Lettering Aesthetic untuk Pemula

Di zaman sekarang banyak millenials  menyukai hal-hal yang aesthetic. Tak jarang, tulisan pun dibuat lebih bergaya agar terlihat lebih aesthetic. Agar tulisan terlihat lebih bergaya biasanya tulisan dibuat dengan cara lettering. Lettering  adalah seni menulis indah. Untuk membuat lettering kebanyakan orang menggunakan brush pen. Brush pen  adalah pena yang memiliki tip berbentuk kuas, tip-nya sangat fleksibel, sehingga mudah untuk digunakan untuk membuat lettering. Namun, bagi sebagian orang yang baru memulai lettering, menggunakan brush pen saat membuat lettering cukup susah karena sulit dikontrol. Biasanya permasalahannya terletak pada pengontrolan tebal tipis garis.

Kemudian, harga brush pen di pasaran dianggap mahal bagi sebagian orang. Biasanya harga satuan brush pen yang sudah cukup terkenal berada di kisaran Rp 15.000-Rp 25.ooo, dan harga per set-nya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Namun, saat ini sudah banyak bermunculan brush pen dengan harga yang sangat murah per set-nya. Walaupun demikian, brush pen yang murah tersebut memiliki kualitas yang kurang baik karena tip-nya sangat mudah rusak dan tintanya mudah menembus kertas.

Untuk mengatasi permasalahan brush pen tersebut dalam membuat lettering bisa mengguanakan teknik faux lettering. Faux merupakan kata berasal dari bahasa Perancis yang artinya palsu. Jadi, faux lettering berarti lettering yang tidak menggunakan alat sebenarnya. Alat tulis yang biasanya digunakan dalam membuat faux lettering adalah pulpen, pensil, highlighter, spidol, krayon, dll.

Yuk, langsung mulai ke langkah-langkahnya!

  1. Menulis huruf dengan gaya huruf sambung/latin.

2. Memberi garis tambahan pada garis down stroke.

3. Sebenarnya pada langkah kedua  faux lettering yang sudah dibuat bisa dianggap selesai. Namun, kebanyakan orang mengisi ruang diantara dua garis down stroke tersebut.

Demikian, langkah-langkah faux lettering, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar