myblog

Just another Blog UMY site

Syarat Membayar Pajak Motor Tahunan Secara Mandiri

Posted by Miskiyah Comments Off on Syarat Membayar Pajak Motor Tahunan Secara Mandiri

Syarat Membayar Pajak Motor Tahunan Secara Mandiri. Bagi pemilik kendaraan motor, tentunya kita sebagai Warga Negara Indonesia yang baik tidak luput dari kewajiban membayar pajak. Di mana pajak kendaraan bermotor sendiri dibagi 2, yakin pembayaran tahunan yang selalu dibayarkan rutin setiap tahunnya. Yang kedua adalah pajak kendaraan bermotor 5 tahunan, yang dibayarkan pada saat tertentu selama 5 tahun sekali.

Keduanya tentu wajib kita bayarkan jika tidak ingin terkena denda atau sanksi yang sudah berlaku. Namun, masih banyak tentunya masyarakat yang belum tahu bagaimana cara untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor secara tahunan. Namun, yang paling penting ialah Anda harus sudah memenuhi syarat-syarat untuk melakukan pembayaran pajak tahunan tersebut. Kali ini kami sudah rangkum syarat-syarat tersebut agar Anda bisa membayarkannya secara mandiri.

Syarat untuk bayar pajak bermotor

Persiapan Dokumen Lengkap

Syarat yang pertama adalah dengan menyiapkan dokumen-dokumen penting yang merupakan salah satu syarat bayar pajak motor. Dokumen tersebut berupa KTP asli berikut kopiannya, BPKB asli dan juga kopian, berikut STNK yang asli serta kopiannya. Ketiga dokumen tersebut haruslah asli dari pemilik kendaraan bermotor yang akan dibayarkan pajak nantinya.

Namun, jika yang membayarkan adalah orang lain, maka tidak lupa siapkan surat kuasa yang jelas sebagai bukti. Selain itu juga, apabila kendaraan yang akan dibayarkan merupakan milik perusahaan, maka tidak lupa juga siapkan fotokopi SIUP berikut TDP asli milik perusahaan, domisili, dan juga NPWP. Tidak lupa siapkan juga surat kuasa dengan stempel asli milik perusahaan tersebut. Pastikan tidak ada satupun dokumen yang tertinggal, ya!

Isi Formulir

Syarat bayar pajak motor kedua adalah dengan mengisi formulir yang disediakan oleh SAMSAT atau juga secara daring. Bahkan, untuk Anda yang ingin lebih mudah lagi saat ini sudah tersedia sistem pembayaran pajak secara drive thru tanpa harus mengisi formulir. Hanya saja untuk Anda yang masih bingung, sebaiknya datang langsung ke samsat untuk mengetahui informasi jelas dan mendetail. Isilah formulir secara jelas dan benar sebelum diserahkan kepada petugas nantinya.

Siapkan Uang Pajak

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan sejumlah uang untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor Anda. Jika membayarkan pajak langsung di SAMSAT maka siapkanlah uang tunai dengan nominal pas yang tertera agar tidak repot dan bisa langsung dibayarkan. Namun, apabila ingin membayarkannya secara online maka bisa lewat bank transfer atau juga aplikasi pembayaran digital yang tersedia. Setelah itu aka nada SMS atau bukti bahwa pembayaran pajak kendaraan tahunan Anda sudah diterima.

Itulah dia syarat bayar pajak motor dari hanodoc.com yang mudah untuk dilakukan secara mandiri dan pastinya tidak membutuhkan waktu lama jika Anda datang tepat waktu. Bayarkanlah pajak secara tepat waktu dan ikuti selalu aturannya.

Categories: INFORMASI

PROFIL AKU

Miskiyah


Popular Posts

Inilah Jenis Lagu Fa

Inilah Jenis Lagu Favorit yang Banyak Diakses Dalam Website Download ...

Hibur Diri Kamu Deng

Hibur diri kamu dengan game online terbaik. Pandemi covid 19 ...

Pilihan Terbaik Situ

Pilihan Terbaik Situs Untuk Download Lagu - Mendengarkan lagu merupakan ...

Terkendala Sinyal Se

Terkendala Sinyal Seluler Hilang? Simak Cara Mengatasinya - Perkembangan dunia ...

Perhatikan 4 Hal ini

Penggunaan alat press body motor merupakan salah satu cara untuk ...

5 Rekomendasi Smartp

Jika Anda sedang mencari rekomendasi smartphone flagship keluaran tahun 2018-2019, ...

Yuk, Download Lagu F

Yuk, Download Lagu Favorit dan Temukan Fakta, Siapakah Anda Sebenarnya ...