Mar'atun Shalihah

Hanya Blog UMY situs lain

UK 1 PEREKONOMIAN INDONESIA

Posted by Mar'atun Shalihah 0 Comment

Nama :Mar’atun Shalihah
Nim :20160430165
Kelas : A
1. How is the Economy condition of Indonesia in last 5 years? Please explain by using data! (20)
-Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2013
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2013 sebesar hanya 5,78 persen. Angka tersebut turun dibandingkan sepanjang 2012 sebesar 6,23 persen.

Kepala BPS Suryamin memaparkan, pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2013 sebesar 5,72 persen, atau mengalami penurunan 1,42 persen dibanding kuartal III-2013. “Triwulan empat ini dari pengalaman selalu lebih rendah dibanding triwulan tiga setiap tahunnya,” kata Suryamin, di Kantor BPS, Rabu (5/2/2014).
Kendati mengalami penurunan, Suryamin mengatakan ekspor pada triwulan IV-2013 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hal ini disebabkan negara-negara yang tadinya terdampak krisis global seperti China dan Amerika Serikat mulai pulih. Bakan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang tadinya diprediksikan hanya 1,6 persen, realisasinya 1,9 persen.Lebih lanjut dia mengatakan, pertumbuhan terjadi di semua sektor ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi di sektor pengangkutan dan komunikasi sebesar 10,19 persen, dengan nilai Rp 292,4 triliun. Berturut-turut disusul sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan dengan pertumbuhan 7,56 persen, dengan nilai Rp 272,1 triliun. Sektor ketiga yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah konstruksi, di mana mencatat pertumbuhan 6,57 persen dengan nilai Rp 182,1 triliun. Sementara itu pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian tercatat paling kecil sebesar 1,34 persen dengan nilai Rp 195,7 triliun.
Sedangkan jumlah total produk domestik bruto (PDB) sepanjang 2013 adalah Rp 9.084 triliun Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB). Sedangkan PDB Atas Dasar Harga Konstan (tahun 2000) adalah Rp 2.770,3 triliun. Untuk kuartal-IV 2013 sendiri PDB ADHB sebesar Rp 2.367,9 triliun, dan ADHK sebesar Rp 699,9 triliun. Angka ini naik dibanding kuartal-IV 2012, dimana PDB ADHB sebesar Rp 2.092,4 triliun, dan ADHK sebesar Rp 662,1 triliun.

-Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2014
Perekonomian Indonesia tahun 2014 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 10 542,7 triliun dan PDB perkapita mencapai Rp41,8 juta atau US$3,531.5.Ekonomi Indonesia tahun 2014 tumbuh 5,02 persen melambat dibanding tahun 2013 sebesar 5,58 persen. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 10,02 persen. Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 12,43 persen. Ekonomi Indonesia triwulan IV-2014 bila dibandingkan triwulan IV-2013 (y-on-y) tumbuh sebesar 5,01 persen melambat bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,61 persen.Ekonomi Indonesia triwulan IV-2014 mengalami kontraksi 2,06 persen bila dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q). Dari sisi produksi, hal ini disebabkan oleh efek musiman pada lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang kontraksi 22,44 persen. Dari sisi pengeluaran disebabkan oleh penurunan Ekspor neto.Secara spasial, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 didorong oleh aktivitas perekonomian di Pulau Jawa yang tumbuh 5,59 persen dan Pulau Sumatera sebesar 4,66 persen.

Pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2015

Mengacu catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 sebesar 4,79 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Enny Sri Hartati, perlambatan ekonomi sebenarnya tidak hanya dialami Indonesia. Lesunya perekonomian global pada beberapa tahun terakhir membuat pertumbuhan ekonomi banyak negara melambat. “Cuma, pertumbuhan ekonomi Indonesia terlalu jauh di bawah potensinya. Harusnya bisa di kisaran 5 persen.Enny mengatakan, penyebab utama perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2015 adalah anjloknya konsumsi rumah tangga. Sepanjang 2015, konsumsi rumah tangga hanya mampu tumbuh 4,96 persen. ,” kata Enny kepada kompas.com, Minggu (7/2/2016).

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,02 persen di 2016. Angka ini lebih tinggi dari 2015 yang dikoreksi sebesar 4,88 persen.Demikian pula realisasi pertumbuhan ini juga lebih tinggi dibandingkan 2014 yang sebesar 5,01 persen, meski masih lebih rendah dari 2013 yang di posisi 5,56 persen.Adapun untuk kuartal IV-2016 pertumbuhan ekonomi mencapai 4,94 persen. Ini lebih rendah dari kuartal sebelumnya yang sebesar 5,02 persen. Juga lebih rendah dibanding laju ekonomi kuartal IV tahun 2015 yakni 5,04 persen. “Memang pertumbuhan ekonomi menurun, tapi mulai naik grafiknya menandai perbaikan pertumbuhan ekonomi. Diharapkan pertumbuhan ekonomi ini menjadi lebih kuat,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017

Badan Pusat Statistik resmi merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV tahun 2017 mencapai 5,19%. Hal ini menandakan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2017 lalu hanya tumbuh sebesar 5,07%.

Bila dibandingkan dengan pertumbuhan di tahun 2016, pada tahun 2017 terjadi peningkatan meskipun angkanya amat tipis. Sebelumnya pemerintah menargetkan angka pertumbuhan di tahun 2017 adalah 5,2%.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, ada beberapa indikator yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah.
Salah satunya adalah pertumbuhan konsumsi masyarakat yang hanya di angka 4,95%. Menurun sebesar 0,05% bila dibandingkan pada tahun 2016. Melambatnya konsumsi rumah tangga yang terjadi diperkirakan karena inflasi di tahun 2017 yang lebih besar dari tahun sebelumnya.
Walau pertumbuhan ekonomi di 2017 tidak sesuai dengan target yang ditetapkan, Sri Mulyani menilai bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2017 di luar prediksi Kementerian Keuangan hanya hanya pada kisaran 5,11%, faktanya pada kuartal IV justru tumbuh 5,19%.
Perekonomian Indonesia tahun 2017 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp13.588,8 triliun dan PDB perkapita mencapai Rp51,89 juta atau US$3.876,8. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 9,81% dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 9,09%.

2. In this 4th Industry revolution era, how is the opportunity of Indonesia to become developed country? (20)
Untuk peluang memajukan Negara Indonesia Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan strategi untuk meningkatkan daya saing Indonesia, terutama melalui peluang dari implementasi Industri 4.0. Hal ini akan membuat Indonesia sama dengan‎ Jerman, Prancis, dan China yang telah menetapkan strategi untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dari revolusi industri ke-4 ini.‎Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Ngakan Timur Antara mengatakan,‎ langkah strategis yang perlu dijalankan, antara lain adalah peningkatan kualitas dan intensitas kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) di berbagai lini. Dengan demikian, diharapkan dapat menumbuhkan inovasi dalam pengembangan sektor manufaktur nasional.
“Jadi, upaya yang harus dibangun adalah penguatan inovasi bagi sektor industri. Langkah ini perlu kolaborasi dengan seluruh stakeholder,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (23/4/2018).
Dengan menerapkan strategi strategi tersebut kemungkinan besar Indonesia berpeluang maju jika dimanfaatkan pula SDM dan SDA yang ada.

3. Please explain how does politics affect economic outcomes? Give examples! (20)
Ekonomi dan politik merupakan dua aspek atau sektor terpenting dalam sebuah negara. Dua aspek ini tidak bisa dipisahkan karena memiliki hubungan yang sangat erat, bila mereka berdiri sendiri niscaya akan terjadi sebuah masalah yang besar di suatu negara tersebut. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajarai tentang tata keuangan suatu negara.Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara. Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka kegiatan ekonomi secara umum akan berjalan dengan lancar. Tiap pembentukan pola bisnis juga senantiasa berkait erat dengan politik. Budaya politik merupakan serangkaian keyakinan atau sikap yang memberikan pengaruh terhadap kebijakan dan administrasi publik di suatu negara, termasuk di dalamnya pola yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi atau perilaku bisnis.
Terdapat politik yang dirancang untuk menjauhkan campur tangan pemerintah dalam bidang perekonomian/bisnis. Sistemnya disebut sistem liberal dan politiknya demokratis. Ada politik yang bersifat intervensionis secara penuh dengan dukungan pemerintahan yang bersih. Ada pula politik yang cenderung mengarahkan agar pemerintah terlibat/ ikut campur tangan dalam bidang ekonomi bisnis.
Indonesia lebih mengacu pada pola terakhir, yakni pemerintah terlibat atau turut campur tangan dalam bisnis. Hal ini dapat dilihat dalam hukum maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk menunjang perekonomian dan bisnis.
Contohnya : Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis. Dalam konteks ini, kinerja sistem ekonomi-politik sudah berinteraksi satu sama lain, yang menyebabkan setiap peristiwa ekonomi-politik tidak lagi dibatasi oleh batas-batas tertentu Sebagai contoh, IMF, atau Bank Dunia, atau bahkan para investor asing mempertimbangkan peristiwa politik nasional dan lebih merefleksikan kompromi-kompromi antara kekuatan politik nasional dan kekuatan-kekuatan internasional.
Tiap pembentukan pola bisnis juga senantiasa berkait erat dengan politik. Budaya politik merupakan serangkaian keyakinan atau sikap yang memberikan pengaruh terhadap kebijakan dan administrasi publik di suatu negara, termasuk di dalamnya pola yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi atau perilaku bisnis.
Terdapat politik yang dirancang untuk menjauhkan campur tangan pemerintah dalam bidang perekonomian/bisnis. Sistemnya disebut sistem liberal dan politiknya demokratis. Ada politik yang bersifat intervensionis secara penuh dengan dukungan pemerintahan yang bersih. Ada pula politik yang cenderung mengarahkan agar pemerintah terlibat/ ikut campur tangan dalam bidang ekonomi bisnis.
Indonesia lebih mengacu pada pola terakhir, yakni pemerintah terlibat atau turut campur tangan dalam bisnis. Hal ini dapat dilihat dalam hukum maupun kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk menunjang perekonomian dan bisnis.

4. Please give the data of your province budget! And explain! (20)
APBD 2017 Nusa Tenggara Barat Diperkirakan Tembus Rp 5 T
DPRD Nusa Tenggara Barat memperkirakan pada 2017 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat akan meningkat hingga mencapai Rp 5 triliun.
“Peningkatan ini karena terdapat penambahan dalam pos anggaran baik dari APBD, dana hibah, maupun Dana Alokasi Umum (DAU),” kata Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi di Mataram, Kamis, 13 Oktober 2016.
Mori mengaku optimistis perekonomian Provinsi NTB di tahun 2017 akan lebih baik dari 2016. Terlebih, DAU untuk Provinsi NTB yang sempat tertunda akan dibayarkan pada Desember 2016 sebesar Rp 40,4 miliar.
“Sementara pembayaran DAU untuk dua bulan sebesar Rp 121 miliar akan dicairkan pada Januari 2017 sehingga kami perkirakan APBD Provinsi NTB tembus Rp 5 Triliun,” jelasnya.
Saat ini, kata dia, DPRD sedang bersiap untuk membahas KUA PPAS dan RAPBD 2017. Rencananya, pembahasan KUA PPAS dan RAPBD 2017 itu berlangsung awal November 2016.
“Jika tidak ada persoalan yang krusial, kita yakin pembahasan KUA PPAS dan RAPBD 2017 dapat selesai dalam waktu seminggu dengan pembahasan secara marathon,” ucapnya.
Menurut dia, pihaknya optimistis karena terkait juga dengan adanya pelimpahan wewenang pengurusan SMA/SMK ke pemerintah provinsi. Terakit dengan itu, dia memperkirakan dana yang akan diterima Pemerintah Provinsi NTB lebih kurang Rp 600 miliar.
Belum lagi rencana ada kenaikan pajak daerah, pajak rokok, dan peningkatan PAD yang mendorong kenaikan APBD NTB 2017. Dengan begitu, ia yakin berbagai program pemerintah NTB termasuk perekonomian masyarakat akan berdampak positif.
“Kita lihat saja nanti bagaimana dampak dari penambahan APBD NTB terhadap perekonomian masyarakat,” katanya.

5. Explain the function of “APBN” in Indonesia and give the example! (20)
a. Fungsi alokasi
Dana yang ada dalam APBN bisa di pakai untuk mengatur dana yang ada dari seluruh pendapatan negara pada pos pos belanjaan yang berguna untuk mengadakan barang-barang serta berbagai jasa public yang sudah beroperasi. Selain itu juga berguna untuk pembiayaan adanya pembangunan yang bersifat milik pemerintah.
b. Fungsi distribusi
Berguna untuk mencapai sama rasa dan sama rata antar wilayah dan daerah, sehingga kelas social dan geps antara rakyat satu dengan lainnya akan terkurangi. Selain itu, dana juga di gunakan untuk kepentingan bersama seperti pembangunan sarana pemerintahan yang nantinya akan kembali ke tangan rakyat dalam bentuk lain, misalnya subsidi, beasiswa, dana pension, serta yang lainnya. Bentuk dana dari bagian ini akan bersifat seperti payment transfer, yakni pengalihan pembiayaan yang berasal dari satu sector ke pada sector lainnya.
c. Fungsi stabilitas
Sedangkan di tinjau dari fungsi stabilitas negara, seperti ketika terjadi ketidak seimbangan antara masyarakat yang bersifat ekstrem karena pengaruh globalisasi, maka pemerintahlah yang akan menangani. Yakni dengan mengembalikan melalui intervensi sehingga keadaan akan kembali ke posisi semula atau normal. Kemudian APBN dalam menjaga stabilitas juga termasuk sebagai alat yang berguna untuk mencegah jika nantinya terjadi inflasi dan deflasi negara yang tinggi.
d. Fungsi Regulasi
APBN yang sudah ada dan di laksanakan berguna sebagai alat yang mampu mendorong kebutuhan ekonomi negara, yang mana dalam jangka akhirnya bisa meningkatkan kemakmuran rakyat. Bagaimana caranya? Yakni dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di dalam masyarakat.
e. Fungsi pengawasan
Dana APBN yang di jalankan oleh pemerintah juga berguna sebagai bentuk pengawasan. Hal ini berkaitan dengan control pihak legislative pada pihak eksekutif mengenai dana yang di gunakan karena banyak politik luar negeri Indonesia yang menggunakan APBN. Sebab jika perhitungan dana yang keluar tidak sesuai dengan anggaran yang sudah di rencanakan, di khawatirkan terjadi korupsi.
f. Fungsi perencanaan
Perencanaan yang berguna untuk mengatur dan merencanakan dana yang akan di gunakan ke depannya. Rencana ini di gunakan pula sebagai acuan nantinya negara ke depan akan berfokus pada bagian mana. Misalnya saja ingin lebih memajukan bagian pendidikan, maka pemerintah bisa mencanangkan anggaran beasiswa lebih besar dari sebelumnya.
g. Fungsi otorisasi
Kewenangan pemerintah mengalokasikan sumber daya sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan saat tahun itu. Maka jika tahun 2015, pemerintah akan membuat anggaran dana sesuai dengan tahun 2016, yang mana seluruh hak dan kewenangannya berdasarkan apa yang sudah di tulis di APBN tahun 2016.

h. Pedoman pemerintah
Sedangkan dalam sisi menejemen, APBN yang sudah ada menjadi pedoman pemerintah ketika hendak menyusun APBN untuk tahun ke depannya. Bagaimana yang di rasa harus di kurangi sumber dananya, dan bagian mana yang sebaiknya mendapatkan perhatian khusus jadi di lakukan penambahan dana. Pedoman ini di harapkan agar alokasi dana yang ada bisa di tingkatkan efektifitasnya.

i. Tolak ukur pemerintah

Kemudian pemerintah bisa mengukur seberapa pas strategi dan kebijakan yang sudah di ambil. Pengalokasian dana ini bisa menjadi barometer apakah sekiranya dana yang sudah di anggarkan mendapatkan tempat yang sesuai dengan kebutuhan negara atau belum. Bisa juga di rencanakan untuk tahun-tahun ke depannya agar lebih baik dan lebih maju.

Categories: maratunshalihah

PROFIL AKU

Mar'atun Shalihah


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

UK 1 PEREKONOMIAN IN

Nama :Mar’atun Shalihah Nim :20160430165 Kelas : A 1. How ...

UK 1 PEREKONOMIAN IN

Nama :Mar’atun Shalihah Nim :20160430165 Kelas : A 1. How ...

Annotated Bibliograp

Asnuddin, Andi 30 Apr 2012  Pendekatan Partisipasi Dalam Pembangunan Proyek ...

ekonomi internasiona

NAMA :MAR’ATUN SHALIHAH NIM :20160430165 MATKUL:EKONOMI INTERNASIONAL KELAS :G 1.Gambarkan dan jelaskam keseimbangan dalam ...