laatahzan

Hanya Blog UMY situs lain

Betapa Pentingnya Ilmu

Posted by Mohammad Isnawan Ady 2 Comments

   ilmu

”Ilmu adalah nafas islam dan pondasinya keimanan, maka barang siapa mencari dan mengamalkan ilmu niscaya Allah akan memberinya apa-apa yang belum ia ketahui”

”Mencari ilmu wajib bagi setiap muslim”

Itulah sebuah dalil naqli  yang saya jadikan motivasi untuk tetap bersemangat dalam mencari ilmu. Seseorang memang tidak akan mempunyai rasa semangat dalam menuntut ilmu, kecuali tertanam dalam dirinya kesadaran akan pentingnya ilmu. Dengan ilmu kesejahteraan akan didapatkan, dengan kesejahteraan seseorang akan tetap bersemangat dalam mengarungi hidup (bagi orang-orang yang senantiasa bersyukur). Karena banyak juga manusia yang sudah di beri kesejahteraan tetapi dia tetap merasa kurang atau tidak bersyukur. Allah mengancam orang yang tidak bersyukur atas nikmat-Nya dengan adzab yang sangat pedih. Melalui ilmu inilah kita belajar, kita mencari tentang apa arti hidup ini. Untuk apa kita diciptkan, apa yang harus kita kerjakan, dan bagaimana kita mengarungi takdir kehidupan kita ini.

Mencari ilmu tidak terbatas pada ruang dan waktu, maksudnya tidak hanya di lingkup bangku sekolah saja atau beberapa tahun saja. “Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilallahd” artinya : Carilh ilmu sejak dari ayunan sampai ke liang lahat. Dalil tersebut menegaskan bahwasanya kewajiban kita menuntut ilmu adalah sepanjang hidup kita, mulai sejak kita lahir sampai nanti kita mati. Menuntut ilmu tidak hanya teori saja, tetapi juga juga dari pengalamnan-pengalaman hidup yang kita rasakan. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik, tetapi menurut diri saya sendiri guru terbaik belum tentu berpengalaman. Mengapa demikian ??? Karena pada saat ini banyak orang-orang yang dianggap sebagai guru terbaik tetapi guru tersebut tidak mampu mempertanggung jawabkan perkataannya atau dalam istilah jawa disebut jarkoni, yaitu hanya mampu mengajarkan namun yang mengajarkan ini tak mampu untuk mengamalkan, bahkan perilaku atau amal perbuatannya bertentangan dengan apa yang pernah dia ajarkan. Orang yang seperti inilah yang disebut sebagai guru terbaik tetapi belum tentu berpengalaman. Seperti contoh para koruptor.

Ilmu adalah jalan menuju kebahagiaan (dunia-akherat), Soo,,, Kejarlah ilmu, carilah dia ke ujung dunia meskipun nyawa kita taruhannya. Tetapi jangan lupa niat kita mencari ilmu yaitu Karena Allah SWT !!!!.

Categories: agama

PROFIL AKU

Mohammad Isnawan Ady


Popular Posts

PEMBERDAYAAN PETANI

Arif, adalah salah satu sifat terpuji yang mengedepankan moral dan ...

Apa Itu Ibadah ?

Ibadat dalam Islam mempunyai ciri-ciri yang tersendiri yang berbeza sama ...

Betapa Pentingnya Il

    ''Ilmu adalah nafas islam dan pondasinya keimanan, maka barang siapa ...

Peran Generasi Pemud

Pemuda mempunyai jiwa yang membara semangatnya sangat luar biasa, pemikiran-pemikirannya ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...