April 17, 2021

Tips Menang Kontes Blog UMY 5

Kontes UMY kembali datang, pada kontes blog kali ini peraturan tidak banyak yang berubah masih sama seperti kontes blog sebelumnya cuma cara penilaiannya saja yang berubah.

Ada 3 faktor yang menjadi faktor penilaian pada kontes kali ini yaitu : Jumlah Halaman ( H ), Jumlah Referring Domain ( R ) dan Artikel ( A ), untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan lihat di http://blog.umy.ac.id/blogcontest5/penilaian-blog-contest-5-umy/

Disini kita harus pintar membaca dan menerapkan strategi apa yang akan kita lakukan untuk mengikuti kontes blog umy kali ini. Karena bobot dari 3 faktor penilaian diatas berbeda – beda, untuk ( H ) berbobot 15 %, ( R ) berbobot 40 %, dan ( A ) berbobot 45 %.

Kita harus bisa mengukur kemampuan kita terlebih dahulu, maksudnya jika anda pintar dalam menulis / mereview tulisan dan memiliki kemampuan membuat tulisan yang baik maka lebih baik anda fokus pada faktor penilaian yang ( A ) dan ( H )

Dibawah ini saya akan sedikit menjelaskan tentang masing – masing Faktor Penilaian di ata :

  • Jumlah Halaman ( H )

Jumlah halaman di pengaruhi oleh banyaknya jumlah page, post dan kategori yang anda buat, walaupun begitu tidak serta merta dengan banyaknya jumlah tulisan maka jumlah halaman anda akan banyak pula. Tulisan yang anda buat tentu harus ter indeks terlebih dahulu oleh google.

Bagi blog yang sudah lama tentu tidak masalah tetapi bagi blog baru tentu memerlukan waktu yang lebih lama agar dapat terindeks oleh mesin pencari google.

Agar tulisan anda dapat cepat terindeks oleh google anda harus terlebih dahulu mendaftarkan blog anda ke Google. Bagaimana caranya ? silahkan anda baca 3 artikel saya lainnya tentang bagaimana mendaftarkan blog kita ke google yaitu :

Verifikasi Blog di Google Analytic

Cara Verifikasi Blog UMY di Google

Manfaat Verifikasi di Google

Lalu kenapa Jumlah Site saya di Google bisa mencapai ribuan padahal jumlah tulisan saya hanya beberapa puluh ? itu disebabkan karena Google tidak hanya menghitung jumlah tulisan, page serta kategori saja, jika kita perhatikan pada hasil yang ditampilkan jika kita mengetikkan pada google ” site:blog.umy.ac.id/lintasberita “ maka hasil yang keluar adalah tulisan yang pernah saya buat, page, kategori dan tag.

Disinilah manfaat lainnya dari penggunaan tag pada sebuah tulisan, tag akan dihitung google, jadi perbanyaklah penggunaa tag pada tulisan yang anda buat tetapi tentu saja penggunaan tag tersebut tidak berlebihan dan harus selalu sesuai dengan isi tulisan  yang anda buat.

  • Jumlah Referring Domain

Referring Domain pada intinya adalah banyaknya link / tautan / website yang memberikan link ke arah blog kita. Tautan – tautan tersebut bisa didapat dengan berbagai macam cara diantaranya :

  1. Bertukar link dengan teman sesama blogger dan berkomentar di banyak blog / website.
  2. Submit artikel yang anda buat ke situs – situs sosial bookmarking, seperti digg.com, infogue.com, lintas.me, atau lintasberita.web.id 🙂
  3. Daftarkan kebeberapa situs web 2.0 yang berkualitas Squidoo, HubPages, Technorati.
  4. Submit artikel ke situs yang menerima publikasi konten dari user atau membernya seperti EzineArticles.com
  5. Aktif di forum – forum yang memperbolehkan menggunakan Signature
  6. Usahakan berkomentar pada blog / website yang memiliki page rank tinggi.

Hal yang paling realistis yang bisa kita lakukan adalah saling bertukar link dan berkomentar / blogwalking dengan sesama blogger tetapi usahakan jangan yang sesama dari blog.umy.ac.id karena tidak akan menambah referring domain blog kita. Untuk penilaian referring domain ini yang menjadi rujukannya adalah www.majesticseo.com

  • Artikel ( A )

Anda harus membuat artikel tentang PIMNAS UMY 2012 yang akan diadakan di UMY. Tujuan dari penilaian ini adalah agar melatih kemampuan menulis para peserta, maka dari itu usahakan buatlah tulisan tentang PIMNAS UMY 2012 dengan sebaik mungkin, selengkap mungkin dan tentu saja enak untuk dibaca.

Artikel ini akan dinilai oleh juri, dan memiliki bobot penilaian tertinggi yaitu 45 %.

Jadi ayo segera bergabung dengan Kontes Blog UMY dan jangan takut karena pada lomba kali ini semua memiliki kesempatan menang yang sama.

Jika mengalami kesulitan / kurang jelas bisa tinggalkan pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini :
Visit My Own Website at Lintas Berita

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar