Royal Jelly : Bahan Ajaib Dalam Ritual Kecantikan

Akhir-akhir ini sedang marak perawatan kulit yang menggunakan bahan utama royal jelly. Bahkan beberapa media di Indonesia pun mengulas tentang perawatan kulit yang mengandung royal jelly. Dan memang hasil yang didapatkan dari pemakaian royal jelly ini cukup signifikan. Banyak yang menggunakannya sebagai anti penuaan, menyamarkan bintik hitam di wajah, mencerahkan wajah, bahkan juga digunakan sebagai kosmetik.

Hasil pemakaian perawatan royal jelly

Mengapa royal jelly bisa mempunyai efek sedemikian rupa? Yuk kita mengenal lebih lanjut tentang royal jelly!

Royal jelly adalah cairan kental yang berasal dari kelenjar lebah pekerja. Royal jelly dikenal juga sebagai “superfood” yang hanya dikonsumsi oleh ratu lebah secara eksklusif. Royal jelly juga digunakan sebagai makanan larva lebah saat proses penetasan dan juga untuk memelihara pertumbuhan lebah muda. Superfood inilah yang menyebabkan ratu lebah berusia lebih panjang daripada lebah pekerja. Lebah pekerja rata-rata hanya bisa berumur selama enam minggu. Sedangkan ratu lebah yang mengonsumsi royal jelly, bisa hidup hingga dua sampai 3 tahun. Dan juga ratu lebah bisa tumbuh 42% lebih besar daripada lebah pekerja. Bayangkan jika royal jelly dioles ke kulit kita ya!

Royal jelly juga banyak digunakan untuk membantu bermacam-macam masalah kesehatan. Hal ini karena royal jelly mempunyai efek anti bakteri, anti tumor, anti alergi, anti inflamasi, dan juga dapat meningkatkan pertahanan tubuh. Selain itu, manfaat royal jelly yang baik bagi kulit adalah efek anti penuaan dan anti oksidan.

Apa saja sih komponen royal jelly? Kandungannnya antara lain air (50-60%), protein (18%), karbohidrat (15%), lemak (3-6%), garam mineral (1,5%), dan vitamin. Kurang lebih ada 185 komponen organik di dalam royal jelly. [1]

Royal jelly juga membantu penyembuhan luka. Menurut penelitian, royal jelly terbukti memperpendek masa penyembuhan luka.[2] Pada studi lain ditemukan bahwa royal jelly dapat melindungi kulit dari penuaan akibat sinar ultraviolet-B dengan cara meningkatkan produksi kolagen.[3]

Jenis kulit yang paling mungkin terbantu dengan royal jelly adalah kulit yang cenderung kering, karena royal jelly punya efek melembabkan. Pada sebuah studi didapatkan bahwa pemakaian losion royal jelly dapat meningkatkan kelembaban kulit secara signifikan. [4]

Satu hal lagi yang paling menarik dari royal jelly, ternyata zat ini dapat mengurangi bintik hitam di wajah. Banyak orang yang memiliki masalah bintik hitam di wajah seperti flek hitam dan bekas jerawat. Menurut penelitian, royal jelly dapat mengurangi bintik hitam dengan cara menghambat proses melanogenesis (proses produksi pigmen atau warna kehitaman pada kulit).[5]

Ternyata banyak sekali manfaat royal jelly yang dibuktikan oleh penelitian-penelitian ya! Jadi, apakah anda akan memasukkan royal jelly ke dalam ritual kecantikan anda?

 

Sumber:

[1] Pasupuleti et al., “Honey, Propolis, and Royal Jelly.”

[2] Kim et al., “Royal Jelly Enhances Migration of Human Dermal Fibroblasts and Alters the Levels of Cholesterol and Sphinganine in an in Vitro Wound Healing Model.”

[3] Park et al., “Royal Jelly Protects against Ultraviolet B-Induced Photoaging in Human Skin Fibroblasts via Enhancing Collagen Production.”

[4] Gu et al., “10-Hydroxy-2-Decenoic Acid in Royal Jelly Extract Induced Both Filaggrin and Amino Acid in a Cultured Human Three-Dimensional Epidermis Model.”

[5] Peng et al., “The Functional Property of Royal Jelly 10-Hydroxy-2-Decenoic Acid as a Melanogenesis Inhibitor.”

4 Comments on Royal Jelly : Bahan Ajaib Dalam Ritual Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar