myblog

Just another Blog UMY site

Jangan Biarkan Dana Pensiun Jadi Sumber Dana Pengobatan di Masa Tua

Posted by Miskiyah Comments Off on Jangan Biarkan Dana Pensiun Jadi Sumber Dana Pengobatan di Masa Tua

Seringkali kita menunda menabung untuk dana pensiun di masa tua, namun sadarkah kita bila semakin lama kita menunda maka semakin berat pula proses menabung yang kita lakukan.

Komponen utama yang menentukan besaran dana pensiun kita di masa yang akan datang adalah pengeluaran tahunan kita. Pertanyaan yang muncul saat ini adalah, berapakah jumlah pengeluaran tahunan kita di saat usia kita sudah memasuki masa pensiun? Jelas sekali bahwa jumlahnya tentu lebih besar karena ada inflasi. Akan tetapi, jenis pengeluarannya tentu saja berbeda karena tujuan hidup kita sudah berbeda pula.

Lalu, setelah dana pensiun terkumpul, apa yang akan dilakukan pada dana tersebut? Apakah untuk keperluan berobat di masa tua? Harus ada cara lain yang dilakukan untuk memproteksi diri dari resiko penyakit dan resiko finansial, yakni dengan asuransi jiwa, terutama bagi Anda yang berkeluarga.

Berikut kiat mudah mengumpulkan dana pensiun dari Lifepal.co.id, sekaligus cara mencegah agar dana pensiun tidak menjadi sumber dana pengobatan saat tua.

1. Ketahui pengeluaran kita di masa tua

Sebut saja seorang berusia 30 tahun pengeluaran tahunan kita bisa mencapai Rp 100 juta setahun. Dia memiliki seorang anak dan harus menabung untuk pendidikannya hingga lulus kuliah. Belum lagi, ada kewajiban untuk membayar utang jangka panjang.

Setelah mengetahui pengeluaran tahunan itu, maka tanyakan lah pada diri sendiri, apakah pengeluaran untuk tabungan pendidikan, cicilan rumah atau mobil, dan sebagainya bakal terus ada saat memasuki masa pensiun nanti?

Besar kemungkinan pengeluaran orang tersebut di hari tua sudah berkurang 30%. Hal itu disebabkan karena anaknya sudah lulus kuliah, cicilan rumah dan mobil sudah lunas.

Jika memang biaya hidup tahunan berkurang 30% dari Rp 100 juta jadi Rp 70 juta, maka hitunglah berapa nilai Rp 70 juta di masa pensiun.

Anggap saja, di usia 57 tahun orang yang bersangkutan memutuskan untuk pensiun, maka dengan asumsi inflasi 5% per tahun, nilai uang Rp 70 juta sudah setara dengan Rp 261 juta pada 27 tahun mendatang.

2. Prediksikan juga harapan hidup kita

Tidak ada yang tahu sampai kapan kita akan hidup. Namun demi menghitung kecukupan biaya hidup kita, maka kita wajib memprediksikan harapan hidup kita.

Anggap saja dari perhitungan di atas, orang yang bersangkutan memiliki prediksi harapan hidup hingga 75 tahun. Maka dia memprediksikan bahwa di masa pensiun nanti, dia akan hidup selama 18 tahun lagi.

Kebutuhan dana pensiun (nest egg) yang dibutuhkan adalah Rp 261 juta x 18 tahun = Rp 4,6 miliar.

3. Cari tahu bagaimana cara menabung yang baik

Jika dana pensiun yang dibutuhkan adalah Rp 4,6 miliar, maka dalam waktu 27 tahun, seorang berusia 30 tahun. Jika dia berniat menabung di bank setiap bulan, maka dia harus menyisihkan uang sebesar Rp 12,3 juta per bulan dengan asumsi bunga bank 1% per tahun.

Apakah hal ini mungkin dilakukan oleh orang bergaji Rp 10 juta per bulan? Tentu saja tidak.

Agar proses menabung menjadi lebih ringan, maka dia bisa mengalokasikan dana sebesar Rp 1,9 juta per bulan ke instrumen investasi yang bisa menghasilkan imbal hasil 12% per tahun.

Patut diingat bahwasannya, semakin cepat kita memulai proses investasi dana pensiun ini, maka jumlah yang harus disisihkan akan terasa ringan. Lain halnya ketika dia menunda proses menabung.

Jika orang tersebut menundanya dan baru menabung dana pensiun di usia 47 tahun, maka dia hanya memiliki waktu 10 tahun lagi untuk mengumpulkan uang Rp 4,6 miliar. Dana yang harus disisihkan per bulan adalah Rp 20 juta.

4. Jangan biarkan dana pensiun habis jadi biaya berobat

Menurut survei dari Willis Towers Watson, kenaikan biaya kesehatan di Indonesia adalah 10 hingga 11% per tahun. Bayangkan saja, semahal apa biaya kesehatan 20 tahun yang akan datang? Sementara itu, risiko terserang penyakit kritis pun cukup tinggi di usia lanjut.

Apakah ini yang menjadi alasan utama kita menyediakan dana pensiun sedini mungkin? Tentu saja tidak.

Penggunaan dana pensiun ditujukan untuk kebutuhan biaya hidup kita, “bukan untuk biaya berobat.”

Memasuki masa pensiun nanti di mana kita sudah tak lagi masuk dalam ikatan dinas suatu perusahaan, besar kemungkinan kita tak lagi bisa menikmati fasilitas asuransi kesehatan dari tempat bekerja.

Itu sebabnya, memiliki asuransi kesehatan di masa tua adalah solusi cerdas untuk mengatasi risiko finansial ini.

5. Jika dana pensiun tersisa, apakah cukup untuk diwariskan?

Tentu saja, sebagai kepala keluarga kita tidak ingin melihat orang yang kita cintai hidup pas-pasan di masa depan. Meski sudah memasuki masa pensiun, melihat mereka hidup terjamin dan bahagia adalah sebuah kepuasan batin yang tak ternilai.

Terbayangkah oleh Anda bagaimana kehidupan mereka setelah Anda telah tiada? Bagaimana proses pembagian waris, distribusi harta, dan sebagainya.

Bila seseorang memiliki aset rumah, mobil, dan lain sebagainya yang harus dibalik nama, maka proses itu tentu memakan uang yang cukup besar. Maka untuk melakukan hal itu, mungkin saja dana pensiun yang diwariskan berpotensi habis.

Untuk mengatasi masalah ini, setiap kepala keluarga tentunya dianjurkan memiliki asuransi jiwa. Selain bisa berguna untuk memitigasi risiko kehilangan penghasilan yang diterima keluarga karena kematian pencari nafkah, uang pertanggungan asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan untuk membayar pajak balik nama, atau biaya hidup keluarga yang ditinggal.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses mengumpulkan dana pensiun. Pada intinya, jangan terlalu asyik mengumpulkan dana pensiun hingga melupakan proteksi yang juga kita butuhkan di masa tua nanti.

Categories: INFORMASI

PROFIL AKU

Miskiyah


Popular Posts

Inilah Jenis Lagu Fa

Inilah Jenis Lagu Favorit yang Banyak Diakses Dalam Website Download ...

Hibur Diri Kamu Deng

Hibur diri kamu dengan game online terbaik. Pandemi covid 19 ...

Pilihan Terbaik Situ

Pilihan Terbaik Situs Untuk Download Lagu - Mendengarkan lagu merupakan ...

Terkendala Sinyal Se

Terkendala Sinyal Seluler Hilang? Simak Cara Mengatasinya - Perkembangan dunia ...

Perhatikan 4 Hal ini

Penggunaan alat press body motor merupakan salah satu cara untuk ...

5 Rekomendasi Smartp

Jika Anda sedang mencari rekomendasi smartphone flagship keluaran tahun 2018-2019, ...

Yuk, Download Lagu F

Yuk, Download Lagu Favorit dan Temukan Fakta, Siapakah Anda Sebenarnya ...