laatahzan

Hanya Blog UMY situs lain

PEMANFAATAN BLOG UNTUK PERSONAL BRANDING

Posted by Mohammad Isnawan Ady 1 Comment

Personal branding merupakan persepsi, pendapat atau kesan seseorang terhadap kita, dan salah satu sarana yang tepat untuk menunjukan karakteristik ataupun profil kita adalah dengan blog. Karena dengan blog kita dapat berkarya, berbagi informasi dan mengajak seseorang untuk menanggapi tentang apa yang telah kita tulis dan kita postingkan di blog kita. Banyak hal yang kelihatannya sepele tetapi dapat mempengeraruhi personal brand seseorang. Semisal tulisan-tulisan yang kita postingkan, itu sebenarnya mencerminkan karakteristik yang ada pada diri kita. Jika tulisan-tulisan kita mengacu pada hal positif, maka akan menciptakan personal branding yang positif. Begitu juga sebaliknya, ketika kita mempostingkan tulisan-tulisan yang tidak bermakna atau bahkan cenderung ke hal negatif maka akan menciptakan personal branding yang negatif pula.

Maka marilah kita belajar untuk menciptakan personal branding yang positif dengan berkarya melalui jejaring sosial, dan salah satunya adalah dengan blog ini. Dengan blog kita belajar menulis, belajar berinteraksi, dan belajar kritis terhadap suatu karya pokok permasalahan yang sedang update. Kita harus profesional dengan menghargai karya orang lain yang mungkin karya ataupun tulisan orang lain yang berbeda dengan pendapat kita. Jika kita tidak bisa berbuat demikian dan kita egois (tidsk msu menghsrgsi pendspst orsng lain) dalam bersosialisasi dengan blog, secara tidak tidak langsung kita telah menciptakan personal branding yang negatif.

Untuk memperoleh personal brand yang baik perlu adanya “produk” yang baik. Produk yang dimaksud di sini dapat berupa keahlian, penampilan, cara bicara dan tentu saja yang tidak kalah penting adalah reputasi. Setelah itu, diperlukan cara mengkomunikasikan reputasi atau produk tersebut. Dalam hal komunikasi ini terdapat banyak caranya seperti misalnya menulis artikel, menjadi pembicara, mengajar, terlibat dalam organisasi profesi, memiliki online networking atau blog dan sebagainya. Tentu saja kegiatan kiat tersebut perlu dikaitkan dengan talenta dan kesukaan kita. Seseorang yang lebih senang menulis akan lebih memilih menulis artikel dan yang senang sebagai pembicara akan memilih menjadi pembicara. Itulah pentingnya blog, karena blog dapat digunakan untuk meningkatkan personal branding yang baik.

Categories: agama

PROFIL AKU

Mohammad Isnawan Ady


Popular Posts

PEMBERDAYAAN PETANI

Arif, adalah salah satu sifat terpuji yang mengedepankan moral dan ...

Apa Itu Ibadah ?

Ibadat dalam Islam mempunyai ciri-ciri yang tersendiri yang berbeza sama ...

Betapa Pentingnya Il

    ''Ilmu adalah nafas islam dan pondasinya keimanan, maka barang siapa ...

Peran Generasi Pemud

Pemuda mempunyai jiwa yang membara semangatnya sangat luar biasa, pemikiran-pemikirannya ...

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...