Desain Interior

Desain interior adalah salah satu cabang seni rupa yang fokus terhadap perancangan ruang dalam suatu bangunan. Desain interior terdiri dari dua suku kata, yaitu “desain” dan “interior”. Dalam KBBI desain berarti “kerangka bentuk; rancangan”, jadi desain adalah kegiatan merancang suatu rancangan. Namun arti dari kata desain tidak dapat dijabarkan sesederhana itu (lengkapnya ada diblog saya).

Interior sendiri dalam KBBI adalah bagian dalam gedung (ruang dan sebagainya) atau tatanan perabot (hiasan dan sebagainya) di dalam ruang dalam gedung dan sebagainya. Jadi sudah jelas rasanya apa yang dimaksud dengan interior. Maka dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah perancangan bagian dalam gedung sebelum benar-benar dibuat, agar bagian dalam gedung berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Karena desain interior adalah salah satu cabang ilmu dari seni rupa, maka elemen-elemen serupa dari elemen seni rupa juga dapat ditemukan, seperti: garis, titik, bidang, tekstur, warna, ruang, dsb. Namun desain interior memiliki elemen unik dan spesifik yang harus diperhatikan ketika merancangnya.

Tugas dan jangkauan pekerjaan desainer interior meliputi perancangan furniture dan asesoris ruangan lainnya, tidak hanya memilih dan mencocokannya saja seperti dekorator interior. Dan tujuan desain interior meliput: Memperbaiki fungsi, Memperkaya nilai estetika, Meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar