Arsitektur

Arsitektur merupakan ilmu yang mempelajari mengenai perancangan bangunan. Lingkup studi arsitektur saat ini telah diperluas. Selain merancang bangunan, perancangan berbagai lingkungan binaan seperti ruang terbuka, lansekap, bahkan perancangan fisik kota, telah termasuk ke dalam lingkup studi arsitektur.

Secara umum, arsitektur termasuk ke dalam disiplin teknik. Akan tetepi, arsitektur tidak sepenuhnya mempelajari aspek ketektikan dari suatu bangunan, namun juga aspek seni atau estetika dari bangunan tersebut.

Di Indonesia, disiplin ilmu arsitektur merupakan salah satu yang telah berkembang. Sejak zaman kolonial Belanda, arsitek Belanda telah banyak membuat bangunan dengan ciri khas kolonial Hindia Belanda yang dirancang untuk beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia.

Hal ini membuat lulusan jurusan arsitektur telah diakui di Indonesia sejak lama dan banyak dibutuhkan oleh berbagai bidang, seperti pemerintah, BUMN, atau swasta. Selain itu, banyak juga lulusan jurusan arsitektur yang bekerja merancang bangunan secara pribadi atau membuka biro arsitektur sendiri.

Lulusan jurusan arsitektur dari Indonesia akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang keteknikan, khususnya teknologi dan perancangan bangunan. Melalui karir di bidang tersebut, akan mendapatkan banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar