengan halaman link yang di tuju, contoh apabila halaman yang dituju adalah tentang Cara Verifikasi Blog di Google, maka sebaiknya tulisan yang dibuat link mengandung unsur kata cara verifikasi blog di google  atau minimal ada kata verifikasi blog.

Menurut ilmu SEO, membuat link dari satu artikel ke artikel yang lain dari blog anda adalah hal yang sangat baik, oleh karenanya lakukanlah hal tersebut, namun tetap dalam batas kewajaran.

Mau Artikel ini dalam bentuk .doc download aja disini

Cara Posting Artikel

On November 12, 2011, in Tutorial Blog, wordpress, by Anhar

Menulis sebuah artikel adalah merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam kegiatan blogging. Oleh karena itu hal-hal yang berkaitan dengan posting artikel tentu wajib harus kita ketahui.

Karena posting artikel merupakan hal yang sangat penting, maka disini saya akan mencoba sedikit membuat tutorial tentang cara posting artikel di blog wordpress.

Cara Posting Artikel

Untuk membuat sebuah artikel baru, alihkan perhatian ke sebelah kiri monitor. Klik pada menu Posts, lalu pilih sub menu Add New

Berikut langkah-langkah posting artikel :

* Masukan judul artikel pada form Enter Title here

Setelah beberapa saat setelah anda memasukkan judul artikel / judul post, akan muncul permalink yaitu yang akan menjadi alamat post untuk artikel yang  sedang dikerjakan, apabila anda tidak cocok dengan permalink tersebut, anda bisa mengeditnya dengan cara klik tombol Edit lalu masukkan alamat baru sesuai keinginan.

* Masukan artikel ke post editing area, kemudian lakukan edit sesuka hati anda.

* Apabila posting tersebut ingin mempunyai kategori, jangan lupa untuk memilih kategori yang telah di buat, atau membuat kategori baru apabila belum ada.

* Tambahkan juga tag.

* Lakukan Preview terlebih dahulu sebelum di publikasikan dengan klik tombol Preview. Apabila tampilan sudah oke, dan anda benar-benar yakin untuk mempublikasikan artikel tersebut, klik tombol Publish.

Nah dengan begitu artikel kita telah kita publikasikan untuk umum.

Download Artikel ini dalam bentuk Doc

Tutorial WordPress : Cara Edit Comment

On November 12, 2011, in Tutorial Blog, wordpress, by Anhar

Komentar terhadap artikel yang kita tulis di blog terkadang bisa menjadi motivasi, introspeksi, serta hal-hal lain yang menjurus kepada perbaikan. Namun, terkadang komentar bisa menjadi sesuatu yang mengerikan dan merepotkan bagi pemilik blog, itu terjadi karena komentar diisi oleh pengunjung blog yang tentu saja karakter mereka sangat bervariatif, ada yang baik ada yang buruk.

Pada flatform wordpress, pemilik blog bisa mengelola komentar agar selalu terkontrol demi mencegah adanya komentar-komentar yang memang tidak layak untuk ditampilkan misal adanya komentar dengan kata-kata kasar, jorok, menyinggung SARA, bersifat spam dan lain sebagainya.

Cara mengelola komentar

Untuk mengeluarkan menu pengelolaan komentar, silahkan alihkan perhatian ke sebelah kiri lalu klik menu Comments.

Akan muncul list komentar yang telah ada pada blog anda. Disini anda dapat memberi tanda cheklist pada komentar yang ingin di kelola, kemudian buka menu dropdown bulk action untuk melakukan tindakan :

  • Unupprove : tidak diterima (komentar menjadi tidak akan muncul di blog).
  • Approve : diterima.
  • Mark as Spam : menandai bahwa komentar yang terpilih adalah komentar spam (komentar yang tidak wajar, misal komemtar diluar kontek topik posting, berisi link iklan dan lain sebagainya.
  • Move To Trash : membuang komentar ke kotak sampah komentar.

Untuk pengelolaan bersifat satu-satu, anda dapat mengarahkan cursor mouse ke komentar yang ingin di kelola. Akan secara otomatis muncul opsi pilihan.

Opsi komentar yang muncul yaitu berupa Unapprove, Reply, Quick Edit, Edit, History, Spam, serta Trash.

Unapprove

Apabila memilih opsi Unapprove, maka komentar tersebut tidak akan muncul pada halaman blog anda.

Reply

Opsi Reply adalah  pilihan untuk membalas komentar tersebut.

Quick Edit

Quick edit memungkinkan untuk mengedit komentar dengan cepat karena tidak memerlukan reload halaman. Pengeditan komentar dilakukan apabila anda menganggap bahwa pada komentar tersebut ada hal-hal yang kurang atau tidak layak untuk di munculkan, misal mengandung kata-kata kotor, pneghinaan, mengandung unsur SARA dan lain sebagainya. Dengan kata lain, anda dapat mensensor ini komentar. Contoh :

Edit

Opsi edit adalah untuk mengedit komentar yang ada, nantinya anda akan dibawa ke editor komentar lengkap dengan tool yang ada. Jangan lupa untuk klik tombol Update Comment jika pengeditan telah selesai.

History

Ini hanya untuk mengeluarkan history / sejarah komentar tersebut.

Spam

Opsi spam digunakan untuk menandai bahwa komentar tersebut termasuk ke dalam kategori spam (komentar yang tidak sesuai aturan, misal komentar yang OOT (out of topic), memasukkan link yang banyak, memasang link ke situs terlarang dan lain sebagainya). Sebuah komentar yang ditandai sebagai spam, maka untuk selanjutnya komentar yang masuk dari komentator yang sama akan secara otomatis terjaring sebagai spam.

Trash

Opsi trash adalah untuk membuang komentar yang dimaksud ke kotak sampah komentar. Ini dilakukan jika anda menganggap bahwa komentar tersebut tidak layak untuk di tampilkan.

Ok sampai disini dulu, semoga bermanfaat.

Download dalam bentuk DOC disini