Perbedaan antara Tulisan Ilmiah dan Tulisan Non-Ilmiah

Dalam penulisan ilmiah itu ada tulisan ilmiah dan tulisan non-ilmiah, adapun perbedaan dari keduanya yaitu sebagai berikut.

  • Tulisan Ilmiah

Sebuah karya tulis yang dihasilkan melewati suatu pengamatan atau penelitian berdasarkan fakta atau bersifat objektif dan faktual yang artinya sesuai data tidak dikarang-karang. Disusun dengan menggunakan metode ilmiah dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan benar. Tulisan ilmiah juga disebut sebagai laporan tertulis hasil kegiatan ilmiah.

Gaya bahasa dalam tulisan ilmiah itu cenderung baku, formal dan lugas. Struktur pada penulisan ilmiah itu bersifat baku. Dapat juga diidentifikasi unsur-unsurnya, informasi umumnya diikuti dengan penjelasan. Tulisan ilmiah juga disusun untuk kepentingan pribadi. Contoh tulisan ilmiah yaitu makalah, artikel, skripsi dan lain-lain.

  • Tulisan Non-Ilmiah

Sebuah karya tulis yang tidak dihasilkan melewati suatu pengamatan atau penelitian berdasarkan non-fakta atau tidak fakta, melainkan bersifat fiktif atau subjektif lebih ke imajinasi atau karangan dari penulis. Disusun dengan menggunakan jenis karangan non-metode ilmiah.

Gaya bahasa dalam penulisan non-ilmiah lebih cenderung ke sastrawi dan berkias. Cenderung kiasan dan beropini tanpa menganalisis. Strukturnya tidak baku. Tulisan non-ilmiah ini disusun untuk kepentingan seni dan kepuasan batin. Contoh tulisan non-ilmiah yaitu puisi, berita, novel dan lain-lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar