Mari Belajar Ke Universitas Terbaik

Coba Tengok Universitas Terbaik Ah…

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah             : SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta

Mata Pelajaran            : Aqidah

Kelas / Semester          : X / I

Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit

 

  1. A.  STANDAR KOMPETENSI

Meningkatkan Pemahaman tentang Dienul Islam

  1. B.  KOMPETENSI DASAR

Memahami dan pengertian dienul Islam serta menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. C.  INDIKATOR
  • Menjelaskan pengertian dienul Islam.
  • Menyebutkan pentingnya manusia untuk beragama dan berkeyakinan yang benar.
  • Menjelaskan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam.
  • Menjelaskan ruang lingkup dienul Islam berdasar Qur’an dan hadits.
  • Menyebutkan ciri-ciri khusus dienul Islam dan dalilnya.

 

  1. D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa mampu menjelaskan pengertian dienul Islam.
  • Siswa mampu menyebutkan pentingnya manusia untuk beragama dan berkeyakinan yang benar.
  • Siswa mampu menjelaskan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam.
  • Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup dienul Islam berdasar Qur’an dan hadits.
  • Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri khusus dienul Islam dan dalilnya.

 

  1. E.  MATERI PEMBELAJARAN
    1. 1.      Pengertian Dinul Islam

Secara Etimologis/Bahasa Dinul Islam terdiri dari dua kata bahasa Arab, Yaitu Ad din dan Islam. Kata Ad din yang berarti Agama (Bhs. Sansekerta : A = Tidak, Gama = Kacau (Chaos), Ibadah, kebenaran, ketaatan (peraturan/hukum) dan Hari Pembalasan (kiamat) kata Ad Din disebut sebanyak 26 kali dalam Al Qur’an, sedangkan Kata Islam disebut 24 kali dalam Al Qur’an dengan arti yang berbeda sesuai kata dasarnya. Aslama-yuslimu-islaman = Penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Salima-yaslamu-salamatan = Kesejahteraan atau Keselamatan. Sullamun = Jenjang /Tangga ke atas. Saliimun = Bersih atau Sehat.

Secara terminologis/Istilah Ad Din dapat diartikan sebagai peraturan hidup yang harus ditaati dengan sepenuh hati dan jiwa yang bersih, dengan tujuan mendapatkan kesejahteraan di dunia sampai hari kiamat dan akhirat.

Islam dapat diartikan Taat , tunduk dan menyerahkan diri atas segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Secara Terminology/Istilah Dinul Islam adalah Agama yang disyariatkan Allah dengan perantaraan Nabi Muhammad SAW, yang berupa perintah-perintah dan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat.

  1. 2.      Manusia dan Agama

Dalam sejarah manusia, kebutuhan akan adanya kekuatan yang diluar dirinya, sudah ada sejak zaman dahulu, kekuatan ghaib telah disadari keberadaannya, yaitu kekuatan yang berada di luar dirinya , kekuatan yang melebihi dan mempengaruhi segala tenaga dan usaha manusia.

Dinamisme adalah Kepercayaan seseorang yang meyakini bahwa benda-benda tertentu mempunyai kekuatan diatas kekuatan dirinya.

Animisme adalah Penyembahan terhadap leluhur yang diyakini mampu memberi mereka pertolongan dan keselamatan.

Polytheisme adalah Kepercayaan adanya banyak tuhan.

  1. 3.      Bangsa Arab Sebelum Islam

Gambaran Umum masyarakat Arab sebelum kedatangan Islam :

Kondisi Geografis : Pada Umumnya Gurun pasir yang kering dan tandus dan sangat sedikit yang bisa dijadikan sebagai hunian atau tempat tinggal.

Kondisi Sosial : Berkarakter keras, tidak ramah dan primitif. Pola hidupnya nomaden (berpindah-pindah tempat). Tradisi lain yang melekat pada mereka adalah pembunuhan dan permusuhan, mengubur hidup-hidup anak perempuan yang baru dilahirkan. (QS. An Nisa 29)

Kondisi keagamaan : keberagamaan masyarakat Makkah diekspresikan dengan menyembah berhala/patung-patung (tradisi Syiria). Disekeliling Ka’bah terdapat 360 berhala (buku al minal wa an Nihal, karya asy Syahrastani). Hubal adalah berhala yang dianggap paling penting karena dianggap dapat mendatangkan hujan. Selain itu, ada tiga patung lain yang terkenal yaitu Manat, Latta dan Uzza.

Kondisi Moral : Karena hukum yang berlaku adalah hukum rimba, maka perilaku mereka sangat jauh dari kebenaran dan aturan agama, sebagai contoh : kebiasan minum khamr (minuman keras), sex bebas dan lain-lain.

Kondisi Ekonomi : Idiom yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin, terjadi pada masyarakat Makkah waktu itu. Monopoli, riba, penyerobotan harta benda dan kecurangan menjadi pemandangan umum waktu itu.

  1. 4.      Ruang Lingkup Dinul Islam

!$tBur š»oYù=y™ö‘r& žwÎ) ZptHôqy‘ šúüÏJn=»yèù=Ïj9 ÇÊÉÐÈ

  1. 107.  Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Pembahasan tentang dinul islam, meliputi tiga unsur pokok yang sangat mendasar, yang harus ada pada setiap muslim, yaitu : Iman, Islam dan Ihsan.

Iman adalah Aqidah, Islam adalah syariatnya, dan Ihsan sebagai Akhlaknya.

Iman adalah Membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan merealisasikan dengan segenap anggota badan akan adanya Allah SWT dengan segala kesempurnaan-Nya, para malaikat, kitab-kitab Allah, para Nabi dan Rasul, hari akhir serta qadha dan qodar.

Islam adalah Taat, tunduk dan menyerahkan diri atas segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Islam dibangun atas syahadatain (dua kalimat syahadat), sholat, zakat, puasa dan haji.

                        Ihsan adalah berakhlak dan berbuat saleh, sehingga dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan bermuamalah dengan sesama makhluk, dilakukan dengan segala keikhlaasan, seakan-akan Allah melihat dan menyertainya, meskipun dirinya tidak dapat melihat Allah.

  1. 5.      Ciri-ciri Khas Dinul Islam

a)      Melanjutkan tradisi tauhid (QS. Al Anbiyaa’ ayat 25, dan QS. Al Baqarah : 201)

b)      Menyempurnakan agama yang terdahulu (QS. Al Furqan ayat 1, dan QS. Al Hijr ayat 9)

c)      Agama Fitrah

d)     Pendorong Kemajuan (QS. Yunus ayat 101, Ali imran ayat 191, dan Ar Ra’du ayat 11)

e)      Mengintegrasikan Iman, Ilmu Amal. (QS. Al Mujadilah ayat 11, dan QS. Ar Rahman ayat 33)

f)       Memberikan pedoman hidup bagi manusia.

 

  1. F.   METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah
    2. Tanya Jawab
    3. Diskusi

 

  1. G.  SUMBER / ALAT BELAJAR

Sumber Belajar            : Buku Aqidah X Pimpinan Wilayah Muhammadiyah

Alat Belajar                 : Kapur Tulis / Spidol, Papan Tulis, Laptop dan LCD Proyektor

  1. H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
  2. Kegiatan Awal ( 5 menit )

Diawali dengan membaca basmalah

Apersepsi pengetahuan siswa tentang Dinul Islam

  1. Kegiatan Inti ( 30 menit )

Guru menerangkan materi tentang Dinul Islam

Guru memberikan tanya jawab tentang Dinul Islam

Guru menugaskan siswa untuk mencari bukti dari media masa bahwa ajaran islam mempengaruhi aspek kehidupan.

  1. Kegiatan Akhir (10 menit)

Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan terhadap materi yang sudah dipahami

Guru menyimpulkan materi pelajaran yang sudah disampaikan.

Guru mengakhiri pembelajaran dengan doa bersama

 

 

 

  1. I.     PENILAIAN
  2. Jenis Penilaian

ü  Penilaian keaktifan siswa dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung

ü  Kepahaman siswa dapat dilihat dari mampu tidaknya siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

  1. Nontest
  2. Tugas
  3. Test

ü  Bentuk Instrument

  1. Pengamatan observasi
  2. Tugas individual

 

Yogyakarta, 13 September  2011

Mengetahui,

Guru Pembimbing                                                               Mahasiswa Praktikan

Woro Kusumaningrum, S.Ag.                                                          Nitaque Andang jaya

NBM. 966 683                                                                    NPM. 20100720064

 

Categories: pendidikan

PROFIL AKU

Nitaque Andang Jaya


Popular Posts

Nilai Agama Dalam Se

Nilai Agama Dalam Seni Macapat   Latar Belakang Masalah : Pertama kali mendapatkan ...

Contoh RENCANA PELAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama Sekolah             : SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Mata Pelajaran            ...

Contoh RENCANA PELAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Nama Sekolah             : SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Mata Pelajaran            ...

Kumpulan Puisi Terba

HUJAN BULAN JUNI Sapardi Djoko Damono   tak ada yang lebih tabah dari ...

Kumpulan Puisi Terba

AKU INGIN Sapardi Djoko Damono   Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang ...