Kami Produsen mebel jepara dan furniture asli jepara yang lengkap dan terpercaya mempunyai berbagai perabotan dari kayu, besi,aluminium dll.

Buat penggemar furniture, pasti telah tidak asing lagi dengan mebel Jepara. Tidak hanya populer dengan kualitasnya, furniture dari pesisir utara Pulau Jawa ini telah mendunia. Tidak heran bila produknya telah banyak diekspor ke bermacam negeri, baik di daratan Asia, Eropa serta Amerika.

mebel jepara

Jepara ialah kota yang terletak di Jawa Tengah, bersebelahan dengan Kota Demak serta Kota Kudus. Nah, kota ini diketahui dengan istilah Kota Ukir. Perihal ini disebabkan Jepara mempunyai produk furniture yang bermutu. Bukan cuma populer di Indonesia, tetapi telah hingga ke Mancanegara.

Lalu, kenapa furniture Jepara begitu diminati? Ayo tahu sejarah, produk serta kelebihannya!

Sejarah Furniture Jepara

Tidak hanya mempunyai wisata tepi laut yang elok serta indah, Jepara pula ialah tempat kelahiran R. A. Kartini yang populer dengan ukiran kayunya yang melegenda. Perihal ini disebabkan belum terdapat kota lain yang sanggup menyaingi bermacam berbagai mebel serta furniture dari Jepara.

Sejarah furniture Jepara telah terdapat semenjak era Hindu. Dimana kota ini tadinya ramai disebabkan jadi pintu gerbang tempat berbicara antara nusantara, Tiongkok serta India.

Pada masa kerajaan islam lagi berjaya di Demak, kota Jepara dijadikan bagaikan daerah perjuangan Sunan Kalijaga buat meningkatkan dunia seni. Dimana salah satunya ialah seni ukir.

Bersamaan waktu, seni ukir di Jepara terus menjadi maju serta tumbuh pesat hingga saat ini. Pertumbuhan ini pula tidak terlepas dari masyarakat Tiongkok yang menetap di daerah tersebut.

Timbulnya Ekspor Furniture Jepara

Pada tahun 1970, seni ukir mebel serta furniture dari Jepara diketahui secara dalam negeri. Cuma saja perkembangannya tidak sangat banyak, paling tidak telah dapat membuat pengrajin di Jepara dapat bertahan.

Dikala itu, Jepara belum sempat melaksanakan ekspor. Perihal ini disebabkan Jepara masih terkategori wilayah miskin di Jawa Tengah. Tetapi, pada tahun 1981, Pemerintah wilayah berinisiatif buat belajar ekspor ke Bali. Perihal ini tidak lain buat mengenalkan produk asli Indonesia ke mancanegara.

Selang 3 tahun setelah itu, tepatnya tahun 1984, telah mulai terdapat industri yang melaksanakan ekspor produk furniture dari Jepara. Perihal ini yang membuat produk mebel serta furniture dari jepara diketahui sampai daratan Asia, Eropa serta Amerika.

Contoh Produk Furniture Mebel Jepara

Kursi Tamu Jati

Kursi Tamu Jati

furniture jepara

Bersumber pada informasi diatas, penjualan produk mebel terus menjadi bertambah dari tahun ke tahun. Jikapun terdapat penyusutan, tetapi pengrajin serta pengusaha Jepara masih bisa bertahan. Perihal ini disebabkan masih terdapat penjualan lokal, baik ke wilayah Jawa, Bali, Sulawesi, Sumatra serta Kalimantan.

Semenjak 2011, Mebel serta Furniture Jepara sudah jadi klaster industri yang sangat dinamis. Dimana Jepara telah mempunyai dekat 12. 000 rumah industri serta 200 eksportir. Tiap pengrajin pula mempunyai 5 hingga 15 tukang pengrajin yang lain.

Meski dikala ini Jepara bukan salah satunya kota yang memproduksi furniture, tetapi tidak terdapat kota yang menandingi Jepara dalam jumlah pengrajin serta pengusaha mebel.

Tidak hanya itu, Jepara pula mempunyai showroom terpanjang di dunia. Bukan cuma satu showroom, tetapi banyak showroom yang berderet sampai panjang 20 Kilometer di jalur Senenan– Tahunan– Pecangaan.

Produk Furniture Jepara

Hingga dikala ini, produk dari furniture Jepara telah banyak serta sangat bermacam- macam. Mulai dari Gebyog( penyekat), Meja, Tempat Tidur( Dipan), Lemari, Sofa, sampai benda kerajinan yang lain.

Untuk golongan menengah keatas, biasanya mereka memilah furniture tipe sofa. Khusus tipe desainnya ialah buat produk sofa makan, sofa kerja, sofa tamu, sofa halaman, serta sofa kursi jati. Tidak hanya itu, nyaris seluruh memilah ukiran Jepara, perihal ini disebabkan mempunyai motif terbaik. Dimana motif- motif kesukaan pelanggan ialah motif flora, motif anyaman, serta motif pilin.

Butuh kamu tahu kalau motif ukir dari Jepara ini ialah suatu kearifan lokal, dimana diperoleh dari keseharian warga penduduk setempat. Tidak heran bila motif furniture dari kota ini mempunyai suatu yang unik serta berbeda, sehingga belum terdapat yang menyaingi apalagi tidak dapat ditiru oleh wilayah manapun.

Kelebihan Furniture Jepara

Terdapat banyak kelebihan yang membuat furniture Jepara jadi sangat unik serta berbeda. Untuk kamu penyuka furniture, kelebihan- kelebihan ini layak dijadikan acuan dalam memilah furniture dalam gaya serta desain rumah Kamu.

1. Material unggulan

Furniture asli Jepara memakai bahan bermutu terbaik bagaikan bahan utama materialnya. Kayu jati yang dipakai ialah kayu jati terbaik terbaik di Indonesia dengan tekstur yang lebih halus serta serat yang tajam, dan mempunyai corak yang lebih seragam.

Tidak hanya itu, kayu jati mempunyai energi tahan yang kokoh, membuat mebel Jepara lebih unggulan kualitasnya daripada furniture yang lain. Dengan bahan tersebut, mebel Jepara bisa bertahan dengan baik sampai 20 tahun.

Butuh dikenal kalau kayu jati dari Indonesia populer lebih kuat serta awet dibanding kayu jati dari negeri lain. Tidak heran bila banyak kolektor yang tertarik buat mengoleksi mebel Jepara, sebab tahan lama sampai puluhan tahun.

Dengan opsi material terbaik, furniture ini sangat aman digunakan sebab kuat serta sepadan. Meski harga relatif lebih mahal, tetapi itu proporsional dengan mutu yang ditawarkan.

2. Nyaris 80% buatan tangan

Uniknya, nyaris 80% dari segala penciptaan mebel Jepara ialah buatan tangan( hand made). Dengan kata lain, cuma 20% saja pemakaian mesin dalam pemprosesan furniture.

Meski pada prosesnya sangat susah dicoba secara manual. Tetapi perihal ini yang membuat hasil produksinya, baik motif serta desain jadi lebih cermat. Mulai dari proses pemotongan, penghalusan, pemisahan, sampai proses akhir( finishing) produk furniture.

3. Ukiran yang khas

Dengan mengenakan kayu jati bagaikan bahan material dasar, tidak banyak pengrajin ukir yang sanggup membuat ukiran halus serta rumit seperti pada furniture Jepara. Terlebih ukiran yang terbuat mempunyai karakteristik khas pada tiap gaya produknya.

Dengan dikerjakan langsung oleh pengrajin( hand made), produk mebel Jepara mempunyai ukiran klasik berseni besar sekalian mempesona. Apalagi mebel Jepara pula nampak lebih anggung serta hidup, sehingga diincar di pasar lokal sampai mancanegara.

4. Tahan air serta serbuan rayap

Perihal yang sangat dikhawatirkan dari furniture berbahan kayu ialah ketidaktahanan terhadap air serta serbuan serangga semacam rayap. Disinilah kelebihan dari kayu jati pada furniture Jepara yang mempunyai isi minyak natural, sehingga membuat lebih sesi terhadap air serta pula serbuan serangga.

Dengan begitu, kamu dapat menempatkan mebel Jepara diluar rumah semacam teras ataupun halaman. Bukan cuma tahan terhadap air, tetapi mutu furniture Jepara pula tidak gampang menyusut sebab cuaca.

5. Nampak elok serta berkelas

Seluruh proses pembuatan furniture dicoba dengan standar besar. Baik dari pemilihan bahan, pemotongan, penciptaan sampai sesi finishing. Seluruh dikerjakan dengan baik serta cermat.

Hasilnya? Pasti sangat elok serta bermutu terbaik dibanding produk furniture yang lain.

Tidak hanya itu, corak kayu jati yang sangat alami jadi unggulan. Perihal ini membuat mebel Jepara sangat menawan paling utama bila dipadukan dengan style bidang dalamnya serta furnitur yang lain. Disinilah keunggulan dari corak kayu jati yang nentral sehingga menyeimbangkan atmosfer ruangan yang indah.

Bila ruang tamu dilengkapi dengan furnitur Jepara, hingga hendak nampak elok serta artistik tanpa sangat banyak ornamen. Malah dengan begitu terkesan minimalis, perihal ini disebabkan mebel serta furniture Jepara sanggup membagikan aksen yang menarik.

Dengan kualitas terbaik, mebel Jepara mempunyai permukaan yang rata serta tidak bergelombang. Apalagi ruangan hendak terkesan elegan serta dipastikan membuat kamu betah terletak dirumah ataupun kamar.

6. Mempunyai banyak produk

Kamu dapat melaksanakan set rumah dengan memakai seluruh produk mebel Jepara. Mulai dari sofa, lemari, meja rias, serta sebagainya. Apalagi kamu dapat menciptakan bermacam desain tempat tidur dengan ukiran yang sangat bermacam- macam.

Dengan memakai seluruh campuran dari furniture Jepara, ruangan hendak lezat ditatap apalagi nampak sangat elegan.

7. Gampang ditemukan

Kamu tidak butuh takut bila mau membeli produk furniture Jepara. Dengan kemajuan industri furniture serta mebel, Kamu dapat menciptakan bermacam- macam tipe mebel Jepara di kota Kamu.

Bila kamu tidak menciptakan, kamu dapat membelinya secara online di marketplace terpercaya. Apalagi saat ini telah banyak para penjual mebel asli Jepara di internet sehingga terus menjadi gampang untuk Kamu yang mau mengoleksi mebel bermutu buat keperluan set rumah ataupun kamar.