myblog

Just another Blog UMY site

Hindari SIM Kadaluarsa, Ketahui Syarat Perpanjang SIM Setelah Habis Masa Aktif

Posted by Miskiyah Comments Off on Hindari SIM Kadaluarsa, Ketahui Syarat Perpanjang SIM Setelah Habis Masa Aktif

Hindari SIM Kadaluarsa, Ketahui Syarat Perpanjang SIM Setelah Habis Masa Aktif – Merupakan salah satu jenis surat yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara bermotor. Lulusnya seseorang dalam berkendara pun ditandai dengan dimilikinya surat mengemudi ini.

Syarat Perpanjang SIM

Syarat Perpanjang SIM

Dalam pembuatannya, SiM memiliki masa berlaku yang harus diperpanjang sesuai dengan masa yang ditentukan. Dalam peraturannya, SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun, dan sampai tempo yang telat kartu SIM harus di perpanjang berikut dengan syarat perpanjang SIM yang telah ditentukan.

Melakukan perpanjangan masa berlaku SIM pun lebih baik untuk tidak ditunda-tunda hingga jatuh tempo. Karena apabila terlambat melakukan perpanjangan, memungkinkan untuk mengharuskan pemohon membuat kembali SIM baru. Hal ini karena SIM sudah tidak dapat diperpanjang akibat keterlambatan melakukan perpanjangan SIM.

Komisaris Polisi Fahri Siregar selaku Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa peraturan terkait syarat perpanjang SIM telah tertera dalam aturan Peraturan Kapolri atau Perkap pasal 11 Nomor 9 Tahun 2012. Didalamnya menyatakan bahwa SIM berlaku selama lima tahun dan disesuaikan dengan tanggal lahir pemohon.

Selanjutnya beliau memberikan penjelasan bahwa proses permohonan pun dapat dilakukan dengan menyambangi Satpas yang berada di wilayah masing-masing. Atau dapat pula dengan mengunjungi gerai SIM dan juga pelayanan SIM keliling yang disediakan.

Proses perpanjangan nya pun tidak terikat lagi dengan tempat tinggal pemohon yang harus sesuai dengan KTP. Cukup dengan memiliki KTP elektronik atau e-ktp, maka pemohon dapat melakukan perpanjangan SIM di mana saja. Bagaimana bisa? Saat ini sudah tersedia layanan perpanjangan SIM yang dilakukan secara online. Namun demikian dengan syarat perpanjang SIM, tidak ada syarat baru yab yang harus dipenuhi, meskipun model lama telah digantikan dengan Smart SIM.

Yang paling utama dari syarat melakukan perpanjangan SIM adalah tentunya masih aktif dan belum jatuh tempo, sehingga masih dapat dilakukan perpanjangan masa aktif dari kartu Surat Izin Mengemudi atau SIM tersebut.

Dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, perpanjangan SIM memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yakni sebagai berikut.

– Melakukan pengisian formulir  permohonan perpanjangan SIM.

– Melampirkan bukti Kartu Tanda Penduduk atau KTP asli setempat yang masih aktif atau berlaku bagi Warga Negara Indonesia atau jika pemohon merupakan warga asing , dapat menggunakan dokumen keimigrasian bagi WNA.

– SIM yang hendak diperpanjang masa aktifnya, hendaklah masih berlaku atau belum kadaluarsa.

– Melampirkan surat keterangan lulus uji keterampilan simulator.

– Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

Itulah syarat perpanjang SIM yang saat ini masih berlaku bagi Anda yang hendak melakukan perpanjangan masa aktif kartu SIM Anda setelah masa aktif lima tahun. Segera perbaharui SiM Anda dengan tepat waktu dan ditempat pelayanan yang semestinya.

 

Categories: BISNIS, INFORMASI

PROFIL AKU

Miskiyah


Popular Posts

lalayeye

Latihan

Temukan Informasi da

Temukan Informasi dan Promo Penjualan Motor Yamaha dengan hanya mengunjungi ...

Gaji Rp5 Juta Pingin

Jika sudah mulai bosan berstatus sebagai karyawan, mungkin saatnya kamu ...

Ciri-Ciri Ekspedisi

Ciri-Ciri Ekspedisi Surabaya Balikpapan Terbaik – Berbagai macam bisnis memang ...

Inilah Hasil Undian

Inilah Hasil Undian UEFA Nations League Tahun 2020/2021 yang Harus ...