IPTEK UMY

Informasi & Pendidikan Terkini

filateliPada tanggal 29 Maret 1922 klub filateli didirikan di Jakarta dengan nama Postzegelverzamelaars Club Batavia. Setelah berubah nama dan bentuk beberapa kali, perkumpulan ini sekarang dikenal sebagai Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), yang merupakan organisasi hobi bersifat nasional. Kegiatan filateli mendapat dukungan dari PT Pos Indonesia.

Filateli berasal dari bahasa Yunani yaitu philo (tertarik) dan ateleia (dibebaskan dari kewajiban dan pajak). Istilah ini kemudian digunakan dalam Bahasa Prancis yaitu “philatélie” dan untuk pertama kalinya dipergunakan oleh seorang Prancis bernama Georges Herpin pada tahun 1864. Istilah ini berarti menyenangi prangko yang merupakan benda pos yang sudah dibayar oleh pengirim, sehingga si penerima tidak berkewajiban membayar biaya pos tersebut.
Filateli atau kegiatan mengoleksi prangko merupakan “hobi terbesar di dunia”! Hobi ini dimulai di Inggris dan akhirnya digemari di seluruh dunia. Orang yang menggemari filateli atau senang mengumpulkan dan meneliti prangko disebut filatelis.
Hari Filateli Indonesia diperingati setiap tanggal 29 Maret yang merupakan tanggal berdirinya Perkumpulan Filatelis Indonesia.

Apa yang Dicari Kolektor Prangko?
Jumlah dan variasi prangko di seluruh dunia sangatlah banyak sehingga tidak seorang pun dapat berharap memiliki satu dari masing-masing prangko yang pernah diterbitkan. Lalu bagaimana para kolektor prangko memandang kegiatannya?

Ada sejumlah kolektor yang senang mengumpulkan prangko berdasarkan tema atau seri tertentu. Misalnya tema tentang alam, budaya, geografi, binatang, musik, negara, agama, film, fotografi, geologi, olahraga, dan berbagai tema lainnya. Misalnya ada para kolektor yang mengumpulkan prangko dari negara tertentu dalam sebuah album khusus untuk setiap negara.

Para kolektor lainnya mengumpulkan prangko dengan desain khusus. Misalnya prangko prisma, yaitu prangko yang diterbitkan dalam komposisi bergandengan dan dipisahkan oleh perforasi (lubang sepanjang tepi prangko). Atau juga prangko dengan bentuk segitiga, bundar, dan bentuk lainnya menjadi favorit sejumlah kolektor prangko.

Kolektor prangko lainnya berupaya mengumpulkan koleksi prangko edisi tua. Misalnya beberapa kolektor prangko mengumpulkan prangko pada zaman penjajahan Belanda. Bahkan tidak sedikit kolektor yang memburu prangko pertama yaitu “Penny Black” yang saat ini harganya mencapai lebih dari 7.000 dolar AS.

Beberapa kolektor lainnya mengumpulkan prangko yang memiliki kesalahan desain atau pencetakan prangko. Bagi mereka, memiliki sesuatu yang terabaikan oleh para kolektor lainnya, adalah hal yang penting. Misalnya prangko yang terbit dengan kesalahan penulisan, misalnya ada sebuah huruf yang lupa ditulis, akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding prangko yang sama dengan penulisan lengkap.

Related Post

  1. Taukah Mahasiswa dengan Filateli ?
  2. International Student Scholarships in Science at University of Hull, UK
  3. Ternyata Wortel Tidak “MENYEMBUHKAN” Minus
  4. ICE WaRM Masters Scholarship Programme
  5. Sejumlah Manfaat dan Aplikasi Madu Bagi Kecantikan
  6. 10 Kampus terbaik di dunia
  7. Hacker Incar situs besar
  8. Malaysia Diserang Hacker Indonesia
  9. UMY Blog Contest 2011
  10. Tips Browsing Akurat
  11. Konvergensi Teknologi Darurat Merapi
  12. Hujan Meteor Eta Aquarids
  13. Gempa Bumi, Jaringan XL Aman
  14. King Fahd University Scholarships
  15. Batasan Umur Pengguna Facebook Akan Dihapus?
Categories: kampus, Popular, random

PROFIL AKU

Moh Mahrus


Popular Posts

Persyaratan UMY Blog

[caption id="attachment_1269" align="alignnone" width="225" caption="Gambar"][/caption] Persyaratan Memiliki blog dengan alamat http://blog.umy.ac.id/namakontestan. Jika ...

INTERNATIONAL CLASS

INTERNATIONAL CLASS Preface Established in 2004, International Class is a special undergraduate ...

Lenin

Lahir di Simbirsk (kini ganti jadi Ulyanovsk untuk menghormatinya) pada ...

Ping Back

Tempat Ping Back Blog paling keren http://blogsearch.google.com/ping/RPC2 http://1470.net/api/ping http://api.feedster.com/ping http://api.moreover.com/RPC2 http://api.moreover.com/ping http://api.my.yahoo.com/RPC2 http://api.my.yahoo.com/rss/ping http://bblog.com/ping.php http://bitacoras.net/ping http://blog.goo.ne.jp/XMLRPC http://blogdb.jp/xmlrpc http://blogmatcher.com/u.php http://bulkfeeds.net/rpc http://coreblog.org/ping/ http://mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatt http://www.lasermemory.com/lsrpc/ http://ping.amagle.com/ http://ping.bitacoras.com http://ping.blo.gs/ http://ping.bloggers.jp/rpc/ http://ping.cocolog-nifty.com/xmlrpc http://ping.blogmura.jp/rpc/ http://ping.exblog.jp/xmlrpc http://ping.feedburner.com http://ping.myblog.jp http://ping.rootblog.com/rpc.php http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php http://ping.weblogalot.com/rpc.php http://ping.weblogs.se/ http://pingoat.com/goat/RPC2 http://rcs.datashed.net/RPC2/ http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2 http://rpc.blogrolling.com/pinger/ http://rpc.icerocket.com:10080/ http://rpc.newsgator.com/ http://rpc.pingomatic.com http://rpc.technorati.com/rpc/ping http://rpc.weblogs.com/RPC2 http://topicexchange.com/RPC2 http://trackback.bakeinu.jp/bakeping.php http://www.a2b.cc/setloc/bp.a2b http://www.bitacoles.net/ping.php http://www.blogdigger.com/RPC2 http://www.blogoole.com/ping/ http://www.blogoon.net/ping/ http://www.blogpeople.net/servlet/weblogUpdates http://www.blogroots.com/tb_populi.blog?id=1 http://www.blogshares.com/rpc.php http://www.blogsnow.com/ping http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi http://www.mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatter/ping.php http://www.newsisfree.com/RPCCloud http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php http://www.popdex.com/addsite.php http://www.snipsnap.org/RPC2 http://www.weblogues.com/RPC/ http://xmlrpc.blogg.de http://xping.pubsub.com/ping/

orang terkaya di Ind

Orang Terkaya di Indonesia Meski Nama Bakri sudah amat terkenal ...