berproses

Hanya Blog UMY situs lain

Perekonomian Indonesia – UK1

Posted by Lisa Andryani 0 Comment

  1. Keadaan perekonomian Indonesia kurun waktu 5 tahun terakhir
    Menurut data diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2010 hingga 2015 dan mulai 2015 hingga 2017 pertumbuhan Indonesia mulai mengalami kenaikan. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai kenaikan nilai GDP (Groos Domestic Product) dan GNP (Gross National Product) tanpa melihat apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari kenaikan jumlah penduduk atau perubahan pola dan struktur ekonomi terjadi atau tidak. Pertumbuhan ekonomi tersebut merupakan salah satu masalah klasik yang banyak di alami oleh negara berkembang, tidak terkecuali Indonesia.

Bagi negara Indonesia yang masih merupakan salah satu negara berkembang, pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pelaksanaan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi diharapkan kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Kesejahteraan masyarakat meningkat maka masyarakat dapat hidup makmur.

 

2. Keuntungan Indonesia sebagai Negara Berkembang dalam Revolusi Industri ke-4

Berbicara mengenai revolusi industry, tentu saja Indonesia terkena dampak dari adanya revolusi industry tersebut. Revolusi industry tidak hanya mempengaruhi sector ekonomi di Indonesia, namun juga ke sector sosial dan budaya. Kita sebagai masyarakat tidak boleh hanya menutup mata dengan adanya revolusi industry atau semata- mata malah menjadi masyarakat yang terlindas oleh revolusi industry ini. Apalagi kita hidup di Negara Indonesia, yang memiliki populasi penduduk cukup besar sebagai market. Dari hal ini Indonesia seharusnya bisa mengambil langkah untuk mendapatkan keuntungan. Dengan banyaknya investor asing, seharusnya ini menjadi peluang untuk berkembang lebih baik.

Jika dilihat dari keadaan geografi, Indonesia merupakan bangsa yang besar. Sumber daya alam yang melimpah harus bisa kita optimalkan. Melalui pendidikan yang berkarakter inilah diharap para generasi muda dapat mengelola kekayaan alam Indonesia dengan efisien.

 

3. Dampak dari politik terhadap perekonomian 

Politik adalah kegiatan dalam sistem pembangunan negara melalui pembagian-pembagian kekuasan atau pendapatan untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati. Dunia politik sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi suatau bangsa atau daerah. Dalam pengembangan ekonomi, sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap kelangsungan ekonomi.

Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu kebijakan politik di suatu negara atau wilayah akan dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan, bisnis dan perekonomian negara atau wilayah tersebut. Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara atau wilayah.

Sebenarnya setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi charity atau sosial. Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu kegiatan ekonomi atau bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik yang tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis.

Dalam konteks ini, kinerja sistem ekonomi-politik sudah berinteraksi satu sama lain, yang menyebabkan setiap peristiwa ekonomi-politik tidak lagi dibatasi oleh batas-batas tertentu Sebagai contoh, IMF atau Bank Dunia, atau bahkan para investor asing mempertimbangkan peristiwa politik suatu negara dan lebih merefleksikan kompromi-kompromi antara kekuatan politik nasional dan kekuatan-kekuatan internasional. Tiap pembentukan pola bisnis juga senantiasa berkait erat dengan politik.

 

4. APBD Provinsi Jawa Tengah

Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Jawa Tengah sedikit meningkat dari 12.128 triliun rupiah di tahun 2017 menjadi 12.449 triliun rupiah. Sedangkan untuk belanja daerah pada tahun 2017 pemerintah mengeluarkan anggaran sebesar 23.953 triliun rupiah dan pada tahun 2018 sebesar 23.955 triliun rupiah. Dan untuk pembiayaan daerah pada tahun 2017 sebesar 342 milyar rupiah sedangkan di tahun 2018 sebesar 580 milyar rupiah. Artinya terdapat kenaikan yang signifikan untuk anggaran pembiayaan ini. Jika dilihat dari trend infrastruktur, Provinsi Jawa Tengah mengalami kenaikan sebesar 15% hal ini juga mendorong berkembangnya UMKM yang ada di Jawa Tengah.

 

5. Fungsi APBN dan contoh

  • Fungsi Alokasi

APBN merupakan sarana bagi negara untuk mengumpulkan dana dari masyarakat, misalnya dalam bentuk pajak dan menggunakannya untuk pembiayaan pembangunan serta mengalokasikannya sesuai dengan sasaran yang dituju. Dengan adanya APBN, pemerintah dapat melakukan proyeksi ke mana dana akan dialokasikan. Sebagai contoh digunakannya dana untuk pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, sekolah serta sarana-sarana lainnya. Proses alokasi APBN nantinya juga akan memengaruhi struktur produksi dan ketersediaan lapangan kerja. Jadi Fungsi Alokasi adalah Anggaran negara diarahkan untuk mengurangi penganguran dan juga berfungsi untuk mengurangi pemborosan sumber daya dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian dimana alokasi terbut bersifat umum, misalnya pembuatan jembatan, tanggul, jalan, perbaikan jalan.

 

  • Fungsi Distribusi

Dalam APBN penerimaan negara yang diperoleh dari berbagai sumber digunakan kembali untuk membiayai pengeluaran negara di berbagai sektor pembangunan melalui departemen-departemen yang terkait. Pengeluaran ini digunakan untuk kepentingan umum yang didistribusikan dalam wujud subsidi, premi, dan dana pensiun. Jadi Fungsi Distribusi adalah pengeluaran negara yang digunakan untuk kepentingan atas dasar kemanusian, bantuan contohnya : dana pensiun, subsidi, premi.

 

  • Fungsi Stabilisasi

Dalam penyusunan APBN, diupayakan adanya peningkatan jumlah pendapatan dari tahun ke tahun, untuk perlu dibuat sebuah kebijakan yang mampu memacu pendapatan negara. Salah satu contohnya adalah kebijakan anggaran defisit. Dalam kebijakan ini pos pengeluaran lebih besar dari pos penerimaan. Dengan kata lain APBN merupakan acuan bagi pemerintah dalam melaksanakan  pembangunan yang diharapkan dapat menjaga kestabilan arus uang dan arus barang, sehingga dapat mencegah terjadinya inflasi maupun deflasi yang akan berakibat pada kelesuan ekonomi (resesi). Jadi Fungsi Stabilisasiadalah menjaga, memelihara dan menstabilkan anggaran negara terhadap pendapatan dan pengeluaran sesuai dengan telah direncanakan dalam APBN.

 

  • Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan berarti setiap penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan yang ditetapkan dan sesuai dalam anggaran negara.

 

  • Fungsi Perencanaan

Fungsi perencanaan artinya anggaran negara berfungsi mengatur setiap kegiatan pada tahun yang bersangkutan.

 

  • Fungsi Otorisasi

Fungsi otorisasi artinya anggaran negara merupakan dasar dalam melaksanakan pendapatan dan belanja negara pada tahun tersebut.

 

Sumber :

https://ppid.jatengprov.go.id/ringkasan-apbd-pemprov-jateng-ta-2017/

https://bpkad.jatengprov.go.id/transparasi/anggaran-apbd

https://jateng.bps.go.id/publication/2018/09/26/da4570ff0d004d7a6ffc13b5/statistik-daerah-provinsi-jawa-tengah-2018.html

http://jogja.tribunnews.com/2018/02/05/pertumbuhan-ekonomi-di-2017-adalah-yang-tertinggi-sejak-2014

https://www.bps.go.id/

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Lisa Andryani


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

KEUNGGULAN ABSOLUT M

Menurut Adam Smith, perdagangan antara dua negara didasarkan pada keunggulan ...

KEUNGGULAN KOMPARATI

Teori keunggulan komparatif dikemukakan oleh David Ricardo yang merupakan seorang ...

TUGAS 3

Gambarkan dan jelaskan keseimbangan dalam keadaan isolasi : Negara ...

UK 4 BAGIAN PERTAMA

Nama : Lisa Andriyani NIM : 20160430275 Kelas : H Ekonomi Internasional SOAL ...