kepribadian muslimah

Just another Blog UMY site

tugas SIP

Posted by idha ayu komang wati 0 Comment

TUGAS MERESUM

NAMA             : MARTIWI RINI IDHAWATI

NPM    : 20090720167

SISTEM INFORMATIKA PENDIDIKAN

Sistem informatika pendidikan adalah seperangkat unsur perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi berbasis komputer untuk memanusiakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (proses, perbuatan, dan cara mendidik). Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Namun, teknologi tetap akan memperlebar jurang antara di kaya dan si miskin. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.

Globalisasi informasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui informasi. Ciri dari globalisasi informasi yang pertama adalah semakin tingginya peradaban. Ciri yang kedua adalah penyerbuan komunikasi dan informasi yang menembus batas-batas budaya. Ciri yang ketiga adalah tingginya laju transformasi sosial. Ciri yang keempat adalah terjadinya perubahan gaya hidup (lifestyle). Ciri yang kelima adalah semakin tajamnya gap antara negara industri dengan negara berkembang. Transformasi sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat atau proses di mana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial. Gejala yang dapat mengakibatkan perubahan sosial memiliki ciri-ciri antara lain: Setiap masyarakat tidak akan berhenti berkembang, perubahan yang terjadi diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga sosial, terjadinya disorganisasi, Perubahan tidak dibatasi oleh bidang kebendaan. Faktor pendorong transformasi sosial antara lain Kontak dengan kebudayaan lain, Sistem pendidikan formal yang maju, Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju, Sistem terbuka pada lapisan masyarakat. Faktor penghambat transformasi sosial antara lain Kurang berhubungan dengan masyarakat lain, Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat, Sikap masyarakat yang sangat tradisional, Adanya kepentingan-kepentingan yang telah tertanam kuat, Dengan banyak informasi masyarakat diharapkan dapat menyeleksi info yang baik dan info yang buruk sehingga tidak mudah tertipu oleh oranglain dan mampu bersaing dengan orang lain serta mampu berdiri sendiri.

Pendidikan sebagai sistem informatika adalah upaya pendidikan menjadi pusat informasi bagi unsur-unsur yang ada dalam pendidikan. Ciri-ciri pendidikan sebagai sistem inormatika adalah : kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan jaman, menganggap informasi sebagai suatu kebutuhan, memanfaatkan system informatika dalam menyelesaikan berbagai tugas ataupun permasalahan yang ada, menggunakan media informasi dalam belajar mengajar, menjadikan pendidikan sebagai upaya untuk memperkenalkan system informatika, mengupayakan sumber daya manusia untuk terus mempelajari system informatika yang ada dan adanya pelatihan, bimtek dan kepedulian semua unsure pendidikan terhadap pentingnya system informatika dalam kehidupan sehari-hari. Peran pendidikan sebagai sistem informatika adalah : memasyarakatkan ideologi dan nilai-nilai sosio-kultural bangsa , mempersiapkan tenaga kerja untuk mendorong perubahan sosial, mengefektifkan system informatika, memberikan informasi mengenai perkembangan system informatika dan memperluas pengetahuan. Faktor pendukung pendidikan sebagai sistem informatika adalah : Infrastruktur, Sumber Daya Manusia, Kebijakan, Finansial, Konten dan Aplikasi. Sedangkan faktor penghambat pendidikan sebagai sistem informatika adalah : rendahnya kesadaran unsur-unsur pendidikan dalam memanfaatkan sistem informasi dan mengembangkan sistem informasi, akses yang tidak merata, penyebaran informasi yang tidak terkendalikan.

Latar belakang munculnya sistem informatika pendidikan adalah  bahwa dalam dunia pendidikan, keberadaan sistem informasi merupakan penentu kinerja pendidikan, salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan itu sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem informatika pendidikan antara lain: Teknologi informasi telah menjadi salah satu alat untuk meningkatkan efisiensi aktivitas operasional lembaga pendidikan, banyaknya penilaian masyarakat tentang kualitas pendidikan dari kemampuan sebuah lembaga pendidikan dalam menyajikan jasa pendidikan dalam  menggunakan teknologi informasi, tantangan dunia pendidikan yang dituntut menyediakan lulusan yang bermutu dan siap pakai dalam lapangan pekerjaan, adanya persaingan antara lembaga pendidikan yang sudah ada.

Dengan adanya sistem informtika pendidikan maka muncul pendidikan jarak jauh yaitu jenis pendidikan dimana peserta didik berjarak jauh dari pendidik, sehingga pendidikan tidak dilakukan dengan cara tatap muka. Maka penyajian materi pembelajaran kepada peserta didik harus melalui media. Prinsip dan bentuk program PJJ Bertujuan meningkatkan mutu kemampuan para peserta didik sesuai dengan bidang kemampuan, minat dan bakatnya masing-masing agar lebih mampu meningkatkan mutu dirinya sendiri. Sistem informasi pendidikan untuk sekolah adalah suatu sistem dalam sekolah yang merupakan kombinasi yang terdiri dari manusia, fasilitas, teknologi dan pengendalian yang berfungsi untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat untuk sekolah. Kendala dalam penyusunan Sistem Informasi Pendidikan untuk Sekolah, diantaranya adalah masih belum memadainya sarana/prasarana sekolah, masih kurangnya SDM yang memahami dan menguasai konsep dan implementasi sistem dan teknologi informasi, sulitnya mengubah perilaku siswa yang cenderung pasif untuk menghadapi pola siswa aktif, dll. Manfaat dari adanya sistem informasi pendidikan di sekolah antara lain membantu dalam pelaksanaan manajerial sekolah, menyederhanakan dan mempermudah administrasi sekolah, mempercepat pelayanan terhadap siswa maupun pihak-pihak yang terkait dengan sekolah, dll.

Nilai komunikasi dalam sebuah aspek kehidupan menjadi hal yang sangat urgen. Terlebih dalam ruang lingkup pendidikan, karena tatkala proses komunikas antara pendidik dan peserta didik tidak berjalan dengan lancar, maka mau tidak mau proses transformasi ilmu akan mengalami gangguan. Guru yang efektif adalah guru yang mampu membawa siswanya dengan berhasil mencapai tujuan pengajaran. Mengajar di depan kelas merupakan perwujudan interaksi dalam proses komunikasi. Dalam menciptakan iklim komunikatif guru hendaknya memperlakukan siswa sebagai individu yang berbeda-beda, yang memerlukan pelayanan yang berbeda pula, karena siswa mempunyai karakteristik yang unik, memiliki kemampuan yang berbeda, minat yang berbeda, memerlukan kebebasan memilih yang sesuai dengan dirinya dan merupakan pribadi yang aktif. Untuk itulah kemampuan berkomunikasi guru dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan.

Ada beberapa kasus yang terjadi akabat dari teknologi antara lain pelecehan seksual yaitu segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi seksual dan tidak senonoh yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran sehingga menimbulkan reaksi negatif: rasa malu, marah, dan tersinggung pada diri korban di lingkungan sekolah. pelecehan seksual dapat dibagi dalam tiga tingkatan. Pertama, tingkatan ringan, seperti godaan nakal, ajakan iseng, dan humor porno. Kedua, tingkatan sedang, seperti memegang, menyentuh, meraba bagian tubuh tertentu, hingga ajakan serius untuk ”berkencan”. Ketiga, tingkatan berat, seperti perbuatan terang-terangan dan memaksa, penjamahan, pemaksaan kehendak, hingga percobaan pemerkosaan. Sedang pemerkosaan itu sendiri sudah masuk dalam kategori kejahatan seksual (sexual crime). Maraknya tayangan-tayangan kekerasan dalam dunia pendidikan, khususnya yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya ataupun oleh siswa terhadap temannya, seharusnya mampu membuka atau menggugah hati kita sebagai seorang pendidik, bahwa tidak tertutup kemungkinan praktik-praktek tersebut terjadi pula di lingkungan sekolah kita masing-masing. Pelecehan sekecil apapun atau hukuman yang berlebihan turut andil menabur benih kekerasan dalam diri generasi muda. Karena itu, tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan harus sesegera mungkin di tiadakan, agar lingkaran setan yang menjadi bencana dunia pendidikan dapat segera terputus. Maraknya tayangan-tayangan kekerasan dalam dunia pendidikan, khususnya yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya ataupun oleh siswa terhadap temannya, seharusnya mampu membuka atau menggugah hati kita sebagai seorang pendidik, bahwa tidak tertutup kemungkinan praktik-praktek tersebut terjadi pula di lingkungan sekolah kita masing-masing. Pelecehan sekecil apapun atau hukuman yang berlebihan turut andil menabur benih kekerasan dalam diri generasi muda. Karena itu, tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan harus sesegera mungkin di tiadakan, agar lingkaran setan yang menjadi bencana dunia pendidikan dapat segera terputus.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

idha ayu komang wati


Popular Posts

kepribadian muslimah

Ada seorang remaja bertanya kepada kakeknya: “ Kakek, apa gunanya aku ...

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

VARIASI INDIVIDUAL P

Variasi Individual Peserta Didik Peserta Didik adalah individu yang sedang tumbuh ...

inspirasi penggugah

Muslim Sejati             Sebuah tulisan terpampang jelas di atas selembar kertas ...

tugas SIP

TUGAS MERESUM NAMA             : MARTIWI RINI IDHAWATI NPM    : 20090720167 SISTEM ...